Beberapa Cara Untuk Menghilangkan Dahak Dari Tenggorokan

Dahak merupakan cairan lendir yang biasanya berada dibagian tenggorokan atau timbul ketika kita mempunyai masalah kesehatan seperti batuk dan flu. Di sini kita akan mengetahui bagaimana cara untuk mengeluarkan dahak secara alami dari tenggorokan dengan cepat dan juga ini hanya memerlukan banyak bahan-bahan alami saja, sehingga dengan mudah dapat ditemukan.

Lihat juga beberapa gejala dan penyebab sakit tenggorokan !

Campurkan madu dan lemon

Kondisi batuk kita akan menjadi semakin buruk ketika kita mencoba memaksa untuk mengeluarkan dahak, karena hal ini akan merusak lapisan tenggorokan dalam kita. Kita bisa menggunakan metode untuk menghilangkan dahak dengan cara menggabungkan madu dan lemon yang merupakan cara efektif dan aman. Kita bisa menggunakan lemon dan madu yang di dapat dibuat menjadi minuman dengan campuran air hangat, yang bertujuan untuk menghilangkan dahak dan juga meredakan iritasi tenggorokan.

Air

Agar tubuh terhindar dari infeksi yang terjadi pada tenggorokan kita harus membuat tubuh agar tetap terhidrasi. Karena dari keadaan tubuh yang terhidrasi tersebut akan membuat suatu peningkatan pada sistem kekebalan tubuh untuk membangun antibodi yang berfungsi untuk melawan serangan radikal bebas dari luar. Dan air merupakan suatu sistem yang dapat membuat tubuh agar tetap terhidrasi yang tentunya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Berkumur dengan air garam

Kita bisa menggunakan campuran cukup dengan sedikit garam saja, alasannya karena jika garam digunakan terlalu banyak dapat berpotensi menimbulkan efek pengeringan pada bagian belakang tenggorokan kita. Kita bisa menggunakan tiga sendok teh garam ke dalam gelas standar yang sudah terisi dengan air, lalu diaduk sampai rata dan kita bisa berkumur dengan air garam tersebut tanpa takut tertelan.

Meminum minuman hangat

Minuman panas ternyata memiliki efek untuk melonggarkan dahak dari bagian lapisan tenggorokan yang akan membantu menelan dahak ke dalam bagian perut yang mengalami asam lambung atau expectorating, dan juga dengan air hangat dapat membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan, karena dahak akan menjadi kental dan lepas dari lapisan tenggorokan dalam kita.

Mengkonsumsi makanan panas

Makanan panas seperti halnya minuman panas juga ternyata memiliki efek yang menenangkan pada tenggorokan serta melonggarkan dahak dibagian belakang tenggorokan.

Bernafas dengan menghirup uap

Kita bisa mengisi mangkuk besar dengan air panas dan menempatkan kepala kita tepat di atas mangkuk tersebut. Selain itu, cobalah untuk menempatkan handuk di atas kepala kita untuk memaksimalkan transfer uap dari mangkuk ke mulut dan lubang hidung kita, yang akan membantu melonggarkan dahak dalam tenggorokan agar bisa keluar.

Beristirahat dengan cukup

Aktivitas ini sangatlah dianjurkan dan memang sangat baik untuk mempertahankan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, yang akan memaksimalkan kinerja fungsi dari tubuh kita untuk melawan infeksi.

Berhenti merokok

Bahan kimia beracun dalam asap rokok akan bertindak sebagai radikal bebas yang dapat membuat dahak menjadi menumpuk dan mengental padat. Kita harus bisa menghentikan kebiasaan buruk tersebut, agar cara untuk mengeluarkan dahak pun menjadi sangat cepat dan sehat. Selain itu juga, dengan kita menghindari asap beracun juga akan membantu kita agar bisa mengeluarkan dahak yang mengental padat dalam tubuh keluar.

Lihat juga beberapa kerusakan sistem pernafasan akibat polusi !

Menyesuaikan posisi bantal yang digunakan

Tidur dengan posisi kepala agak ditinggikan merupakan cara yang baik untuk meringankan saluran hidung yang tersumbat. Dengan tidur seperti ini akan mencegah tersumbatnya bagian paru-paru kita yang dapat menyebabkan batuk yang mengganggu dan menyakitkan.

Elderberry hitam

Obat herbal ini sering digunakan untuk menenangkan dan menciutkan selaput lendir yang membengkak, meredakan hidung tersumbat dan sangat ampuh untuk melawan infeksi yang dapat menyebabkan bronkitis dan sinusitis. Penelitian mengenai elderberry juga telah terbukti bahwa buah ini memiliki kualitas anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi keparahan gejala flu pada orang yang sudah mengalami penyakit tersebut.

Akar manis

Akar manis sudah banyak terbukti dalam membantu proses untuk mengurangi kemacetan dengan melonggarkan lendir di saluran napas sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh, tidak hanya itu saja, ternyata akar manis juga sangat ampuh untuk melawan virus yang dapat menyebabkan kelebihan produksi lendir di tubuh kita.

Sari cuka apel

Menurut Pacific College of Oriental Medicine, sari sari apel (ACV) dapat membantu untuk memecah lendir di dalam tubuh dan mengurangi sinusitis serta gejala alergi kronis lainnya, karena sangat kaya akan kalium yang dapat membantu untuk menghilangkan hidung meler.

Sebenarnya produksi lendir secara berlebihan dalam tubuh tersebut merupakan cara respon dari tubuh kita untuk melawan infeksi dari luar penyebab penyakit. Untuk itu, kita harus mengetahui beberapa makanan yang dapat menyehatkan sistem pernafasan kita, agar tidak ada penyumbatan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *