Beberapa Cara Ampuh Pencegahan Penyakit Stroke

Stroke adalah penyakit yang merusak bagian otak. Ini terjadi jika ada penyumbatan pembuluh darah arteri yang seharusnya mengalirkan darah ke otak. Fungsi otak akan menjadi tidak baik dan mengalami rusak secara menyeluruh pada semua bagian saraf di otak, karena tidak adanya darah yang tersuplai ke otak.

Stroke adalah penyebab kematian terbesar ketiga dan yang pertama dalam menyebabkan kecacatan pada orang dewasa di Amerika Serikat dan Eropa. Sedangkan di indonesia stroke menjadi kematian terbesar kelima setelah hipertensi.

Faktor-faktor yang meningkatkan resiko terjadinya stroke adalah usia, tekanan darah tinggi, diabetes, kolestrol tinggi, merokok, migrain. Dari semua faktor-faktor tersebut yang paling mudah dikendalikan adalah tekanan darah tinggi dan merokok. 80 persen stroke dapat dihindari dengan pengelolaan faktor-faktor yang resiko. Kebanyakan penderita penyakit stroke adalah orang dewasa yang sudah lanjut usia, ini juga di pengaruhi oleh gaya hidup serta pola makan mereka sewaktu muda.

Penyakit stroke tidak hanya membuat fungsi otak menjadi rusak tetapi juga penyakit stroke bisa membuat beberapa anggota tubuh menjadi tidak berfungsi dan sulit di gerakan, karena adanya sistem saraf yang rusak. Stroke ringan bisa kita ketahui dari mulai tangan atau kaki yang sulit di gerakan serta terasa lumpuh, hal ini bisa saja di obati dengan aturan yang di sarankan oleh dokter, tapi jika tidak di obati secara langsung dan tepat, kelumpuhan ringan yang anda alami akan menjadi permanen dan akan sulit untuk sembuh agar bisa di gerakan lagi.

Berikut cara cara menghindari penyakit stroke :

Rutin berolahraga

Tidak akan ada habis habisnya jika kita membicarakan tentang manfaat dari olahraga untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa penelitian cukup membuktikan bahwa dengan berolahraga tubuh kita menjadi lebih sehat dan bisa membuat tulang atau organ tubuh yang lainnya lagi melakukan regenerasi atau memperbaiki sistem sel yang rusak.

Jauhkan depresi

Rasa stress atau depresi tidaklah baik bagi tubuh karena hal ini berhubungan dengan perasaan atau pikiran seseorang yang berpengaruh langsung terhadap tubuh sehingga ketika kita marah atau emosi tentunya akan membuat tekanan darah kita menjadi tinggi.

Menjaga pola makan 

Makanan merupakan asupan yang tentunya untuk menambah energi pada tubuh kita sehingga menambah protein dan berbagai vitamin lainnya. Tidak hanya mengandung vitamin yang baik tubuh saja, makanan juga tanpa kita sadari banyak yang mengandung bahan kimia yang bisa memicu tumbuhnya penyakit pada tubuh kita, dan kita harus menghindari beberapa makanan yang di larang untuk mencegah terjadinya penyakit stroke, seperti, makanan yang mengandung lemak tak jenuh atau buah buahan seperti, melon, pepaya, serta manggis.

Berhenti merokok

Kebiasaan ini sudah tidak di lakukan oleh kaum laki laki saja tetapi kaum wanita pun sudah melakukan hal yang sama, bahkan anak di bawah usia 17 tahun pun sudah banyak yang merokok. Dan indonesia masuk urutan terbesar ketiga dengan pengguna rokok terbanyak yaitu sebanyak 65 juta perokok atau 28 % per penduduk, dengan menghabiskan 225 miliar batang rokok pertahun. Banyak orang ketahui bahaya dari rokok itu sendiri, merokok pun bisa mengundang berbagai penyakit termasuk stroke, karena zat berbahaya yang terkandung dalam rokok akan menghambat alirang darah menuju otak dan akan menyebabkan seseorang terserang penyakit stroke.

Mengurangi asupan garam

Garam menjadi salah satu penyebab penyakit stroke pada tubuh kita, ketika kita sudah di diagnosis menderita penyakit stroke. Di satu sisi memang benar garam baik bagi tubuh, tapi jika kita mengkonsumsi berlebih tentunya akan berdampak buruk bagi tubuh kita, karena sesuatu yang berlebihan di konsumsi oleh tubuh itu akan berdampak negatif terhadap kesehatan.

Tidak meminum alkohol

Sudah tidak di ragukan lagi tentang bahayanya meminum minuman yang satu ini karena zat berbahaya yang terkandung di dalamnya ini akan memicu tekanan darah yang tinggi pada tubuh kita, dan akan membuat penyakit stroke secara tiba tiba.

Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas menjadi penyebab yang umum dalam menghadirkan berbagai penyakit dalam tubuh kita, seperti penyakit jantung, diabetes. Penyakit inilah yang akan mengundang penyakit stroke pada tubuh kita. Tidak hanya pada seseorang yang gemuk dan di anggap bisa dengan mudah terserang berbagai penyakit, orang kurupun tidak terlepas dari penyakit jika pola gaya hidupnya tidak baik dan tidak sehat.

Dari berbagai macam pencegahan yang di sudah di lakukan, kitapun sudah seharunya mengetahui beberapa ciri seperti berikut untuk berjaga jaga tentang kesehatan kita tentang apa yang kita rasakan apakah itu penyakit stroke atau bukan,ini dia beberapa contoh gejala penyakit stroke seperti, sakit kepala tanpa sebab, kehilangan keseimbangan saat berjalan, dan terdapatnya bagian tubuh yang sering mengalami kesemutan.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn1Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *