Beberapa Cara Penanganan Suara Serak Secara Alami

Suara serak yang kita derita bisa saja menganggu aktivitas sehari-hari seperti halnya ketika kita akan berbicara atau berteriak, maka suara pun menjadi sakit dan suara pun tidak sepenuhnya keluar keras. Kondisi seperti ini memang banyak sekali berbagai macam penyebabnya, tapi kita tidak perlu khawatir dengan cara penyembuhannya, karena dalam artikel ini kita akan membahas sedikit mengenai bagaimana cara mudah untuk menangani suara yang serak dengan cepat dan alami, tentunya tidak akan menimbulkan efek samping:

Lada hitam

Lada hitam termasuk kedalam salah satu dari jenis bumbu dapur yang dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional, seperti khasiatnya yang dapat membantu menyembuhkan gangguan kesehatan tenggorokan (serak). Kita dapat menggunakan campuran ¼ sendok teh lada hitam dengan satu sendok teh margarin dan memakannya 3x dalam sehari secara rutin. Atau kita juga bisa menggunakan cara dengan mencampurkan sendok teh bubuk lada dalam beberapa tetes jus lemon dengan air panas untuk melegakan tengorokan.

Cuka sari apel

Kita juga bisa menggunakan cuka sari apel dengan segelas air dan meminum ramuan ini 3 kali sehari selama beberapa hari.

Bawang putih

Bawang putih juga dipercaya sebagai ramuan herbal alami untuk menyembuhkan kondisi serak, karena bawang putih mengandung allicin, sejenis zat antimikroba yang dapat membantu tubuh kita untuk menghilangkan organisme mikroskopis dan infeksi radang tenggorokan.

Madu

Madu dapat menyembuhkan masalah penyakit tenggorokan yang menjadi penyebab serak. Kita bisa menggunakan madu lalu menambahkannya ke dalam jus lemon dan air, lalu meminumnya secara rutin yang berfungsi untuk mengurangi suara serak.

Teh jahe

Teh jahe dapat membantu mengurangi nyeri tenggorokan dan mengurangi suara serak. Kita dapat memotong jahe dengan irisan tipis lalu masukan kedalam air panas selama sekitar 20 menit sampai air berubah menjadi kekuningan, kemudian tambahkan satu sendok teh madu untuk menambahkan rasa dan yang terakhir meminum ramuan herbal ini 3x dalam sehari secara rutin. Karena memang benar sekali kalau jahe tersebut mempunyai kandungan yang sangat luar biasa untuk menangani berbagai macam masalah kesehatan, karena jahe sudah terbukti dalam beberapa manfaat dan khasiatnya.

Minyak Atsiri

Minyak atsiri kaya akan sifat antibakteri yang dapat melawan mikro-organisme dan infeksi yang menjadi penyebab suara serak. Kita dapat menambahkan minyak esensial seperti Eucalyptus, Chamomile dan Sage ke dalam air panas dan menghirup uapnya untuk mengurangi suara serak.

Jus bawang

Potong bawang menjadi potongan-potongan besar dan menambahkannya ke dalam panci berisi air. Lalu air tersebut air sampai kita sudah bisa membuat olahan menjadi sirup bawang. Saring sirup bawang kemudian tambahkan jus lemon dan madu untuk menambahkan rasa.

Kunyit

Kunyit juga sudah terbukti dapat mengurangi kondisi peradangan yang terjadi dalam tubuh karena sifat antimikroba yang sangat baik dan juga karena kandungan tingginya seperti besi, mangan, vitamin B6, serat, dan potasium.

Ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui beberapa hal yang seharusnya tidak kita lakukan, karena ada beberapa kebiasaan buruk kita dalam sehari-hari yang menjadi penyebab timbulnya kondisi tersebut. Dan juga ada hal-hal yang harus kita hindari ketika kita menderita suara serak, seperti:

  • jangan minum teh, minuman beralkohol ataupun minuman berkafein
  • berhenti merokok dan menghindari perokok, karena asap tersebut mengandung racun yang dapat membuat parah suara serak kita
  • jangan mengkonsumsi makanan yang tidak berpengaruh terhadap waktu kadaluarsa seperti halnya dari produk olahan susu termasuk cheddar dan yogurt.
  • jangan mengkonsumsi makanan berlemak tinggi seperti junkfood atau fastfood dll
  • jangan memaksakan suara supaya keluar keras, karena hal tersebut akan mengiritasi tenggorokan kita

Pertama yang harus kita lakukan yaitu dengan mengubah pola gaya hidup kita menjadi lebih baik lagi, seperti menjaga dan memilih sejenis asupan makanan yang mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi, yang tidak hanya dapat menyehatkan tubuh akan tetapi organ-organ dalam tubuh juga dapat terjaga fungsi kerjanya menjadi lebih baik lagi. Karena ada juga loh beberapa penyebab timbulnya lendir berlebihan dalam tubuh, yang biasanya menjadi mengendap dalam usus ataupun tenggorokan kita, dan tentunya membuat keadaan tenggorokan kita menjadi tidak nyaman.

Jenis asupan makanan seperti makanan berlemak tinggi, makanan atau minuman yang panas dan dingin dan adanya infeksi dari berbagai macam jenis bakteri yang menyerang tubuh kita juga dapat menjadi penyebab dari suara serak. Untuk itu, kita harus mengetahui beberapa gejala dan penyebab sakit tenggorokan, agar kita lebih mudah untuk mendiagnosis dini dengan mengetahui terlebih dahulu gejala yang sedang dialami dan mengetahui penyebab agar kita bisa lebih menghindari beberapa penyebabnya tersebut, tentunya juga akan membantu kita untuk terhindar dari masalah kesehatan yang berhubungan dengan kondisi pita suara kita tersebut.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *