Bahaya Kangker Mulut Dan Pilihan Pengobatannya

Kanker adalah penyakit dari sel-sel dalam tubuh yang terdiri dari jutaan sel kecil. Ada berbagai jenis sel dalam tubuh dan ada banyak jenis kanker yang berbeda yang timbul dari berbagai jenis sel tersebut. Semua jenis kanker memiliki kesamaan yaitu pertumbuhan  sel-sel kanker abnormal berkembang biak di luar kendali.

PENYEMBUHAN CEPAT KANKER TANPA OPERASI DENGAN GANODERMA PLUS CAPSULE!!!

Tingkat keberhasilan untuk mengobati penyakit kanker mulut sangat tinggi jika belum menyebar ke kelenjar getah bening. Sekitar 68 persen orang akan bertahan hidup selama 5 tahun atau lebih setelah di diagnosis. Banyak dari orang-orang dengan penderita penyakit kanker mulut ini dapat hidup relatif lama dan normal. Hanya 25 persen orang dapat bertahan hidup selama 5 tahun atau lebih setelah kelenjar getah bening menjadi kanker. Secara umum, 25 persen dari semua kasus kanker mulut yang fatal. Setelah pengobatan pun masih ada risiko yang akan membuat kambuh di lain waktu dan belum tentu dapat menjamin kesembuhan seutuhnya ke keadaan yang lebih baik.

Apa itu kanker mulut ?

Kanker mulut adalah kanker yang dapat berkembang dalam seluruh bagian dari mulut, termasuk lidah, gusi, langit-langit (atap mulut), di bawah lidah, serta kulit yang melapisi mulut atau bibir. Tampaknya akan semakin lebih umum meskipun kanker mulut jarang terjadi di negara Inggris. Ada sekitar 4.700 kasus yang didiagnosis setiap tahun, hal ini dua kali lebih umum pada laki-laki dari pada wanita dan jarang terjadi pada orang berusia di bawah 40 tahun.

Penyebab kanker mulut

Kanker (tumor ganas) dimulai dari satu sel yang abnormal diperkirakan adanya kerusakan yang telah mengubah gen-gen tertentu dalam sel, hal ini membuat sel abnormal berkembang di luar kendali. Sebagian orang menderita kanker mulut dengan tanpa alasan yang jelas. Namun, faktor-faktor risiko tertentu dapat meningkatkan kemungkinan kanker mulut dapat berkembang. Seperti kebiasaan berikut ini yang dapat menimbulkan penyakit kanker mulut :

  • Merokok, kanker mulut adalah salah satu kanker yang memiliki resiko lebih tinggi pada perokok dibandingkan dengan non perokok
  • Alkohol, minum banyak alkohol dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker mulut
  • Mengunyah tembakau atau daun betal
  • Minim kesehatan gigi
  • Faktor makanan (makan diet seimbang yang mengandung serat dan nutrisi yang tinggi dalam buah-buahan, sayuran, ikan, rendah lemak tinggi, daging kolesterol, beras dan biji-bijian dapat mengurangi risiko kanker mulut)
  • Human Papillomavirus (HPV) dapat meningkatkan risiko kanker mulut
  • Ada beberapa kondisi yang mempengaruhi mulut, seperti leukoplakia dan eritroplakia, yang dapat meningkatkan risiko untuk menderita kanker.

Gejala kanker mulut

Gejala yang paling umum dari kanker mulut adalah adanya rasa sakit atau ulkus di bagian mulut yang tidak sembuh dan tidak hilang. Dalam banyak kasus, perubahan akan terlihat pada mulut sebelum kanker melakukan perkembangan. Ini berarti bahwa pengobatan dengan penanganan cepat dapat membantu mencegah dari perkembangan kanker.

Berikut gejala-gejala lainnya :

  • Bercak putih di bagian mulut Anda (leukoplakia)
  • Bercak merah di bagian mulut Anda (eritroplakia)
  • Benjolan di bibir, lidah atau di mulut serta tenggorokan
  • Pendarahan yang tidak biasa atau mati rasa di mulut
  • Nyeri saat mengunyah atau menelan
  • Perasaan seperti ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan
  • Pendarahan yang tidak biasa atau mati rasa di mulut
  • Perubahan pada suara saat berbicara
  • Penurunan berat badan
  • Adanya benjolan di leher

Jika kanker menyebar ke bagian lain dari tubuh, berbagai gejala lainnya dapat berkembang. Semua gejala ini dapat disebabkan oleh kondisi lain, sehingga di perlukan untuk mengkonfirmasi diagnosis.

Pengobatan kanker mulut

Pilihan pengobatan yang dapat dipertimbangkan termasuk radioterapi, operasi dan kemoterapi. Pengobatan disarankan untuk setiap kasus kanker, biasanya tergantung pada faktor dan jenis serta penyebabnya. Berikut pilihan pengobatan untuk kanker mulut :

Operasi

Pengobatan yang paling umum di lakukan untuk penyembuhan adalah operasi. Jenis operasi tergantung pada ukuran kanker dan jenisnya. Operasi di lakukan untuk menghilangkan sel-sel kanker dan beberapa jaringan normal di sekitarnya yang kemungkinan besar akan tumbuh jenis kanker baru.

Radioterapi

Radioterapi adalah pengobatan yang menggunakan sinar radiasi energi tinggi yang difokuskan pada jaringan yang ganas (kanker). Ini akan membunuh sel-sel kanker atau memberhentikan pertumbuhan sel kanker.

Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan yang menggunakan obat tertentu anti kanker untuk membunuh sel-sel kanker atau untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Penyakit ini sangat berbahaya dan dapat mengancam jiwa apapun jenis kanker nya, tidak hanya itu, penyakit ini juga akan mengancam kelangsungan hidup manusia. Kita harus memulai hidup sehat dengan pola makan yang teratur dan bergizi, tentunya harus menjaga kebersihan tubuh kita supaya tidak gampang terinfeksi bakteri maupun virus yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh kita yang akan membuat penyakit lebih mudah menginfeksi tubuh kita secara cepat.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *