Beberapa Cara Terbaik Dan Terburuk Dalam Menangani Luka Terbuka

Menggunakan pengobatan luka terbuka yang tepat maka dapat mempercepat penyembuhan, mengurangi bekas luka, rasa sakit, peningkatan risiko infeksi, dan yang lainnya. Sayangnya, sejumlah kesalahpahaman dan cara tepat dalam mengatasi luka terbukti masih saja salah dilakukan dalam proses penyembuhan. Nah, dalam artikel ini akan membahas beberapa fakta atau kebiasaan baik dan buruk seseorang dalam menangani proses penyembuhan luka terbuka:

Cara baik: Membersihkan luka dengan segera

Infeksi disebabkan tidak hanya oleh paparan bakteri dan patogen saja, tetapi juga dari sesuatu yang melakukan kontak dengan permukaan yang menyebabkan luka. Misalnya, penggunaan pisau dapur yang tidak sengaja ujung atau gagang tersebut mengenai luka, sehingga menimbulkan infeksi karena bakteri yang terdapat di permukaan pisau tersebut. Lihat juga manfaat makanan pedas untuk kesehatan tubuh!

Siram permukaan luka dengan air bersih dan mengalir. Kita bisa menggunakan campuran air dan garam, karena air garam ini dapat meniru pH internal tubuh kita, selanjutnya kita mencoba membersihkan materi-materi kecil yang masih tersisa di permukaan luka tersebut dengan menggunakan pinset yang steril tentunya. Namun, jika material tersebutu sudah menyebar dan tidak dapat dihilangkan, ada baiknya kita gunakan perawat medis sesegera mungkin, sebelum timbul infeksi lainnya.

Cara buruk: Menggunakan antiseptik untuk membersihkan luka

Penggunaan desinfektan dan antiseptik seperti hidrogen peroksida, alkohol, atau yodium biasanya digunakan untuk membersihkan luka terbuka. Sebagian besar zat ini lebih cocok untuk desinfektan permukaan rumah tangga dan terlalu keras untuk digunakan pada jaringan manusia. Mereka lebih cenderung untuk merusak jaringan dari pada membantu menyembuhkan luka.

Cara baik: Menekan luka

Menghentikan pendarahan dengan cepat dapat mencegah anemia dan kondisi lain yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan mengurangi resiko terhadap penyembuhan lebih lambat selama pengobatan luka terbuka. Kita hanya perlu menutup bagian luka dengan bahan penyerap seperti kain kassa yang steril atau kain yang bersih dan kering.

Cara buruk: Mengabaikan luka yang tidak sembuh

Kebanyakan perawatan luka terbuka untuk luka ringan mencapai tahap proliferasi dalam jangka waktu satu sampai tiga minggu, yang berarti luka secara aktif dapat disembuhkan jika ditangani melalui pembersihan berkala yang tepat dan cepat. Namun, luka yang tampaknya terus-menerus sulit di sembuhkan kemungkinan besar juga akan memiliki semacam komplikasi yang terkait dengan proses penyembuhan. Hal ini dapat mencakup:

  • inflamasi yang berlebihan, dapat menimbulkan pembengkakan yang mempengaruhi daerah sekitar luka
  • Infeksi, panas, bau, rasa sakit, dan gejala lainnya yang biasa menunjukkan infeksi
  • penyembuhan yang lama, perkembangan penyembuhan pada luka menjadi lambat selama pengobatan luka terbuka dapat berarti sejumlah masalah termasuk penyakit autoimun, kekurangan gizi, dll

Jika luka kita tidak dapat disembuhkan pada tingkat yang stabil, kemungkinan saja dapat menyebabkan infeksi  yang disebabkan oleh kondisi kesehatan lain.

Cara baik: Mengambil perawatan cepat

Penggunaan sejenis obat-obatan tidak sepenuhnya dapat menyembuhkan luka jika kita mempunyai lebih dari satu luka, untuk itu kita harus melakukan konsultasi dengan ahli medis agar kita mengetahui mengenai cara penyembuhan luka yang cepat dan tepatnya.

Jika kalian masih bingung dengan bagaimana cara menyembuhkan luka dengan cepat, baik itu luka dalam maupun luka luar bisa menggunakan pengobatan alami dan herbal dari QnC Jelly Gamat. Penyembuhan luka menggunakan obat herbal ini sangatlah cepat, termasuk membuat permukaan luka menjadi kering, menghilangkan material yang tersisa, membersihkan kotoran yang menempel dan masih banyak lagi fungsi kerja dari obat herbal ini. Obat herbal ini merupakan jelly yang terbuat dari bahan dasar Teripang Emas yang akan membantu kita dalam menangani masalah luka luar ataupun dalam.

Kita hanya perlu mengoleskan jelly tersebut ke bagian permukaan yang luka secara teratur, obat inipun berkhasiat untuk berbagai macam luka, dari mulai luka akibat terjatuh, luka diabetes basah ataupun luka bakar yang menyebabkan permukaan kulit kita menjadi berubah, perih dan basah. Sebenarnya penggunaan obat-obatan kimia hanya akan menekan gejalanya saja tanpa menyembuhkan secara keseluruhan luka tersebut, dan penggunaan perban juga kemungkinan besar dapat membantu permukaan luka menjadi lembab, tertetup dan suli untuk menjadi kering dengan cepat.

Ternyata air laut juga mempunyai sejuta manfaat yang salah satunya dapat menyembuhkan luka di permukaan kulit kita. Karena air laut ini mempunyai kandungan garam yang sangat tinggi sehingga cocok untuk digunakan sebagia penyembuhan luak yang akan membantu menghilangkan bakteri yang bersarang dibagian luka tersebut. Memang pada awal-awalnya, bagian luka ini sangat perih ketika di basuh dengan air garam namun itu hanya berlaku sementara saja, jika kita melakukannya secara rutin maka rasa perih pun akan dan luka pun menjadi dapat sembuh dengan cepat.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *