Apakah Anda Hobi Makan Tengah Malam? Hati-Hati Ya!!

Apakah kita mempunyai kebiasaan ngemil atau makan pada tengah malam?. Banyak dari kita tidak mengetahui bahaya yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan sepele ini, karena makan atau ngemil pada malam hari sangat sering kita lakukan ketika kita masih tetap terjaga pada malam hari, apalagi seseorang yang menderita penyakit insomnia ataupun dari penyebab lainnya seperti kebiasaan, kebosanan, stres, atau kelelahan setelah menjalani aktivitas yang sibuk. Belum diketahui pasti penyebabnya, makan atau ngemil di malam hari biasanya menyebabkan porsi makan menjadi berlebihan, dan dapat merusak proses diet yang kita jalani. Yang menjadi hal terpenting yaitu dengan memilih asupan makanan yang mempunyai kandungan tinggi nutrisi dan gizi, karena ada juga loh beberapa makanan yang dapat berdampak negatif terhadap otak kita.

Bagi kebanyakan orang makan atau ngemil pada malam hanya merupakan sebuah kebiasaan yang normal dan tidak mempunyai dampak berat terhadap kesehatan, akan tetapi hal tersebut sangatlah tidak benar, apalagi ditambah dengan jenis makanan yang mempunyai kandungan banyak kalori, karena selain dapat menambah berat badan, kebiasaan ini juga akan membuat kesehatan dalam tubuh kita menjadi bermasalah dengan timbulnya berbagai macam jenis penyakit, yang disebabkan oleh kandungan atau senyawa yang terdapat dalam makanan yang kita konsumsi tersebut. Untuk itu, ada baiknya jika kita mengetahui beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan sehat, agar tubuh kita lebih kuat dan tahan terhadap serangan penyakit yang sewaktu-waktu dapat muncul.

Jenis makanan yang banyak digemari dan banyak dikonsumsi oleh banyak orang untuk menemani cemilan malam hari biasanya seperti es krim, keripik kentang, cokelat, dan masih banyak lagi sejenis makanan penutup lainnya (efek makanan pedas terhadap tubuh). Tubuh seseorang tentunya mempunyai respon dan cara pengolahan makanan yang berbeda saat mengkonsumsi makanan pada malam hari, karena pada waktu malam hari sistem pencernaan seseorang cenderung melakukan fungsinya dengan lambat apalagi terhadap jenis makanan yang mengandung tinggi kalori. Intinya: Makan atau ngemil pada malam hari cenderung meningkatkan berat badan dengan cepat.

Jadi apa yang harus kita (pelaku diet) dilakukan? Solusi idealnya adalah dengan cara makan tiga kali dalam sehari dan menghindari semua jenis makan lain di antara jam makan, tidak lupa juga dengan memilih jenis makanan yang mempunyai peranan penting terhadap peningkatan kualitas tidur kita juga. Berikut ini adalah 9 tips yang bisa kita lakukan untuk terhindar atau untuk mencegah kita terhadap kebiasaan makan pada malam hari:

  • makan paling lambat pukul 8 malam dan menyelesaikannya saat itu juga tanpa menyambung jenis makanan lainnya yang akan dikonsumsi.
  • mengalihkan atau melakukan aktivitas lain yang akan membuat kita lupa akan makan atau ngemil saat malam hari.
  • mengganti jenis asupan makanan yang akan kita konsumsi pada malam hari yaitu dengan makanan yang mengandung rendah kalori seperti teh herbal, sayuran, atau sepotong buah.
  • meningkatkan serat dalam diet, terutama saat makan malam. Coba tambahkan kacang-kacangan atau biji-bijian untuk membuat kita agar tetap merasa kenyang dalam waktu lama.
  • meningkatkan jumlah kadar protein dalam makan malam. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa protein memiliki daya tahan tertinggi untuk tetap terjaga dari rasa lapar.
  • makan secara perlahan dengan cara menikmati rasa makanan tersebut. Biasanya dalam waktu kunyahan 15 sampai 20 menit, yang kemudian dengan mudah otak akan merespon jenis makanan yang kita konsumsi tersebut.
  • membiasakan sarapan dipagi hari. Orang yang tidak mempunyai kebiasaan sarapan akan lebih cenderung untuk lebih banyak mengemil makanan dengan kandungan tinggi kalorinya.
  • mempunyai jadwal atau cacatan program diet. Gunakan catatan program diet kita untuk membantu memilih jenis makanan yang baik dan sehat untuk secara teratur dikonsumsi.
  • meminum banyak air putih. Tidak hanya akan membuat terhidrasi saja, akan tetapi air putih juga akan memberikan manfaat kesehatan dan kecantikan organ tubuh kita.

Berikut ini juga merupakan suatu pertimbangan yang sangat penting untuk kita lakukan ketika menjalani program diet, yaitu untuk memastikan jenis makanan yang kita konsumsi secara baik dan dengan tidak memotong asupan rendah kalori kita, karena hal inilah yang membuat kita menjadi cepat dan mudah lapar. Yang terpenting kita bisa mengontrol diri terhadap asupan jenis makanan tertentu yang seharusnya tidak kita konsumsi, atau bila perlu kita harus melakukan konsultasi dengan ahli medis untuk mengetahui hal apa saja yang harus dan tidak kita lakukan untuk menghindari kebiasaan makan atau ngemil pada malam hari tersebut.

Sebenarnya masih ada juga loh beberapa makanan yang tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk, bahkan makanan tersebut sangat menyehatkan untuk tubuh kita loh. Jadi kita tidak perlu khawatir lagi dengan makanan atau cemilan yang akan kita konsumsi selama menjalani program diet tersebut.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *