Arang, Membantu Untuk Memutihkan Gigi Secara Alami

Arang adalah residu hitam berisi karbon tidak murni yang dihasilkan dengan menghilangkan kandungan air dan komponen volatil dari hewan atau tumbuhan.. Arang biasanya diproduksi oleh pirolisis, pemanasan dari kayu atau menggunakan proses tertentu dengan menggunakan sedikit oksigen. Arang aktif merupakan zat yang sangat penting untuk menghilangkan serta menyerap berbagai jenis racun. Hal ini tidak diserap oleh tubuh, melainkan melalui sistem GI, sehingga bahan kimia dan racun dapat ternetralisir, yang selanjutnya akan dikeluarkan melalui tubuh dan dikeluarkan oleh sistem pencernaan tubuh kita.

Bagaimana arang aktif bisa memutihkan gigi ?

Penelitian lebih lanjut yang dilakukan oleh beberapa ahli sudah menunjukkan bahwa arang aktif ternyata benar-benar dapat membantu dalam mengubah pH dan membantu memperbaiki kondisi mulut yang bermasalah, dan dengan demikian arang juga akan menjadi sangat efektif dalam mencegah gigi berlubang serta akan menghilangkan bakteri jahat yang ada dalam mulut yang jadi penyebab kerusakan gigi dan radang pada gusi.

Benarkah arang bisa memutihkan gigi ?

Kita bisa melakukan beberapa seperti berikut ini, kita celupkan sikat gigi bersih ke dalam arang bubuk, lalu letakan posisi wajah kita tepat berada di atas wadah arang dan kita bisa meletakan sikat gigi yang telah di lumuri dengan arang ke dalam mulut dan gosokan pada seluruh bagian gigi kita. Kita bisa melakukan ini dalam waktu dua menit dengan cara menggosok memutar-mutarkan sikat gigi tersebut ke bagian gigi kita, setelah itu bilaslah gigi kita dengan air untuk membersihkan sisa arang yang masih menempel di sela-sela gigi.

Apakah arang dapat menarik kalsium dari gigi ?

Arang tidak akan menghilangkan kalsium pada gigi kita, karena dari beberapa penelitian sudah ditemukan ternyata arang itu mengandung sebagian besar kandungan senyawa organik dan tidak mengandung mineral sehingga tidak harus kita khawatirkan. Tetapi alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter gigi mengenai penggunaan terhadap sesuatu yang akan dijadikan sebagai pembersih gigi, agar tidak menimbulkan dampak negatif.

Apakah penggunaan arang kesat/kasar untuk gigi ?

Ini adalah salah satu kekhawatiran, bahwa beberapa dokter spesialis gigi sudah tidak menganjurkan lagi pasiennya untuk melakukan pemutihan mulut menggunakan arang, karena dampak tertentu yang masih belum bisa di ketahui. Belum ditemukan penelitian mengenai dampak dari arang yang kasar terhadap kerusakan permukaan gigi. Tapi dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh salah satu dokter di Amerika telah memperbolehkan penggunaan arang sebagai pemutih gigi, asalkan kita tidak menggosok atau menyikat arang tersebut terhadap gigi, jadi kita cukup untuk meletakan bubuk arang tersebut untuk melapisi bagian gigi kita. Hal ini dikhawatirkan pada seseorang yang mempunyai gigi sensitif dan bisa saja menggoresi bagian gigi atau menghilangkan lapisan enamel pada gigi saat kita menggosok atau menyikat arang tersebut dengan gigi.

Bagaimana cara arang ini bekerja untuk pemutihan gigi ?

Dokter spesialis ahli gigi juga menyarankan bahwa penggunaan arang aktif ini hanya akan bekerja pada flak tertentu yang mengikat pada permukaan lapisan gigi, terutama yang berasal dari minuman seperti kopi dan teh. Hal ini terjadi karena arang mempunyai sifat penyerapan yang memungkinkan flak tersebut dapat dihilangkan dari lapisan gigi. Tetapi arang ini biasanya tidak akan bekerja pada gigi yang telah menguning seperti pada masalah gigi internal lainnya.

Ada beberapa cara untuk memutihkan gigi kita dengan menggunakan arang. Cara yang paling umum biasanya adalah dengan mencampur bubuk arang dengan air dalam jumlah yang sama banyak. Selanjutnya, diamkan cairan arang yang berada di permukaan lapisan gigi tersebut selama 2-3 menit. Pilihan lainnya adalah mencampurkan dengan cukup sedikit air dengan arang aktif kemudian gosokan pada gigi sama seperti halnya yang kita lakukan pada pasta gigi. Lalu dengan gerakan yang lembut gosok gigi secara perlahan. Karena arang memepunyai sifat seperti pasir yaitu tidak benar-benar dapat halus ketika diolah, jadi kita melakukan hal ini cukup satu kali saja dalam beberapa bulan, karena dikhawatirkan arang menjadi terlalu kesat untuk gigi kita sehingga akan memudarkan lapisan enamel pada permukaan gigi kita.

Mencegah merupakan hal yang paling efektif untuk kita lakukan agar terjauh dari kerusakan gigi, untuk itu kita harus mengetahui lebih mendalam tentang beberapa penyebab kerusakan pada gigi, karena hal ini akan membantu kita untuk menghindari penyebabnya seperti makanan dan minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi contohnya teh, es krim, kopi dan masih banyak lagi, selebihnya makanan manis bisa kita ketahui seperti coklat, permen, pop corn dll. Gigi merupakan hal yang penting dalam tubuh kita karena fungsinya untuk mengolah paling awal pada makanan di dalam mulut sebelum masuk menuju sistem pencernaan lain yang ada di dalam perut.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *