Anda Seorang Yang Tukang Kentut ? Berikut 10 Fakta Menarik Tentang Kentut

Kentut merupakan proses keluarnya gas yang telah dihasilkan di saluran pencernaan melalui anus. Memang semua dari kita menyadari bahwa kentut merupakan hal yang memalukan, justru hal ini akan membuat kita jauh merasa lebih lega setelah membuangnya. Bahkan, kata “kentut atau dalam bahasa inggris fart” merupakan salah satu kata tertua dalam kamus Inggris.

Apa itu kentut ?

Kentut disebabkan oleh udara yang terjebak, yang berasal dari berbagai sumber serta penyebab. Selain dari itu  kentut adalah udara yang masuk ker mulut bersamaan saat kita mengunyah atau minum. Udara kentut disebabkan oleh gas yang merembes ke dalam usus kita melalui aliran darah dan beberapa gas yang dihasilkan oleh beberapa reaksi kimia dalam usus atau bakteri yang hidup dalam usus kita kita. Kentut mengandung beberapa unsur seperti nitrogen sekitar 59 persen, 21 persen hidrogen, 9 persen karbon dioksida, 7 persen metana dan 4 persen oksigen. Yang menyebabkan kentut berbau busuk yaitu karena kentut mengandung sekitar 1% gas hidrogen sulfida, merkaptan dan sulfur. Kentut selalu mengeluarkan suara ketika di keluarkan, ini di karenakan adanya getaran di bagian rektum. kenyaringan suara dapat bervariasi, tergantung pada seberapa banyak dorongan dari gas saat akan di keluarkan, serta ketatnya otot sfingter.

Kenapa kentut mengeluarkan bau busuk ?

Beberapa makanan mengandung senyawa sulfur yang berlebih, itu mengapa makan makanan seperti kacang-kacangan, kubis, keju, soda, dan telur dapat menyebabkan gas/kentut yang di keluarkan berbau busuk.

Orang kentut sekitar 14 kali per hari

Rata-rata orang memproduksi sekitar setengah liter kentut setiap hari, wanita lebih banyak mengeluarkan kentut di banding pria. Bahkan, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ketika pria dan wanita makan makanan yang sama persis, wanita cenderung mengeluarkan kentut yang lebih bau. Jika seseorang kentut secara terus-menerus selama 6 tahun, sama saja seseorang tersebut telah mengeluarkan energi setara dengan bom atom.

Kentut terjadi pada kecepatan 10 detik per jam

Meskipun kentut keluar dengan kecepatan yang berbeda, kita tidak bisa mencium kentut ini selama sekitar 10-15 detik setelah selang beberapa menit.

Menahan kentut bisa berisiko terhadap kesehatan kita

Beberapa ahli berpikir bahwa kentut merupakan bagian alami dari sistem pencernaan tubuh kita, sehingga menahan kentut tidak akan berpengaruh terhadap tubuh kita. Sebagian orang menahan gas kentut akan mengakibatkan perut kembung dan gejala tidak nyaman lainnya, dan yang paling buruk, menahan gas dapat menyebabkan wasir atau buncitnya bagian usus.

Sebagian di budaya lain, kentut bukan suatu masalah

Sementara kebanyakan budaya merasa bahwa menahan kentut merupakan suatu sikap yang sopan, ada beberapa budaya yang tidak keberatan membiarkan orang-orang kentut di depan umum. Suku Indian di Amerika Selatan, Yanomami, menganggap kentut merupakan sebuah ucapan dan di Cina kita bisa mendapatkan pekerjaan sebagai pencium kentut profesional. Di Roma kuno, Kaisar Claudius, menyebutkan bahwa dengan menahan kentut dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Kentut mudah terbakar

Kandungan metana dan hidrogen yang terdapat dalam kentut merupakan bakteri yang diproduksi untuk membuat kentut kita menjadi sangat mudah terbakar.

Rayap merupakan hama paling sering kentut di dunia

Sulit untuk di percaya bahwa rayap kecil sangat bertanggung jawab terhadap masalah pemanasan global di planet ini. Rayap kentut lebih banyak dan sering dari hewan lain, yang menghasilkan gas metana. Menurut Environmental Protection Agency, emisi global metana karena rayap yang diperkirakan antara 2 dan 22 Tg per tahun, menjadikan rayap ini sebagai sumber alam terbesar kedua dari produksi emisi metana. Metana diproduksi oleh rayap sebagai bagian dari dalam proses pencernaan normal mereka dan jumlah yang dihasilkan pun bervariasi antara spesies lain yang berbeda.

Kita bisa mengeluarkan kentut dalam keadaan tidur

Bahkan jika kita menutup pantat kita bertujuan untuk menahan kentut di sepanjang hari, gas kentut akan keluar sendiri setelah keadaan tubuh kita rileks. Dalam keadaan tidur pun tubuh kita masih bisa mengeluarkan kentut.

Kita masih bisa kentut setelah meninggal

Inilah bukti bahwa kita tidak bisa menahan kentut, bahkan setelah kita meninggal. Dari tiga jam lamanya setelah tubuh mati, kentut akan terus keluar dengan sendirinya dari kedua ujung saluran pencernaan, sehingga bersendawa atau kentut pun akan bersuara. Fenomena ini disebabkan otot yang berkontraksi dan meluas.

Oleh sebagian orang kentut memang hal yang memalukan karena bersuara dan mengeluarkan bau yang tidak sedap, apalagi di dalam ruangan kerja dan dalam keadaan berkumpulan dengan kerabat terdekat. Tetapi di sisi lain juga, menahan kentut tidaklah baik karena dapat menyebabkan kesehatan masalah tubuh lainnya, karena kentut merupakan gas udara alami yang di keluarkan oleh tubuh kita dari sisa ketika proses pencernaan di saluran usus.

 

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+2Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *