9 Manfaat Ilmiah Memelihara Kucing

Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya dengan menonton video yang bertemakan kucing saja sudah dapat meningkatkan energi dan menciptakan pemikiran positif dari emosi seseorang, sehingga tidak mengherankan lagi kalau kebanyakan dari pemilik kucing mempunyai kehidupan yang lebih menyenangkan dan tetap sejahtera. Jika kita tidak menyukai kucing, kita juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan olahraga sepatu roda yang bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati kita juga loh.

Bermanfaat terhadap lingkungan

Jika kita khawatir tentang jejak karbon yang kita tinggalkan, ada baiknya jika kita memilih hewan peliharaan kucing dari pada anjing. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 menemukan bahwa sumber daya yang dibutuhkan untuk memberi makan anjing telah menimbulkan jejak karbon yang dihasilkan sama dengan jejak dari kendaraan seperti kendaraan. Sementara itu, kucing yang makan lebih sedikit pada umumnya juga akan lebih memakan ikan dari pada jagung atau daging, yang dapat menimbulkan jejak karbon.

Menenangkan suasana hati

Kehilangan orang yang dicintai merupakan salah satu kondisi yang sangat menyedihkan, tapi salah satu cara terbaik untuk mengatasi kondisi tersebut ialah dengan memiliki hewan peliharaan. Kucing telah terbukti dapat mengatasi hal tersebut dengan cara meredakan serta membantu kita untuk mengontrol emosi. Kucing berfungsi sebagai pendukung dalam hal kesosialan, seperti ketika kita dalam kondisi sulit.

Meningkatkan kecerdasan

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 di Inggris oleh University of Bristol menemukan bahwa orang yang memiliki kucing lebih memungkinkan untuk memiliki kecerdasan yang terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki hewan peliharaan anjing. Para peneliti yang melakukan survei juga mengatakan bahwa orang-orang cerdas cenderung bekerja lebih lama, dan dikarenakan kucing membutuhkan perhatian yang lebih dari pada anjing.

Menyehatkan

Memiliki hewan peliharaan apapun ternyata memang berdampak baik untuk jantung kita. Khususnya dengan kucing yang dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan dalam hidup kita. Dengan hanya membelai kucing saja sudah memiliki efek positif yang menenangkan loh. Satu studi menemukan bahwa lebih dari 10 tahun pemilik kucing yang hanya 30 persen lebih berkemungkinan untuk meninggal karena serangan jantung atau stroke dibandingkan pemilik non-kucing. Lihat juga cara stres mempengaruhi kesehatan tubuh kita!

Sekaligus menjadi teman

Sebuah studi di Austria yang dilakukan pada tahun 2003 menemukan bahwa hanya dengan memelihara kucing di rumah akan menghasilkan hasil yang setara emosionalnya dengan memiliki pasangan romantis.

Menggambarkan kepribadian diri

Pemilik kucing lebih tenang dan lebih tertutup, tapi lebih dapat mengembangkan kepercayaan diri serta lebih mudahnya untuk mengontrol emosi dan pemikiran sebelum dapat memutuskan sesuatu. Pemilik kucing juga kurang manipulatif dalam suatu hal akan tetapi lebih sederhana.

Tidur menjadi lebih nyenyak

Beberapa penelitian di Inggris telah menemukan bahwa orang (khususnya perempuan) yang lebih memilih untuk tidur dengan kucing mereka dari pada dengan pasangan mereka, dan benar saja terbukti kalau sebenarnya kucing tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur kita menjadi lebih baik. Sebuah studi terbaru dari Mayo Clinic Sleep Medicine Center menunjukkan bahwa 41 persen orang telah menunjukkan bahwa mereka tidur lebih baik karena hewan peliharaan (kucing) mereka. Lihat juga berbagai macam pengaruh tidur terhadap tubuh kita!

Mengurangi alergi

Pada tahun 2002, National Institutes of Health merilis sebuah studi menyebutkan bahwa anak di bawah satu tahun yang memiliki hubungan kontak dengan kucing menjadi kurang memungkinkan untuk mengembangkan alergi ataupun alergi hewan peliharaan. Menurut para peneliti yang menangani masalah alergi di Institut National Institute of Allergy and Infectious Diseases, paparan atau adanya hubungan kontak dengan hewan peliharaan yang tinggi dalam keseharian seseorang tersebut ternyata terbukti dapat melindungi terhadap timbulnya kondisi alergi hewan peliharaan ataupun jenis alergi umum lainnya, seperti alergi terhadap tungau debu, tumbuhan ragweed, dan rumput. Dan sementara kucing tersebut memiliki parasit Toxoplasma gondii yang merupakan ancaman bagi anak-anak, para ahli mengatakan bahwa dengan selalu mengontrol serta membersihkan kotak kotoran kucing setiap hari dan menjaga hewan di dalam ruangan, kita akan tetap aman dan terbebas dari alergi. Kalau kita masih saja tidak bisa untuk mengatasi gejala alergi seperti halnay bersin-bersin, tenang saja kok masih ada beberapa cara untuk mencegah gejala bersin-bersin tersebut dengan cepat.

(Secara harfiah) Dapat menyelamatkan hidup

Kucing memiliki reputasi sebagai hewan yang penyendiri dan tidak peduli tentang kehidupan atau lingkungan sekitar, tetapi mereka telah menyelamatkan nyawa yang tak terhitung jumlahnya selama bertahun-tahun. Salah satu contonya kucing di Inggris yang sudah memperingatkan seseorang sebelum si korban tersebut mengalami kejang epilepsi, sementara kucing di Montana sudah dapat membangunkan dua orang yang sedang tertidur ketika pipa gas mulai bocor. Petugas pemadam kebakaran mengatakan kepada pasangan bahwa rumahnya tersebut bisa saja dengan mudah meledak jika tidak adanya intervensi dari seekor kucing.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *