Apa Sih Yang Membuat Mie Instan Berbahaya?

Sekarang ini penggemar mie instan tidak hanya ada di negara tertentu saja yang menjadi asal dari adanya mie tersebut dan juga tidak hanya kalangan dewasa saja yang menyukai mie instan, tetapi sekarang semua orang sudah mulai bisa mencicipi bahkan memasukan mie instan tersebut sebagai menu makanan sehari-hari. Mie instan adalah item makanan yang masih dibawah perdebatan umum, karena kandungannya yang dapat membahayakan kesehatan kita. Mie instan terbuat dari tepung halus yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Pendapat dari penelitian lainnya adalah bahwasanya mi instan tersebut dapat menyebabkan masalah usus dan obesitas.

Yang paling luar biasanya lagi bahwa ada sekitar 102.700.000.000 porsi mie instan dalam setahun untuk di konsumsi oleh manusia. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh World Association Instant Noodles, India berada pada posisi keempat terbesar di dunia sebagai daftaran konsumen di 5,5 miliar porsi per tahunnya. Cina merupakan negara yang terdaftar sebagai negara no.1 konsumen mie instan terbesar di duni yaitu sekitar 44.400.000.000 porsi dikonsumsi setiap tahunnya. Apa yang membuatnya mie instan tersebut berbahaya untuk dikonsumsi?. Karena mie instan tersebut mengandung rendah gizi, tinggi lemak, kalori dan sodium, apalagi dengan campuran dengan warna, pengawet, aditif dan perasa buatan alias bahan kimia.

Dalam kebanyakan kasus monosodium glutamat (MSG) serta tersier butil hidrokuinon (TBHQ) merupakan pengawet kimia yang berasal dari olahan minyak bumi yang bertujuan untuk meningkatkan selera makan mereka terhadap mie instan tersebut. Jadi, kita mengkonsumsi mie instan secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah. Tahun lalu, The Washington Post melaporkan dari salah satu studi yang telah dilakukan di Korea Selatan mengenai efek dari mie instan pada kesehatan manusia. Menurut penelitian tersebut, meskipun mie instan adalah makanan yang cepat dan lezat di santap, kaan tetapi makanan instan ini memiliki risiko yang terbilang tinggi terhadap sindrom metabolik yang mengandum natrium tinggi, lemak jenuh yang tidak sehat dan kadar glikemik yang buruk. Wanita yang mengkonsumsi mie instan dua kali dalam seminggu atau lebih memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap sindrom metabolik dari pada mereka yang mengetahui tentang batas konsumsi.

Lihat juga beberapa makanan penyebab bau mulut !

Studi ini tentunya sudah menyimpulkan bahwa mengonsumsi mie instan secara berlebihan tidak hanya dapat memicu obesitas saja, tetapi juga dapat menimbulkan penyakit metabolik seperti diabetes, tekanan darah tinggi, hipertensi, gangguan jantung dan sebagainya. Kebanyakan mie instan terbuat dari tepung yang giling, dihaluskan dan diputihkan (ini disebut sebagai maida) sama persis halnya dengan tepung terigu. Apa yang membuat tepung tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan kita adalah karena rendahnya kandungan nutrisi dan tingginya kandungan MSG. Maida yang digunakan untuk membuat mie instan ternyata kaya akan bahan pengawet dan tak lain adalah sumber utama kalori yang sangat tinggi, yang jika kita konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas dan menimbulkan beberapa infeksi dalam tubuh.

Lihat juga makanan penyebab urin menjadi bau !

Mie instan yang mengandung lemak jenuh yang jika dikonsumsi secara berlebihan atau secara teratur dapat meningkatkan tingkat kolesterol dalam darah. Dan jika kita menderita kolesterol tinggi juga akan berdampak terhadap peningkatan risiko penyakit jantung serta diabetes tipe 2. Selebihnya, mie instan juga mengandung kandungan natrium, zat aditif , kolesterol jahat, karbohidrat tanpa nutrisi dan serat apapun. Pada tahun 2013, sekelompok dokter Amerika telah melakukan percobaan untuk melihat bagaimana fungsi kerja dari sistem pencernaan kita ketika kita makan mie instan. Dengan bantuan mikro, kamera yang berukuran sekecil pil tersebut mampu melihat proses mengocok mie di dalam perut dan ternyata tubuh waktu beberapa jam untuk mencerna mie instan tersebut, hal ini disebabkan oleh kandungan yang terdapat dalam mie tersebut.

Mungkin, sah-sah saja jika kita ingin mengkonsumsi mie instan, akan tetapi kita harus mengetahui batasan dan kondisi kesehatan kita, terutama jika kita menderita penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Karena kandungan dalam mie instan tersebut dapat mengiritasi bagian sistem pencernaan kita yang rusak yang akhirnya membuat ketidaknyamanan dalam perut kita. Kita dapat merawat dan menjaga sistem pencernaan kita agar tetap sehat, kita bisa mengkonsumsi buah anggur karena dapat meningkatkan sistem pencernaan kita. Bukan hanya mie instan saja yang dapat menyebabkan gangguan masalah kesehatan pada sistem pencernaan, akan tetapi ada juga beberapa penyebab timbulnya penyakit usus buntu tersebut, mungkin kondisi ini masih berhubungan dengan pola makan dan kebersihan kita yang tidak terjaga.

Jadi, sudah seharusnya mulai dari sekarang kita bisa menjaga pola makan yang sehat agar kesempatan mempunyai hidup sehat semakin besar dan tentunya hal ini akan meningkatkan produktivitas hidup kita.

Ketahui juga makanan penyebab diare !

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *