Adakah Hubungan Khasiat Kacang Mete Dengan Kesehatan Otak Kita?

Jika kita menderita perasaan tidak nyaman, rasa takut dan khawatir, itu diakibatkan oleh rangsangan yang terjadi dibagian otak, karena otak merupakan letak saraf pusat yang merima berbagai respon dari bagian tubuh. Untuk itu, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang mete yang akan membantu tubuh dalam meningkatkan respon diotak supaya lebih baik lagi, karena kacang ini kaya akan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan saraf di otak, seperti kandungan tryptophan, magnesium dan asam lemak omega-3. Jika kita memiliki gangguan kecemasan, lebih baik kita secara langsung berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan rencana perawatan dan untuk merubah pola makan yang akan dilakukan selanjutnya.

Berikut ini kandungan vitamin yang terdapat dalam kacang mete :

Tryptophan

Triptofan dalam kacang mete dapat meningkatkan produksi otak kita yaitu neurotransmitter serotonin yang akan membuat suasana hati menjadi seimbang dan mendapatkan kualitas tidur yang sempurna. Tryptophan merupakan jenis asam amino esensial dari suatu kandungan protein yang akan membangun kembali sel jaringan yang sudah rusak. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 oleh Canadian Journal of Physiology and Pharmacology telah menyimpulkan bahwa senyawa protein triptofan ini merupakan sumber tinggi akan kandungan karbohidratnya yang secara signifikan dapat meningkatkan gejala pada orang yang menderita gangguan kecemasan sosial.

Magnesium

Kacang mete merupakan sumber yang sangat baik akan kandungan tinggi unsur kimia magnesium. Bahkan, kita dapat mengukur antara 83 mg magnesium per ons kacang mete, dibandingkan dengan 73 mg magnesium per ons almond. Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2009 oleh  Australian & New Zealand Journal of Psychiatry, mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan magnesium ternyata dapat meningkatkan kesehatan mental yang lebih baik. Bukti yang lebih kuatnya lagi kacang mete ini dapat menangani dan mengurangi kondisi respon otak kita ketika timbul perasaan depresi ataupun kecemasan.

Omega-3

Asam lemak omega-3 yang terdapat dalam kacang mete juga dapat memberikan dorongan terhadap kesehatan mental kita. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 Prostglandins, Leukotrienes, dan Essential Fatty Acids, dari analisis ilmiah tersebut telah mencatat bahwa asam lemak omega-3 ini memiliki manfaat terhadap otak kita yang dapat mengurangi respon jika kita menderita kecemasan. Teori ini didasarkan pada kenyataan bahwa asam lemak omega-3 ini dapat memberikan manfaat jika kita menderita gangguan depresi. Penelitian secara sederhana juga sudah dilakukan untuk menunjukkan berbagai macam manfaat dari kacang mete tersebut, namun salah satu studi untuk pemecahan dalam skala besar masih belum ditemukan secara pasti.

Gaya hidup

Mengubah cara pola diet adalah salah satu strategi yang dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan otak kita. Secara umum, mengkonsumsi makanan diet yang seimbang yang dibarengi dengan aktivitas berolahraga, mendapatkan waktu tidur yang cukup dan membatasi asupan makanan atau minuman yang mengandung kafein, menghindari minuman beralkohol dan penggunaan narkoba, memang benar dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan. Olahraga yang melibatkan aktivitas mental dan pemikiran seperti yoga dan tai chi juga dapat membantu mengurangi serta mencegah seseorang dari kecemasan. Karena beberapa kandungan yang terdapat dalam kacang mete tersebut dapat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan untuk tubuh kita.

Ada beberapa pendapat yang telah dikemukaan bahwa kacang mete ini ternyata memiliki sifat seperti seefektif prozac dan beberapa kandungan anti-depresi lainnya yang berkhasiat untuk menyeimbangkan suasana hati kita. Kandungan senyawa seperti asam amino L-Tryptophan inilah yang akan membuat suasana hati menjadi lebih positif. Asam amino L-tryptophan ini sangatlah penting dalam mengurangi kondisi kecemasan, begitu juga dengan senyawa niasin yang berfungsi untuk menunda rangsangan dan respon otak dari tubuh. Lebih pentingnya lagi asam amino tryptophan ini juga akan dibuat menjadi serotonin yang merupakan salah satu dari jenis senyawa kimia neurotransmitter yang paling penting dalam tubuh kita. Serotonin ini akan memberikan perasaan yang damai dan suasana perasaan yang lembut seperti tidak adanya perasaan kecemasan. Ini merupakan suatu efek yang sama yang dihasilkan dari obat-obatan Prozac, Paxil dan antidepresan yang berfungsi untuk menjaga kadar serotonin yang tinggi dalam tubuh.

Kondisi kecemasan, kegelisahan, kekhawatiran dll semua itu dapat terjadi sehubungan dengan fungsi otak kita yang sudah merespon banyak tanda dari saraf yang berada di seluruh bagian tubuh kita. Bisa juga ini diakibatkan oleh keadaan otak kita yang sepenuhnya belum bisa menerima tanda tersebut, sehingga saraf pusat di otak pun merespon kondisi tersebut secara berlebihan terhadap tanda yang diberikan oleh sistem saraf lain yang berada dibagian tubuh lainnya, sehingga menimbulkan kecemasan dan rasa panik. Untuk itu kita seharusnya mengetahui beberapa vitamin yang diperlukan oleh otak, agar dapat meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan pada otak kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *