Bahaya Terjatuh Dengan Posisi Duduk Rupanya Sangat Fatal

Seseorang yang sering terjatuh dalam posisi duduk, seperti tergelincir atau jatuh dari tangga sangatlah menyakitkan. Selain rasa sakit, kita juga harus mengetahui jika ada bahaya lain yang disebabkan oleh kondisi jatuh dalam posisi duduk??

Jatuh dalam posisi duduk bisa sangat berbahaya karena dapat memiliki cedera pada tulang ekor yang terhubung dengan saraf di tulang belakang. Tulang ekor adalah salah satu tulang terkecil dalam tubuh, tetapi bisa menyebabkan rasa sakit dan masalah kesehatan yang serius jika terjadi cedera saat terjatuh.

Tulang ekor terletak di ujung bawah tulang belakang. Bagian vertebra biasanya terlindungi dengan baik, tetapi ketika terluka saat terjatuh atau trauma lainnya, tulang dapat memar atau dislokasi yang terjadi pada tulang ekor. Bentuk cedera tulang ekor dapat menyebabkan masalah serius karena ada banyak saraf dan otot yang melekat pada tulang ekor, seperti saraf yang mengelilingi seluruh tulang belakang, otot-otot dasar panggul, usus, serta paha dan kaki bagian atas.

Beberapa bahaya bila terluka tulang ekor seperti:

  • nyeri selama atau setelah duduk
  • nyeri akut ketika bergerak dari duduk ke berdiri
  • sakit kepala parah
  • nyeri di seluruh tubuh terutama pinggang dan pinggul
  • nyeri di daerah tulang ekor yang tidak mereda dalam jangka panjang (coccygodynia)
  • menderita masalah pencernaan kronis, terutama sembelit
  • kram menstruasi yang parah
  • depresi dan insomnia
  • rasa sakit selama hubungan seksual

Selain jatuh ke posisi duduk, cedera tulang ekor juga bisa terjadi karena kondisi berikut:

  • posisi duduk yang salah
  • pukulan langsung ke tulang belakang
  • terluka atau patah tulang ekor saat persalinan
  • ketegangan atau gesekan seperti gerakan berulang-ulang saat bersepeda
  • infeksi atau tumor pada tulang ekor

Beberapa masalah kesehatan dapat muncul tepat setelah cedera tulang ekor, sementara yang lain muncul di beberapa bulan atau tahun berikutnya. Cedera tulang ekor lebih sering terjadi pada wanita karena wanita membuat bentuk tulang panggul ekor lebih terbuka. Lihat juga pentingnya kerangka dan tulang dalam tubuh!

Jatuh ke posisi duduk dapat menyebabkan kematian orang mendadak juga loh. Jadi, kita harus berhati-hati dalam melakukan sesuatu, dan segera konsultasikan jika kita terjatuh dalam posisi duduk seperti ini. Rasa sakit yang disebabkan karena terjatuh dalam posisi duduk tidak semuanya dapat menimbulkan rasa sakit dan bahkan hanya menimbulkan rasa sakit untuk sementara saja, kemudian menghilang, tetapi apakah kita tahu bahwa terjatuh dalam posisi tersebut bisa sangat berbahaya untuk kesehatan kita. Terutama terjatuh dalam posisi duduk, kemungkinan mempunyai resiko terhadap kematian. Oleh karena itu, kita tidak harus mengabaikan dampak dari kejadian terjatuh dalam posisi duduk tersebut.

Jika Anda jatuh dalam posisi yang salah, itu dapat menyebabkan cedera serius dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Misalnya, jatuh ke posisi duduk, mengapa jatuh dengan posisi ini dapat menyebabkan kematian? Itu pasti pertanyaan yang Anda tidak berpikir? Jatuh ke posisi duduk sangat berbahaya karena dapat menyebabkan fraktur tulang ekor Anda. Sedangkan tulang ekor yang terhubung ke sumsum tulang belakang. Jadi jika sampai terjadi maka Anda dapat mengalami sakit yang luar biasa dan ditambah dengan masalah kesehatan lainnya. Tampaknya sangat sulit untuk percaya bahwa salah satu tulang terkecil dalam tubuh dapat menyebabkan rasa sakit luar biasa.

Ada banyak faktor yang bisa membuat cedera tulang ekor, terutama karena kebiasaan posisi duduk yang terbilang dalam kondisi posisi yang salah. Jika hal ini terjadi, maka kesehatan kita secara perlahan akan berkurang jika kita mengabaikannya dan tidak melakukan konsultasi dengan dokter setelah beberapa waktu terjatuh. Jika kita membiarkannya, maka akan menganggu kesehatan kita bahkan sampai mempunyai dampak terhadap kematian.

Kondisi patah tulang tidak hanya menimpa tulang ekor saja, karena kasus semacam ini jarang terjadi, lain halnya dengan jenis patah tulang yang terjadi pada jenis tulang dari bagian tubuh lainnya, seperti pada bagian tangan dan kaki yang banyak dialami banyak orang seperti halnya oleh kondisi pekerjaan ataupun jenis olahraga ekstrim lainnya. Untuk itu kita harus mengetahui beberapa cara pencegahan mengenai patah tulang, agar kita lebih mudah dan tanggap dalam mengatasi kondisi tersebut dengan cepat.

Pertumbuhan tulang tentunya membutuhkan beberapa jenis asupan makanan yang sehat untuk menjaga serta meningkatkan kekuatan tulang, kita juga bisa menggunakan beberapa asupan jenis suplemen untuk regenerasi dan pertumbuhan tulang agar lebih sehat dan berkembang serta tumbuh dengan kuat dan cepat. Kesehatan tulang tentunya dibutuhkan untuk untuk perkembangan tubuh seseorang, dan tulang sendiri bukan hanya bagian tangan, kaki atau tulang rusuk saja, akan tetapi gigi juga merupakan jenis tulang yang wajib kita jaga karena manfaat dan fungsinya yang sangat bermanfaat untuk membantu proses kita mengunyah makanan.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *