9 Manfaat Kesehatan Sayuran Terong

Terong juga dikenal sebagai Brinjal, yang merupakan anggota dari tanaman nightshade (Solanaceae), keluarga tanaman seperti tomat, kentang, dan paprika. Sayuran terong ini Asli dari benua India, tetapi terong sekarang ini sudah banyak tumbuh di banyak daerah tropis dan semi tropik di seluruh Dunia. Terong merupakan sayuran yang serbaguna yang dapat di panggang, di tumis dengan campuran minyak zaitun, dimasak dalam sup dan bahkan di goreng.

Selain digunakan dalam berbagai hidangan, terong juga termasuk kedalam makanan yang rendah kalori dengan kandungan tinggi serat, vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, C, K, & B6, kalium, magnesium, mangan, niasin, thiamin, tembaga, besi, fosfor, dan asam folat. Terong juga mengandung fitonutrien penting, yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat serta manfaatnya untuk kardiovaskular. Fitonutrien yang terkandung dalam terong termasuk flavonoid, seperti senyawa nasunin dan fenolik, seperti caffeic dan asam klorogenat.

Mencegah kanker

Terong mengandung polifenol, yang memiliki sifat anti-kanker yang dikenal untuk mencegah pertumbuhan tumor dan menghentikan invasi sel kanker. Kandungan serat dalam terong juga membantu menghilangkan zat beracun dari usus sehingga mengurangi resiko kanker usus. Lihat juga penyebab tersembunyi penyakit kanker!

Menjaga kesehatan jantung

Senyawa anthocyanin dalam terong membantu mencegah stres oksidatif pada sistem kardiovaskular dan dengan demikian juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sejumlah penelitian mengkonfirmasi bahwa kandungan senyawa flavonoid yang dikenal sebagai anthocyanin mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengurangi kemungkinan penyakit jantung. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi anthocyanin dapat mengatur dan mengontrol tekanan darah.

Meningkatkan fungsi kognitif

Terong mengandung senyawa nasunin yang melindungi lipid dalam membran sel otak dan meningkatkan kesehatan otak. Hal ini juga akan membantu dalam mentransfer nutrisi ke dalam sel dan mengeluarkan sisa kotoran, yang akan membantu mencegah gangguan mental yang berkaitan dengan usia. Tidak lupa dengan kandungan dari phytonutrisi yang terkandung dalam kulit terong juga mempunyai manfaat yang seharusnya tidak kita abaikan.

Membantu sistem pencernaan

Sama halnya dengan jenis sayuran lainnya, terong juga merupakan makanan yang mempunyai sumber tinggi serat yang merupakan elemen yang diperlukan untuk kesehatan pencernaan, serta untuk kesehatan dan fungsi organ perut yang teratur. Hal ini juga akan membantu untuk merangsang sekresi asam lambung yang akan membantu penyerapan nutrisi dan pengolahan makanan.

Saluran pencernaan sudah mulai terganggu dan sering terasa sakit, yu gunakan pengobatan alami, herbal dan cepat dengan PRO CLEANSING TEA, merupakan terobosan obat herbal yang sangat banyak digemari oleh banyak orang karena khasiatnya yang sangat dipercaya untuk membantu menyembuhkan permasalahan sistem pencernaan, apalagi untuk kalian yang mempunyai masalah pencernaan yang sudah kronis maupun akut.

Menyehatkan tulang

Terong mengandung vitamin K yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang, terutama pada wanita pasca menopause yang berisiko osteoporosis. Terong juga merupakan sumber tembaga yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang. Kekurangan asupan tembaga akan menempatkan kita terhadap pengembangan osteoporosis di kemudian hari. Hal ini terjadi karena bantuan tembaga dalam pembentukan kolagen untuk jaringan ikat dan tulang, sehingga berkontribusi untuk menyehatkan tulang.

Jika ada salah satu dari kalian yang pernah mangalami masalah persendiaan atau dalam masa penyembuhan akibat patah tulang, namun susah disembuhkan, sekarang waktunya untuk membuktikan penyembuhan kondisi tersebut dengan TRIFLEX CAPSULE!!!

Mengurangi resiko anemia

Terong sangat tinggi akan kandungan zat besinya yang merupakan nutrisi penting untuk pembentukan hemoglobin, yang mengangkut oksigen ke setiap sel tubuh kita. Selain itu, ada juga kandungan lain yang terdapat dalam terong yaitu tembaga yang mempunyai peranan penting dalam mengurangi risiko anemia. Jika kita tidak menyukai terong sebagai obat alternatif penambah darah, kita juga bisa menggunakan jengkol sebagai alternatif lain penambah darah kok.

Mengontrol tingkat gula darah

Karena kandungan serat yang tinggi dan kandungan karbohidratnya yang mudah larut, terong juga termasuk makanan yang ideal untuk mengontrol kadar gula diabetes. Ekstrak terong dapat menghambat enzim yang menyebabkan diabetes tipe 2 dengan mengontrol penyerapan glukosa dan menurunkan tekanan darah yang dapat menyebabkan hipertensi.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Dengan mengkonsumsi terong secara teratur juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Kandungan antioksidan seperti vitamin C dapat melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, dan dengan demikian meminimalkan risiko timbulnya berbagai macam penyakit. Lihat juga penjelasan mengenai sistem kekebalan tubuh!

Mencegah cacat lahir

Terong merupakan sumber yang kaya asam folat, yang membuatnya semakin bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil. Asam folat dalam terong membantu melindungi bayi dari kelahiran cacat seperti spina bifida dan anencephaly. Selain ini, asam folat juga berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *