Bagaimana Cara Mengatasi Mata Yang Cedera

Beberapa cedera mata yang paling umum terjadi yaitu seperti adanya luka tertusuk yang dalam yang diakibatkan dari kecelakaan, kondisi ini biasanya memerlukan pengobatan secepat mungkin untuk melakukan suatu operasi untuk mencegah kerusakan mata secara permanen yang bisa saja mengakibatkan kehilangan penglihatan. Cedera mata yang terjadi kebanyakan itu seperti mata lelah dan memerah ataupun mata merah yang diakibatkan adanya material yang masuk, untuk itu harus mengetahui beberapa penyebab mata merah dan iritasi, agar kita lebih bisa berhati-hati terhadap aktivitas apapun yang dapat membahayakan mata kita.

Tergoresnya kornea mata

Penyebab umum dari cederanya mata yaitu adanya bagian lapisan kornea yang tergores, ini biasanya diakibatkan oleh kebiasaan kita saat menggosok mata ketika ada benda asing yang masuk, seperti debu atau pasir. Kornea mata yang lecet sangatlah tidak nyaman dan menyebabkan mata menjadi merah serta menjadi sensitiv terhadap paparan cahaya apapun. Goresan pada kornea juga dapat membuat mata kita menjadi rentan terhadap serangan infeksi dari bakteri atau jamur. Beberapa jenis bakteri dan jamur dapat dengan mudah masuk ke mata melalui goresan tersebut dan menyebabkan bahaya serius dalam waktu 24 jam. Jika kita menderita kornea mata yang tergores, diharuskan kita untuk tidak menggosok mata secara berlebihan.

Material yang memasuki mata

Jika benda asing seperti serpihan logam atau kail ikan memasuki mata kita, segeralah untuk memeriksakan ke dokter agar cedera tersebut dapat diatasi dengan cepat. Kita bisa saja dapat menyebabkan luka pada mata tersebut menjadi lebih parah, jika kita mencoba untuk menghilangkan objek tersebut sendiri atau jika kita menggosok mata tersebut secara berlebihan. Mata kita juga dapat memungkinan potongan dari material kecil tersebut (biasanya logam) menjadi tertanam di permukaan mata (kornea).

Benda atau zat mengenai mata

Menjadi hal yang sangat berbahaya ketika mata kita terkena suatu siraman air yang berbahaya seperti pembersihan rumah (mengandung zat kimia), yang akan membuat mata kita menjadi merah. Beberapa zat yang terkandung dalam cairan pembersih tersebut dapat membuat iritasi pada mata dalam jangak waktu yang lama, bahkan dapat menyebabkan cedera yang sangat serius.

Pembengkakan daerah mata

Mata yang bengkak dan sembab yang terjadi dibagian kelopak mata tersebut dapat disebabkan oleh pukulan yang mengenai mata seperti dari olahraga bisbol dengan bola bisbol tersebut dalam gerakan yang sangat cepat atau dari jenis olahraga lain seperti tinju. Pengobatan terbaik mata yang bengkak yaitu dengan cara mengompresnya dengan air es. Selain itu kita harus melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk memastikan tidak adanya kerusakan internal yang terjadi.

Pendarahan subconjunctival

Cedera mata ini biasanya akan terlihat lebih buruk dari pada biasanya. Sebuah pendarahan subconjunctival ini dapat melibatkan kebocoran darah dari satu atau lebih pada pembuluh darah yang terletak di antara putih mata (sclera) dan bagian penutup (konjungtiva). Pendarahan subconjunctival tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak akan menyebabkan kehilangan penglihatan sementara atapun permanen. Tentunya tidak memerlukan perawatan yang serius, karena dengan sendirinya darah tersebut akan bersih dan mata pun akan tampak tampil normal seperti sedia kala.

Iritis trauma

Iritis traumatis adalah peradangan pada bagian berwarna dari mata yang mengelilingi pupil (iris) dan akan terjadi setelah cedera mata. Iritis traumatis dapat disebabkan oleh adanya pukulan di mata dari benda tumpul, seperti bola atau tangan. Iritis trauma biasanya membutuhkan pengobatan bahkan dengan perawatan medis sekalipun, karena ditakutkan bakalan terjadi penurunan pada daya penglihatan kita.

Hyphemas dan Orbital blowout Fracture

Kondisi hyphema yaitu terjadinya pendarahan di ruang anterior mata, ruang antara kornea dan iris. Fraktur terjadi karena adanya ledakan orbital yang membuat retak dibagian tulang wajah sekitar mata. Biasanya hal ini disebabkan oleh trauma benda tumpul yang mengenai mata dan wajah, seperti akibat dari benturan tongkat bisbol, tongkat dan kepingan bola hoki.

Langkah-langkah yang harus diambil ketika cedera mata

Karena mata merupakan organ tubuh yang paling sensitiv dan indra yang paling penting karena membantu kita dalam proses penglihatan. Jadi jika kita harus mengetahui beberapa cara perawatan terbaik untuk merawat mata kita, agar dapat dengan terbiasa kita melakukan kebiasaan seperti ini yang akan membuat mata kita menjadi sehat. Sebenarnya pengobatan yang akan dilakukan oleh dokter tersebut masih tergantung terhadap keparahan cedera yang kita alami dan mungkin saja dokter akan menyarankan kita untuk menyiramkan larutan air garam ke mata kita sebagai penanganan awal terhadap mata yang cedera.

Kita juga harus mengetahui tentang kondisi dan cara pencegahan mata lelah, karena faktor mata yang lelah juga dapat menjadi pemicu cedera mata yang membuat mata menjadi memerah.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *