9 Tanda Bahwa Anda Positif Terkena Virus HIV

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah suatu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, menjadikan si penderita menjadi rentan terhadap penyakit dan mudah sekali untuk terserang penyakit, sehingga dapat memperburuk penyakit yang sudah ada pada si penderita. HIV menyerang sistem kekebalan tubuh pada sel T di dalam tubuh. Sel T sendiri ialah kelompok sel darah putih yang memainkan peran utama pada kekebalan selular.

HIV sendiri adalah penyakit yang cukup berbahaya dan bisa mengancam keselamatan kehidupan kita jika saja kita tidak bisa menangani dengan serius dan secara langsung di saat sudah di ketahui bahwa kita sudah positif terkena penyakit ini, pasalnya penyakit HIV ini belum ada pengobatan atau penanganan tepat untuk menyembuhkan secara langsung.

Tidak adanya penawar obat untuk membuat kesembuhan pasien pendertita HIV secara langsung, sehingga ilmuwan dan para ahli dokter dari seluruh dunia hanya bisa menggunakan obat yang efektif saja untuk bisa memperlambat perjalanan penyakit dan berusaha untuk membuat si penderita bisa bertahan hidup yang lebih lama.

Beberapa cara penularan HIV

Melalui sex

Perbuatan inilah yang sering di lakukan tanpa aturan, sehingga membuat para pelaku semakin bebas melakukan hubungan intim yang bukan dengan pasangan, lebih parahnya lagi marak perbuatan ini di lakukan dengan beberapa orang secara bergantian tanpa menggunakan alat seperti kondom yang membuat infeksi pada daerah intim, dan perbuatan inilah yang mudah sekali untuk menularkan atau terjadinya penyakit HIV.

Tranfusi darah

Ini juga yang tanpa kita sadari yang akan menularkan penyakit berhaya dan mematikan HIV dari satu orang ke orang lainnya. Karena melalui jarum suntik yang sudah terkontaminasi dengan si penderita HIV dan tidak di ganti ketika akan di gunakan kepada orang lain, hal ini bisa jadi pemicu penularan besar besaran pada orang lain karena jarum suntik yang sama itupun di gunakan kepada semua orang.

Turun temurun

Penyakit ini justru akan mudah menular dari seorang ibu yang sedang hamil, si bayi yang ada dalam kandungan akan terinfeksi langsung oleh virus ini dan bisa jadi ketika si ibu nanti menyusui, dan penularannya pun melalui air susu.

Ada beberapa pendapat atau mitos yang kita percaya tentang bagaimana penyakit HIV ini bisa menular, dari mulai berjabat tangan, bersin, memeluk, berbagi handuk, menggunakan tempat nasi atau piring yang sama dan berciuman.

Berikut beberapa tanda bahwa anda positif terkena HIV

Demam

Gejala awal yang di rasakan ketika penyakit ini menjangkit tubuh ialah demam, tubuh juga akan mengalami kelelahan, sakit tenggorokan sampai pembengkakan pada kelenjar getah bening dan di sertai beberapa gejala ringan lainnya.

Tidak teraturnya menstruasi

Dalam tahap lanjut penyakit HIV pada wanita mengalami ketidakteraturan menstruasi dengan periode yang lebih sedikit dan juga jarang. Penurunan berat badan dan juga kesehatan yang buruk juga menjadi tahap akhir penyakit HIV yang di derita wanita.

Sulit berkonsentrasi

Tanda demensia terkait HIV yaitu masalah kognitif. Selain sulit berkonsentrasi dan kebingungan, demensia terkait penyakit HIV juga melibatkan masalah memori dan kepribadian yang mudah tersinggung.

Batuk kering

Ini yang terjadi pada si penderita HIV dan merupakan awal pertama seseorang terkena HIV. Batuk akan berlangsung secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Keadaan kuku yang berubah

Perubahan pun terjadi pada kuku si penderita, menjadikan kuku si penderita HIV menjadi terbelah, kering, menebal bahkan perubahan warna pun terjadi pada kuku.

Infeksi jamur

Infeksi jamur ini biasanya terjadi pada mulut, penyebab jamur ini adalah candida, merupakan salah satu jenis jamur. Candida adalah jenis jamur yang umum dan merupakan jenis jamur yang menginfeksi pada wanita. Karena penderita HIV mempunyai sistem kekebalan yang menurun sehingga mudah sekali terinfeksi jamur.

Pegal di sertai nyeri pada otot dan sendi

Gejala ini sudah tidak asing lagi karena menyerupai gejala pada penderita hepatitis, flu. Gejala ini sudah tidak mengherankan lagi karena sama halnya dengan penderita penyakit lain dengan nyeri di bagian otot dan persendian.

Penurunan berat badan

Tentunya penurunan berat badan akan menurun karena sistem kekebalan tubuh melemah, penurunan berat badan secara drastis dan singkat pun terjadi karena adanya infeksi lain seperti Tuberculosis paru, Kanker , Diet untuk menguruskan berat badan.

Sering kesemutan

Mati rasa atau kesemutan biasanya terjadi di tangan dan kaki, ini terjadi karena adanya kerusakan pada saraf sehingga membuat si penderita mengalami mati rasa pada suatu bagian di tubuh, biasanya hal ini juga terjadi pada penderita diabetes. Untuk menghilangkan hal tersebut, kita bisa membeli obat obatan yang terjual bebas.

Tidak perlu mempercayai mitos tentang bahaya penularan HIV karena itu akan membuat si penderita merasa terasingkan. Justru kita harus lebih peduli dan saling mendorong agar si penderita lebih mampu menjaga diri dari perbuatan yang akan merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *