Alasan Kenapa Hidung Selalu Mengeluarkan Cairan Ketika Kita Merasakan Pedas

Dalam kandungan makanan yang pedas terdapat senyawa bahan kimia yang di sebut capsaicin atau alil isothiocyanate yang dapat menyebabkan sensasi rasa terbakar di lidah kita. Capsaicin adalah bahan kimia yang ditemukan dalam buah-buahan dari genus Capsicum, seperti yang terdapat dalam jenis paprika yang biasanya mengandung senyawa semacam itu dalam jumlah yang tinggi di jaringan plasenta yang terdapat dalam benih paprika serta yang sudah memulai penyebaran ke bagian lain dari buah tersebut.

Kandungan senyawa capsaicin ternyata dapat berfungsi sebagai pencegah serta untuk menghentikan berbagai hewan, terutama mamalia yang akan meletakan telur di bagian buah yang akan menjadi sarangnya. Hal ini juga membuat senyawa kimia capsaicin dapat berfungsi sebagai agen anti jamur yang selanjutnya dapat melindungi tanaman. Alil isothiocyanate di sisi lain merupakan minyak berwarna yang dapat ditemukan dalam bahan penyedap yang biasanya terdapat dalam tanaman lobak dan wasabi. Seperti halnya capsaicin, Alil isothiocyanate juga berfungsi sebagai pertahanan untuk makanan terhadap bersarangnya berbagai hewan serta bermanfaat sebagai agen anti jamur yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dalam paprika.

Bahan kimia ini tidak hanya menyebabkan rasa sensari panas di bagian lidah saja, tetapi juga bahan kimia ini dapat mengiritasi selaput lendir di bagian dalam hidung dan menyebabkan hidung kita menjadi meradang. Hal ini memicu membran bagian dalam hidung untuk memproduksi jumlah lendir yang sangat banyak sebagai mekanisme pertahanan untuk mencoba mencegah apa pun yang akan terjadi yang tidak kita diinginkan dari masuknya berbagai partikel yang dapat menyebabkan iritasi.

Hal ini juga dapat mengiritasi bagian mata kita yang akan membuat mata lebih cepat berair ketika kita makan makanan yang sangat pedas. Capsaicin atau alil isothiocyanate dapat mengiritasi selaput di mata kita, menyebabkan saluran air pada mata kita yang mencoba untuk membersihkan iritasi yang terjadi yang diakibatkan oleh rasa pedas. Hal ini dapat membuat hidung menjadi lebih berair seperti aliran air mata yang mengalir ke bagian dalam sinus kita.

Capsaicin dan allyl isothiocyanate juga dapat mengiritasi berbagai jaringan dalam tubuh kita, seperti pada bagian saluran pencernaan yaitu usus. Hal ini dapat membuat tubuh kita untuk bereaksi dengan mencoba untuk melumasi bagian yang sudah iritasi dengan cairan yang dihasilkan oleh tubuh kita. Inilah sebabnya mengapa setelah makan makanan pedas kadang-kadang tubuh kita mengeluarkan air liur yang sangat kental di bagian mulut.

Capsaicin dan allyl isothiocyanate juga dapat menyebabkan iritasi pada dilator otot naris di bagian hidung kita. Reseptor di hidung kemudian secara otomatis memberitahu bagian saraf otak tentang rasa pedas yang terjadi dibagian mulut. Makanan sejenis paprika atau makanan lainnya juga mengandung capsaicin kimia yang menyebabkan peradangan pada saraf dan meningkatkan produksi lendir di membran hidung. Hal ini menyebabkan peningkatan terhadap pengeringan dari bagian dalam hidung.

Makanan pedas yang kita makan sudah tentu mengandung sejenis kandungan kimia capsaicin. Bagi banyak orang, salah satu kondisi terburuk terkait dengan penyakit flu biasa adalah perubahan hidung dalam bernafas yang menjadi tersumbat. Meskipun kemungkinan sangat mudah untuk menggunakan dekongestan dan melakukan beberapa bantuan lainnya untuk meredakan permasalahan tersebut, tetapi faktanya adalah efeknya tidak akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Sebaliknya, olahan makanan pedas atau hidangan lain yang serupa tidak akan dapat memberikan tubuh dengan beberapa asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan, tapi panas dari rempah-rempah akan bertindak sebagai dekongestan alami yang akan memberi bantuan cepat tanpa efek samping sama sekali. Fakta bahwa makanan pedas menyebabkan hidung meler juga merupakan tanda yang diperlukan tubuh untuk mengusir lendir secara berlebihan dalam tubuh.

Capsaicin membantu pembuluh darah dan membuka bagian arteri serta membuat sesuatu pada beberapa elemen yang akhirnya bisa menyebabkan penyumbatan dalam tubuh. Fase alami untuk membuat hidung kembali pulih, kita bisa memulai dari cara yang sederhana seperti membersihkan rumah, membantu untuk menjaga tubuh agar dalam keadaan kesehatan yang seimbang. Makanan pedas dapat membantu tubuh cara alami agar memungkinkan tubuh untuk melakukan perawatan secara umum keseluruh tubuh, memastikan masalah kesehatan yang lebih sedikit dengan membuat pemulihan suatu permasalahan kesehatan lebih cepat.

Hanya karena makanan pedas menyebabkan hidung meler tidak berarti bahwa setiap kali seseorang memiliki menu makanan yang pedas hidungnya akan mengeluarkan banyak cairan atau lendir. Jika tidak ada banyak yang perlu dikeluarkan dari tubuh, maka tidak akan ada banyak cara hidung untuk mengeluarkan suatu cairan untuk dikeluarkan. Meskipun benar, ada sedikit orang yang lebih menyukai keadaan hidung yang meler dan orang tersebut melaporkan, mereka bisa bernapas lebih mudah dan merasa lebih lega pada bagian dalam hidung. Dan kita juga seharusnya mengetahui lebih lanjut mengenai beberapa cara perawatan yang baik untuk hidung kita agar penciuman pun terjaga dengan baik.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *