Beberapa Cara Perawatan Sederhana Untuk Hidung Kita

Belajar bagaimana merawat hidung merupakan suatu hal yang jarang sekali orang-orang lakukan, padahal hal ini sangatlah mudah dan sederhana untuk dilakukan agar hidung kita bersih dan sehat, perawatan ini pun sangatlah penting untuk membersihkan bagian sinus pada hidung kita yang tentunya bagian inilah yang selalu membantu kita untuk bernafas. Hidung juga berfungsi sebagai saluran udara menuju ke bagian paru-paru.

Hidung yang sehat akan membantu memfilter partikel secara baik dari saluran udara yang jauh lebih baik dari pada keadaan hidung yang tidak sehat. Keadaan pilek yang sudah kronis atau keadaan hidung tersumbat dapat menyebabkan sakit kepala dan ketidaknyamanan lainnya serta menjadi sumber keadaan tubuh yang tidak nyaman. Berikut ini beberapa cara untuk merawat hidung kita :

Semprotan nasal

Semprotan hidung merupakan solusi yang jelas untuk hidung yang masalah. Bahkan, banyak semprotan yang dapat menangani masalah penyakit pada bagian sinus yang biasa kita sebut sebagai sinusitis, ini di karenakan adanya partikel yang dapat merusak atau mengiritasi lapisan di sepanjang lubang hidung.

Jika Kita harus menggunakan semprotan hidung, pastikan untuk mengikuti petunjuk dokter dan menghindari penyemprotan secara berlebih kecuali hal ini sangat benar-benar diperlukan. Tidak pernah melebihi petunjuk dosis yang sudah di berikan atau menggunakan dalam jangka waktu yang lama dari yang disarankan karena hal ini dapat menyebabkan masalah serius. Uap hangat menghirup melalui hidung benar-benar dapat membantu lebih dari semprotan. Jika Anda menghirup uap antara 4 dan 6 kali sehari tanpa aditif, Anda sering dapat membantu membersihkan sinus dan meningkatkan hidung Anda dengan cepat tanpa risiko merugikan membran.

Menjaga kelembaban udara

Menjaga udara rumah kita agar sedikit lebih lembab dapat membantu meningkatkan kesehatan hidung juga. Kelembaban membantu mencegah hal-hal seperti terbangun di tengah malam yang di sebabkan karena masalah hidung, udara yang lembab juga dapat meningkatkan kemudahan hidung kita untuk bernapas. Dalam beberapa kasus juga hal ini dapat membantu mengurangi keadaan mendengkur saat karena adanya penyumbatan di bagian saluran hidung.

Menggunakan pelembab sederhana akan memungkinkan kita untuk dapat mengontrol tingkat kelembaban udara di rumah. Hal ini tidak perlu untuk menambahkan obat untuk melembabkan udara, karena kita semua sedang membutuhkan bantuan dari udara kering. Udara kering sangat umum di musim dingin dan jika Kita memaksa udara agar menjadi panas, mungkin saja ini menjadi satu-satunya waktu yang kita rasakan begitu sangat tidak nyaman. Kelembaban dapat membantu kita terlepas dari penyakit asma, alergi, atau masalah pernapasan lainnya.

Menjaga hidung agar tetap bersih

Untuk menjaga hidung kita biasa di lakukan dengan cara yang sederhana dan murah tanpa biaya ataupun repot-repot mengejar waktu untuk bertemu dokter. Kita bisa menggunakan kapas dan air hangat yang sudah di campur dengan air garam, ini bertujuan untuk membersihkan bagian hidung Kita tanpa menimbulkan risiko saat kita menggaruk atau mengusap dengan keras, tentunya tidak akan merusak membran tertentu yang sensitif. Dengan sedikit air hangat yang sudah di campuri dengan sedikit garam pada kapas, kita ingin membersihkan puing-puing apapun dari bagian dalam hidung tanpa mengiritasi ataupun tanpa pergi terlalu jauh bagian dalam dari bagian hidung, jadi kita cukup saja mengusap bagian luar dari sekitaran bagian dalam hidung kita.

Ini merupakan metode yang sangat efektif untuk merawat hidung agar tetap bersih dan sehat. Membersihkan hidung kita tidak hanya akan membantu untuk tetap nyaman dalam bernafas saja, tetapi juga membantu untuk meningkatkan kemampuan hidung dalam fungsinya untuk menyaring partikel. Hidung yang bersih cenderung dapat mengembangkan keadaan bereaksi terhadap alergi yang lebih sedikit dan dapat membantu seseorang untuk mengurangi keadaan mendengkur saat tidur.

Hidung sehat dan pernafasan pun nyaman

Kita seharusnya melakukan sesuatu untuk mengetahui bagaimana caranya merawat hidung kita agar lebih mudah saat bernafas. Jelas dari puing-puing bakteri dan alergen yang terjadi di hidung merupakan pemicu awal dari ketidaknyaman hidung kita saat bernafas. Peradangan sering dapat disebabkan oleh pemicu selain alergi. Ini berarti, bahwa setelah peradangan hilang pun pemicu alergi akan sama kuat menyerang bagian dalam hidung kita sehingga menimbulkan beberapa gejala.

Menghindari penggunaan jari

Pembersihan upil atau kotoran hidung biasa kita lakukan dengan cara mengorek-ngorek bagian hidung dengan jari, justru hal ini dapat mengiris membran hidung kita dengan obyek atau kuku yang dapat menyebabkan infeksi. Infeksi pada rongga hidung sangat sulit untuk di obati.

Mencegah terjadinya infeksi sangat penting setelah operasi hidung

Prosedur bedah elektif yang keras pada bagian hidung tentunya akan mengubah kesehatan serta keadaan hidung kita secara keseluruhan. Ketika mempertimbangkan prosedur ini, kita harus lebih efektif mengetahui terlebih dahulu mengenai beberapa metode lain tentang proses untuk pengobatan selanjutnya.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *