Apakah Air Urin Dapat Memberitahu Keadaan Kesehatan Kita?

Kualitas dan kuantitas air seni kita dapat berubah berdasarkan kondisi kesehatan dan gaya hidup yang kita jalani. Namun, penting untuk kita ketahui tentang bagaimana keadaan air seni yang baik yang dapat menunjukan keadaan kesehatan pada tubuh kita ini. Urin telah menjadi alat diagnostik yang berguna sejak awal pengobatan dalam medis, seperti yang banyak dilakukan yaitu untuk mengetahui seseorang pengguna narkoba atau bukan hanya dengan meneliti kandungan tertentu yang terdapat pada air urin seseorang tersebut.

Warna, kepadatan, bau, dan frekuensi urin kita dapat menunjukan informasi yang berguna tentang kesehatan tubuh kita. Hal ini juga dapat memberitahu jika kita dalam keadaan terhidrasi, pengaruh terhadap mengkonsumsi obat-obatan tertentu atau jika tubuh kita sudah mengalami infeksi.

Berikut ini beberapa jenis warna yang terdapat dalam urin

Jika kita tidak melihat perubahan warna yang terjadi dalam air seni dalam artian warna pada urin ini tidak berwarna dan hanya berwarna bening saja, kondisi ini bisa disebabkan karena kita terlalu banyak meminum air putih. Berbeda dengan kondisi air seni kita yang berwarna kuning pekat, ini bisa menunjukan kalau kita sedang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Untuk itu kita mencukupi meminum air 8 gelas dalam sehari agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Urin berwana hijau kebiru-biruan

Hal ini merupakan hasil dari jenis obat-obatan tertentu seperti obat pencahar, obat kemoterapi, atau vitamin. Jika kita tidak mengambil resep dari medis atas penggunaan obat-obatan tersebut dan perubahan warna seperti itu dapat berlangsung selama lebih dari beberapa hari, kita sebaiknya menghubungi dokter untuk berkonsultasi terhadap perubahan yang terjadi pada warna urin, bisa saja kita mengalami masalah kesehatan lainnya.

Kuning terang atau oranye

Warna seperti ini dapat menunjukkan bahwa tubuh kita terlalu banyak mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung vitamin C seperti wortel, buah bit, atau jenis tumbuhan dan makanan  yang mengandung vitamin C.

Urin berwarna kuning gelap

Warna ini menjadi penyebab kekhawatiran dari kondisi kesehatan kita. Keadaan ini bisa menunjukan kondisi kesehatan yang buruk yang biasanya menyerang organ hati dan empedu, karena tidak sempurnanya proses pencernaan yang berhubungan dengan organ hati dan empedu tersebut.

Urin berwarna merah muda

Kondisi ini bisa saja menjadi tanda bahwasanya kita sudah makan makanan yang mengandung warna merah yang pekat. Pada catatan yang lebih serius, ini juga bisa menjadi tanda dari adanya sejumlah kecil kandungan darah yang terdapat dalam urin kita. Kencing yang disertai dengan darah dapat menunjukkan cedera internal dari dalam tubuh kita seperti masalah yang berhubungan dengan ginjal atau kanker.

Urin berwarna keruh

Kondisi ini menunjukan bahwa tubuh kita berlebihan kandungan asam fosfatnya, karena asam fosfat ini menjadi penyebab timbulnya permasalahan di ginjal yaitu batu ginjal. Urin yang berwarna keruh juga dapat menunjukan bahwa adanya organ dalam tubuh kita yang sudah terinfeksi. Jika warna keruh pada urin semakin memburuk dan kita merasakan adanya sensasi panas seperti terbakar saat mengeluarkan air seni, untuk itu kita harus memastikan pergi ke dokter tentang keadaan yang kita alami tersebut.

Perubahan pada urin tidak hanya terjadi dengan warnanya saja, akan tetapi aroma bau yang dikeluarkan urin juga dapat memberi pengaruh dan dapat menunjukan tentang kondisi kesehatan yang kita alami.

Berikut ini beberapa aroma bau yang dikeluarkan oleh urin

Bau busuk

Kondisi ini terjadi akibat adanya bakteri tertentu yang telah menginfeksi saluran kemih kita dan dapat menyebabkan air seni kita mengeluarkan bau busuk. Gejala infeksi saluran kemih (ISK) ini termasuk adanya sensasi seperti terbakar saat buang air kecil, demam, menggigil, dan sakit punggung. Jika kita memiliki gejala seperti adanya infeksi pada saluran kemih, kita bisa menggunakan resep obat antibiotik untuk menangani kondisi seperti ini.

Bau amis

Aroma bau amis yang dikeluarkan oleh cairan urin kita dapat menunjukan terhadap kondisi kesehatan lain yang kita alami yang merupakan tanda dari gangguan penyakit seperti diabetes atau penyakit hati.

Bau apek

Aroma yang dikeluarkan oleh urin seperti bau apek ini bisa menjadi tanda dari adanya gangguan metabolisme tertentu.

Hanya dengan air urin saja kita dapat mengetahui kondisi kesehatan pada tubuh kita, karena urin merupakan cairan sisa pembuangan dari dalam tubuh kita ketika sistem pencernaan kita telah selesai memproses segala sesuatu yang masuk ke dalam perut kita, seperti makanan dan minuman yang sehari-hari kita konsumsi. Untuk itu sudah seharusnya kita selalu menjaga asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi agar tidak berdampak negatif terhadap beberapa organ penting dalam tubuh kita. Perlu diingat, bahwa menahan buang air kecil juga ternyata dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *