Bagaimana Peranan Air Ludah Terhadap Proses Penyerapan Makanan Di Mulut

Proses pencernaan makanan dimulai di bagian dalam mulut kita. Kelenjar ludah pun mulai berfungsi ketika gigitan makanan sudah mulai masuk kedalam mulut. Ada tiga bagian pada kelenjar ludah yaitu bagian besar, kelenjar ludah yang banyak dan yang lebih kecil yaitu terletak di bagian dalam mulut dan tenggorokan. Kelenjar ludah yang lebih besar terletak pada pasangan mulut kita di kedua sisi dalam mulut. Kelenjar parotid berada di bagian atas pipi kita dekat telinga dan saluran ini selalu terbuka dekat dengan gigi geraham. Kelenjar submandibula berada di bagian bawah rahang yang selalu terbuka di bagian belakang gigi depan kita di bagian posisi yang lebih rendah dan kelenjar sublingual terletak di bagian bawah lidah, awal dasar masuk ke dalam mulut kita. Ada ratusan kelenjar ludah kecil yang terdapat di seluruh bagian mulut kita, bibir, pipi bagian dalam, sinus dan tenggorokan, semua kelenjar ludah tentunya berfungsi untuk memproduksi dan melepaskan air liur.

Produksi air liur

Kelenjar ludah yang bertanggung jawab untuk memproduksi air liur dan lendir akan sangat bergantung terhadap salah satu pembentukan kelenjar tertentu. Air liur merupakan cairan serosa yang terdiri dari air dan protein, termasuk enzim amilase dalam sistem pencernaan. Lendir adalah cairan yang agak kental. Air liur sangat diperlukan untuk menjaga selaput lendir di bagian dalam mulut supaya tidak kering termasuk juga diperlukan untuk membasahi makanan saat proses mengunyah dan menelan. Air liur yang diproduksi oleh kelenjar air ludah akan memulai proses pencernaan dan melindungi gigi kita dari berbagai kerusakan. Menurut Encyclopaedia Britannica, kelenjar parotis akan menghasilkan air liur, kelenjar submandibula menghasilkan cairan campuran yang sebagian besar air liur, dan kelenjar sublingual menghasilkan cairan campuran yang sebagian besar merupakan lendir. Kelenjar ludah akan mudah merangsang tentang makanan apa yang kita makan melalui bau dan rasa makanan selama seseorang sedang memproses makanan.

Sekresi air ludah

Kelenjar ludah menghasilkan air liur dan lendir yang disekresikan dari saluran khusus tertentu ke dalam mulut. Colorado State University menyatakan setiap kelenjar ludah mengandung sekelompok sel yang disebut sel asinus, yang berfungsi untuk mengeluarkan campuran air liur dan lendir tertentu. Setelah diproduksi, cairan air liur sudah melewati asinus melalui pengumpulan saluran yang kosong ke dalam mulut. Air liur mengalir dari kelenjar parotis melalui duktus Stenson dan cairan campuran sebagian besar air liur disekresikan dari kelenjar submandibula melalui saluran Wharton. Kelenjar sublingual membentuk jaringan saluran Rivinus yang bersatu untuk membentuk satu saluran utama yang disebut duktus Bartholin yang mana sebagian cairan besar seperti lendir sudah disekresikan. Sekresi dari kelenjar ludah dikendalikan oleh sistem saraf otonom yang juga menentukan berapa banyakah jenis saluran kelenjar ludah yang akan di sekresikan.

Air liur &  gigi

Air liur sangat penting dalam kedokteran gigi karena merupakan sekresi utama dalam mulut dan dapat mempengaruhi berbagai prosedur atau pekerjaan yang sedang pasien jalani. Pembentukan air liur sangat penting pada pasien yang menderita kelainan dengan produksi air liur. Misalnya, penurunan air liur dapat mengakibatkan deterioriation dari kesehatan mulut seperti nyeri mulut, rusaknya gigi dan infeksi oleh mikroorganisme. Air liur merupakan bagian penting dalam perencanaan prosedur pengobatan dan efek tertentu pada proses pembuatan gigi tiruan. Viskositas dan aliran laju air liur sangat penting untuk gigi tiruan. Oleh karena itu pemahaman tentang air liur dan peranannya dalam kesehatan mulut dan gigi diperlukan untuk mengidentifikasi, mencegah dan mengobati pasien untuk mendapatkan hasil yang baik.

Pencernaan makanan

Lendir berfungsi untuk melumasi kelenjar submandibula dan sublingual untuk mengikat makanan seperti aktivitas ketika kita mengunyah makanan tersebut. Lendir mengikat makanan yang dikunyah bersama-sama dalam suatu waktu. Menurut Colorado State University, air liur mengandung alpha amilase, enzim yang mulai mengubah sari pati makanan kita menjadi gula yang disebut maltosa saat masih berada di dalam mulut. Selain itu, air liur dapat melapisi lapisan mulut dan kerongkongan untuk membantu perjalanan serta proses makanan dan membuat makanan kering lebih mudah larut sehingga cita rasanya dapat dideteksi oleh selera kita.

Air liur adalah sekresi kelenjar yang rumit yang dibuat oleh kelenjar ludah di dalam jaringan di bawah rongga mulut.
Kelenjar ludah merupakan sebuah kelompok sel yang disebut asinus, yang mengeluarkan serta mengandung cairan seperti berikut ini :

  • air
  • elektrolit
  • lendir
  • enzim

Cairan ini mengalir keluar dari asinus untuk berkumpul di salah satu tempat lalu dalam saluran tertentu, komposisi sekresi tersebut diubah menjadi seperti berikut ini :

  • banyak natrium yang sedang aktif diserap
  • disekresikannya kalium
  • dalam jumlah besar ion bikarbonat disekresikan
Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *