9 Penyebab Berkeringat Pada Malam Hari

Keringat malam umumnya disebut sebagai kondisi berkeringat yang berlebihan pada malam hari. Berkeringat adalah reaksi normal ketika keadaan suhu kamar tidur terlalu panas atau jika kita terlalu lama menggunakan selimut walaupun udara sekitar tidak terasa dingin.

Keringat malam didefinisikan sebagai kondisi suhu panas pada tubuh yang terjadi secara tiba-tiba terjadi pada malam hari yang dapat menyebabkan kita berkeringat secara berlebihan, yang kadang-kadang juga dapat membasahi pakaian dan seprai, walaupun kondisi suhu tubuh terbilang biasa2 saja atau sejuk. Oleh karena itu, kondisi berkeringat pada malam hari tidak selalu disebabkan oleh lingkungan yang panas, tetapi juga dapat disebabkan oleh kondisi medis seseorang yang mendasarinya.

Berkeringat malam dapat menyebabkan gangguan disaat waktu tidur kita. Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan kita berkeringat pada malam hari, dan diantara beberapa penyebabnya tersebut dapat menjadi cukup serius. Untuk itu, ada baiknya lagi kita melakukan konsultasi dengan dokter, jika kondisi tersebut sudah berlangsung dalam waktu yang lama.

Infeksi

Infeksi bakteri, seperti endokarditis (radang katup jantung), osteomyelitis (radang pada tulang), dan abses, juga bisa menyebabkan kita menjadi berkeringan berlebih pada malam hari. Kondisi berkeringat pada malam hari secara terus-menerus juga dapat disebabkan oleh infeksi dari penyakit berbahaya seperti halnya HIV.

Menopause

Wanita dengan menopause akan mengalami perubahan hormonal, yang juga disertai dengan gejala seperti suhu badan menjadi panas, berkeringat malam, dan meningkatnya perasaan kecemasan atau mudah tersinggung.

Menurunnya testoteron

Pria yang memiliki tingkatan rendah kadar testosteronnya juga bisa mengalami kondisi berkeringat malam. Sebagai seorang pria yang sudah mulai berusia lanjut, maka tingkat testosteron pun akan menurun secara bertahap sampai ia mulai mengalami gejala-gejala andropause, yang mirip dengan tahap menopause pada wanita.

Limfoma

Limfoma adalah jenis lain dari penyakit kanker yang menyerang sistem limfatik. Sejak limfoma mulai menyerang sistem kekebalan tubuh, maka seluruh sel dan jaringan dalam tubuh kita pun menjadi mulai melemah dan dapat menyebabkan berkeringat di malam hari secara berlebihan serta dapat menimbulkan rasa gatal di kulit, kelelahan, menggigil dan tidak terkontrolnya suhu tubuh.

Kadang kala, timbulnya penyakit kanker ini sulit sekali untuk diketahui, tidak semua si penderita pun dapat merasakan beberapa gejala yang dapat diketahui mengenai pertumbuhan kanker tersebut. Untuk itu, ada baiknya kalau kita mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab tersembunyi timbulnya kanker, agar kita lebih mudah untuk menghindari dan mendiagnosis penyakit tersebut dari mulai awal perkembangannya.

Hiperhidrosis idiopatik

Hiperhidrosis idiopatik adalah suatu kondisi medis tubuh yang ditandai dengan timbulnya keringat secara berlebihan yang bukan merupakan bagian dari respon termoregulasi normal dalam tubuh kita. Kondisi ini tidak termasuk kedalam suatu tanda medis yang berbahaya, namun terbilang sangat mengganggu kenyamanan seseorang, seperti jika terjadi pada waktu tidur tentunya membuat tidur kita menjadi tidak nyenyak dan terganggu.

Rendahnya kadar gula darah

Hipoglikemia atau gula darah rendah, adalah salah satu penyebab seseorang mengalami kondisi berkeringat pada malam hari. Kita bisa mengkonsumsi makanan atau minuman manis seperti gula atau madu untuk membantu mengatasi kondisi berkeringat malam secara berlebihan jika kita mengalami keringat pada malam hari karena hipoglikemia. Dari pada kita penasaran dengan kadar gula darah menjadi penyebab timbulnya keringan berlebih pada malam hari, lebih baik kita ketahui bagaimana cara gula dapat mempengaruhi tubuh kita.

Obat

Mengkonsumsi sejenis obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan keringat malam loh. Antidepresan merupakan jenis umum dari obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan timbulnya keringat malam. Adapun jenis penggunaan obat-obatan lainnya yang berhubungan dengan efek dari berkeringat malam secara berlebihan yaitu jenis obat psikiatri dan obat penurun demam, seperti aspirin dan acetaminophen (parasetamol).

Stres

Orang yang memiliki masalah kondisi stres atau kecemasan yang berkepanjangan juga ternyata dapat menimbulkan beberapa gejala diantaranya yaitu mengeluarkan keringat secara berlebihan. Saat kita dalam tekanan kondisi stres, maka dengan secara otomatis tubuh tubuh akan melepaskan hormon epinefrin dan norepinefrin. Hormon-hormon inilah yang kemudian akan memompa aliran darah dan menghasilkan perubahan suhu seluruh tubuh menjadi panas sehingga dapat menyebabkan keringat berlebih pada malam hari.

Benar saja kalau stres termasuk kedalam salah satu penyebab dari timbulnya keringat malam, karena kondisi stres sangat berpengaruh sekali terhadap kondisi tubuh kita, karena stres tersebut merupakan respon buruk yang ditimbulkan oleh kondisi perasaan kita yang berhubungan dengan otak yang kemudian disalurkan keseluruh bagian sel jaringan tubuh kita. Yu kita ketahui cara stres mempengaruhi kesehatan tubuh!

Gangguan neurologis

Orang yang menderita gangguan saraf seperti stroke, cerebral palsy, pheochromocytoma dan epilepsi ternyata juga mempunyai gangguan kondisi yang menyebabkan tubuh si penderita mengeluarkan keringat secara berlebih.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *