9 Penyebab Seseorang Mengalami Obesitas Dan Kenaikan Berat Badan

Obesitas adalah salah satu masalah kesehatan terbesar di Dunia. Kondisi inilah yang menjadi awal timbulnya berbagai macam penyakit yang dapat menyebabkan kematian pada di penderita, penyakit tersebut seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, stroke, demensia dan masih banyak lagi penyakit berat lainnya. Banyak orang menyetujui pendapat yang menyebutkan bahwa kondisi tersebut terjadi karena seseorang tersebut mempunyai kebiasaan makan berlebih. Memang benar, tapi pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar ko, karena masih banyak lagi penyebab lain yang menjadi pemicu awal obesitas dan berat badan yang berlebih.

Genetika

Orang dapat berada di resiko tinggi untuk menderita obesitas jika ada salah satu dari orangtua mereka yang menderita kondisi yang sama. Itu alasannya kenapa gen ini sangat berpengaruh sekali terhadap timbulnya masalah tertentu termasuk kesehatan yang dapat di warisi dari orangtua. Namun tidak hanya dapat di warisi saja loh, karena obesitas juga dapat di alami oleh seseorang yang telah mengalami perubahan gen, yang menjadikannya lebih rentan terhadap kenaikan berat badan berlebih. Lihat juga cara tepat mencegah anak menderita obesitas dan tips makanan sehatnya!

Makanan hyperpalatable

Sekarang ini sudah banyak sekali jenis olahan makanan yang di campur dengan bahan-bahan kimia. Hal ini dilakukan untuk menjadikan harga makanan tersebut menjadi murah ketika dijual karena tidak diolah dengan bahan-bahan yang baik yang biasanya memerlukan lebih banyak biaya pembuatannya. Makanan hyperpalatable ini banyak sekali di gemari dan biasanya rasanya tersebut sangatlah gurih dan lezat, sehingga menarik banyak peminat, walaupun bahan-bahan yang diolah tersebut tidaklah menyehatkan.

Ketersediaan makanan

Ketersediangan pangan atau makanan menjadi penyebab selanjutnya, karena hal inilah yang menyebabkan seseorang untuk terus mendapatkan makanan yang mereka inginkan. Satu bahan makanan saja dapat menjadi berbagai macam jenis hidangan makanan dengan cara pengolahan yang berbeda. Apalagi kalau harga tersebut terbilang murah, maka akan lebih mudah juga untuk di buru orang. Lihat juga cara cepat menurunkan berat badan dengan air putih!

Pemasaran makanan yang agresif

Perusahaan junk food merupakan jenis pemasar makanan yang sangat agresif. Taktik penjualan makanan yang mereka jual ini sangatlah luar biasa, karena mempunyai kesempatan tinggi untuk memasarkan makanan mereka yang tidak sehat seolah-olah adalah makanan kesehatan. Menurut beberapa pernyataan yang banyak disebutkan bahwa perusahaan junk food ini lebih buruk dari perusahaan tembakau yang pernah ada, karena mereka menargetkan pemasaran mereka secara khusus pada banyak orang termasuk anak-anak. Sehingga anak-anak menjadi lebih rentan terhadap obesitas, diabetes dan kecanduan junk food.

Insulin

Insulin adalah hormon yang sangat penting yang mempunyai peranan untuk mengatur penyimpanan energi dalam tubuh. Salah satu fungsi insulin adalah memberitahu sel-sel lemak untuk menyimpan lemak dan mengontrol jumlah penumpukan lemak tersebut. Cara terbaik untuk menurunkan kadar insulin dalam tubuh ialah dengan cara mengurangi asupan karbohidrat, yang biasanya dapat mempercepat penumpukan lemak dalam tubuh.

Kecanduan makanan

Makanan yang dicampur dengan bahan-bahan yang berbahaya biasanya akan dengan mudah menstimulasi otak yang akan menimbulkan kecanduan terhadap makanan, sehingga dapat meningkatkan nafsu makan kita. Hal tersebut akan menyebabkan menghilangnya kontrol seseorang dalam membatasi jumlah asupan makanan yang masuk. Seperti halnya dengan pecandu alkohol, kita tahu bahwa alkohol itu merupakan minuman keras yang mengandung zat berbahaya yang dapat mempengaruhi fungsi otak. Itu sebabnya semua peminum minuman keras banyak mengalami kecanduan berlebih pada minuman keras tersebut.

Obat-obatan tertentu

Ada banyak jenis obat-obatan kimia yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan sebagai gejala dari efek sampingnya, seperti dari obat diabetes, antidepresan, antipsikotik, dll. Jenis obat-obatan tersebut tidak menyebabkan berkurangnya nafsu makan, hanya saja kondisi tersebut dapat mengubah fungsi tubuh dan otak, sehingga lebih selektif untuk menyimpan penumpukan lemak daripada proses pembakaran lemaknya. Lihat juga beberapa masalah kesehatan karena terlalu lama menggunakan komputer!

Leptin

Hormon lain yang sangat penting dalam timbulnya obesitas ini adalah Leptin. Hormon ini diproduksi oleh sel-sel lemak dan seharusnya mengirimkan sinyal ke hipotalamus (bagian dari otak kita yang mengontrol asupan makanan) ketika kita sudah merasakan kenyang. Orang gemuk memiliki sejumlah lemak dan leptin dalam tubuh mereka. Masalahnya adalah bahwa leptin tidak bekerja sebagaimana mestinya, hal ini disebut sebagai resistensi leptin dan diyakini menjadi faktor utama dalam patogenesis obesitas.

Gula

Mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat menyebabkan perubahan hormon dan biokimia dalam tubuh yang biasanya berkontribusi terhadap proses penurunan berat badan. Gula ini termasuk fruktosa dan glukosa, jika kita mengkonsumsi fruktosa berlebih, maka dapat menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan kadar insulin.

Dengan adanya produk herbal dari PRO SLIM TEA ini akan membantu banyak penderita obesitas atau orang yang mempunyai berat badan berlebih untuk dapat mengatasi kondisi tersebut dengan cepat. Teh tersebut merupakan teh herbal yang mempunyai manfaat dalam proses penurunan berat badan dengan cara pembakaran lemak, melancarkan metabolisme tubuh, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Yang harus kalian ingat bahwasanya obat herbal tersebut sangatlah aman tidak menimbulkan efek samping ataupun ketergantungan.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *