Aturan Program Makan Diet Seimbang

Makan sehat diet seimbang merupakan bagian terpenting yang harus kita lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Yang berbagai kita harus menjaga asupan makanan yang kita konsumsi dengan ukuran porsi makanan yang tepat, tentunya agar kita juga bisa mempertahankan berat badan yang sehat. Adapun beberapa panduan makanan sehat yang menunjukkan tentang bagaimana cara untuk memiliki tubuh yang sehat dengan cara melakukan diet seimbang, kita pun harus mencoba untuk: Lihat juga sayur dan buah penurun berat badan!

  • makan 5 x sehari (porsi kecil)
  • makanan dasar bertepung seperti kentang, roti, nasi atau pasta
  • mengkonsumsi makanan dan minuman dari olahan susu (seperti minuman kedelai)
  • mengkonsumsi kacang-kacangan, ikan, telur, daging dan protein lainnya
  • makanan yang mengandung minyak tak jenuh
  • minum banyak air putih

Kita harus bisa untuk mengurangi asupan makanan dan minuman yang tinggi lemak, garam dan gula. Buah dan sayuran merupakan sumber penting dari vitamin dan mineral dan harus mencangkup lebih dari sepertiga dari makanan yang kita makan setiap harinya. Ada bukti bahwa orang yang mengkonsumsi setidaknya lima porsi buah dan sayuran dalam sehari memiliki risiko lebih rendah terhadap timbulnya penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker.

Makanan bertepung harus membuat lebih dari sepertiga dari segala jenis makanan yang kita makan. Kentang merupakan sumber kaya akan serat dan vitamin. Cobalah untuk memilih gandum atau sejenis gandum dari makanan bertepung, seperti beras merah, pasta gandum dan coklat, gandum atau roti putih yang mempunyai kandungan serat tinggi. Lihat juga SUPLEMEN SLIMMING CAPSULE pelangsing sehat dan cepat!

Produk susu seperti keju dan yoghurt merupakan sumber protein yang sangat baik. Mereka juga mengandung kalsium, yang akan membantu menjaga kesehatan tulang kita. Ada produk olahan yang berbahan dasar susu namun tanpa campuran gula ataupun pemanis yaitu seperti susu kedelai, yoghurt kedelai dan keju kedelai juga termasuk sebagai bagian dari kelompok makanan yang dapat menjadi asupan makanan alternatif yang akan mendukung kita untuk menjalani proses diet.

Kacang-kacangan, ikan, telur, daging dan protein lainnya merupakan jenis makanan yang sangat kaya akan sumber protein yang baik, yang sangat penting bagi tubuh dalam fungsinya untuk pertumbuhan dan memperbaiki sel atau jaringan tubuh yang sudah rusak. Jenis makanan ini juga merupakan sumber yang sangat baik dari berbagai macam jenis vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya.

Daging merupakan makanan yang banyak dikenal karena merupakan sumber protein yang sangat baik seperti kandungan tingginya dari vitamin dan mineral, termasuk besi, seng dan vitamin B. Daging ini juga termasuk salah satu sumber utama dari vitamin B12. Kita bisa menggunakan daging sebagai menu harian namun tanpa kulit karena untuk mengurangi asupan lemak (kulit mengandung lemak yang sangat tinggi).

Ikan merupakan salah satu sumber penting yang tinggi protein, serta mengandung banyak vitamin dan mineral. Apalagi dengan minyak ikan sangat kaya akan kandungan asam lemak omega-3nya. Kita bisa memasukan dua porsi ikan dalam seminggu termasuk satu porsi ikan berminyak. Tapi, kita juga harus ingat bahwa tidak semua jenis olahan ikan mempunyai kandungan yang sama, seperti halnya dengan olahan ikan yang melalui proses diasapi, biasanya mengandung tinggi garam.

Kita juga harus mengetahui berapa kadar dan jumlah lemak harian yang kita konsumsi tersebut karena sangat penting untuk kita perhatikan agar kita pun dapat mengontrol asupan lemak yang lebih tepatnya lagi dan juga asupan lemak pun mempunyai batasan tertentunya loh. Seperti halnya kita juga sangat perlu untuk mendapatkan sebagian besar dari asupan lemak dari minyak tak jenuh, karena lemak tak jenuh dapat membantu menurunkan kolesterol.

Mengkonsumsi lebih sedikit asupan lemak jenuh dan jenis makanan yang mengandung gula, karena terlalu banyak asupan lemak jenuh kedalam tubuh tersebut kita bisa meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah, yang menjadi peningkat resiko tinggi terhadap penyakit jantung, sedangkan jika kita secara teratur selalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula dapat meningkatkan risiko terkena obesitas dan kerusakan gigi.

Kebanyakan orang dewasa di Eropa ataupun Amerika mempunyai berat badan yang berlebihan atau obesitas, biasanya banyak disebabkan oleh asupan makanan yang sembarangan. Seperti kebiasaan orang-orang disana tersebut lebih banyak mengkonsumsi minuman dan makanan junkfood yang lebih banyak mengandung tinggi kalori dan lemak jahat, beda halnya dengan orang yang selalu meminum air putih dalam kesehariannya.

Dan banyak juga dari kita yang masih bingung mengenai mitos atau fakta bahwa gorengan menyebabkan gendut?, dari pertanyaan ini tentunya ada sebagian orang yang khawatir untuk mengkonsumsi makanan tersebut, karena ada benarnya juga bahwasanya gorengan tersebut lebih banyak mengandung minyak dari pada jenis makanan dengan proses lainnya.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *