Beberapa Hal Yang Seharusnya Tidak Kita Lakukan Selama Siklus Menstruasi

Sebenarnya banyak sekali hal-hal yang seringkali kita sepelekan ketika kita sebagai seorang perempuan mengabaikan hal kecil selama siklus menstruasi, yang justru dapat mempengaruhi lancar atau tidaknya darah haid tersebut, bahkan sampai mempengaruhi warna, bau, tekstur dan juga telat atau tidaknya menstruasi itu. Tidak hanya soal kondisi darah saja yang berubah yang bisa diakibatkan oleh kebiasaan buruk serta pola makan kita yang sembarangan, akan tetapi dari mulai kondisi air urin yang berubah juga dapat menunjukan kondisi kesehatan kita. Hal ini juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang terganggu atau adanya masalah pencernaan yang diakibatkan oleh kebiasaan buruk makan kita sehari-hari.

Siklus menstruasi telah berubah sepanjang sejarah umat manusia. Menurut statistik, rata-rata wanita di Amerika saat ini memiliki sekitar 450 siklus menstruasi sepamencukurnjang hidupnya, sedangkan dari beberapa jumlah wanita lainnya dari beberapa generasi yang lalu hanya memiliki 150 siklus menstruasi. Hasil dari berbagai penelitian yang sudah dilakukan secara ilmiah telah mengungkapkan adanya 9 Hal yang seharusnya tidak kita lakukan disaat kita (sebagai perempuan) dalam masa siklus menstruasi:

Hindari mencukur

Menurut Health.com tingkat estrogen dalam tubuh kita akan menurun drastis selama masa periode kita menstruasi. Dengan jumlah estrogen yang sangat rendah, maka hal ini akan membuat fisik kita menjadi lebih mudah sakit dan gampang nyeri, karena tubuh menjadi begitu sensitif.

Menghindari tontonan film sedih

Kita harus lebih sering untuk mengontrol emosi ketika dalam pasa periode, karena masa inilah yang membuat tubuh kita secara fisik maupun mental menjadi lebih sensitif. Kadar hormon akan berubah menjadi tidak seimbang dan sangat sulit untuk menyesuaikan selama masa periode, serta sulitnya otak atau pikiran kita untuk merespon kondisi tersebut. Seperti halnya dengan tontonan film yang menyedihkan, karena tontonan seperti ini dapat meningkatkan sensitivitas tubuh.

Tidak terlalu aktif secara fisik

Menurut Woman Health, kita harus meningkatkan aktivitas fisik selama beberapa sebelum akhirnya mengalami proses menstruasi. Karena aktivitas fisik ini bertujuan untuk membantu mencegah atau mengurangi kondisi seperti kram, kecemasan dan emosi disaat kita masuk kedalam siklus menstruasi tersebut.

Menghindari produk susu

Meskipun jenis makanan dan minuman mengandung kalsium sangatlah baik untuk masa periode menstruasi kita, namun beda lain halnya dengan susu yang tidak dianjurkan untuk meminumnya selama dalam masa siklus periode. Produk seperti susu, yogurt dan keju mengandung asam yang disebut asam arakidonat, asam inilah yang dapat menimbulkan rasa sakit dan kondisi kram dibagian bawah perut kita disaat menstruasi.

Lihat juga efek dari menahan buang air kecil!

Menghindari penggunaan pembalut seharian

Yang harus lebih-lebih kita perhatikan lagi yaitu mengenai penggunaan pembalut yang harus diganti secara teratur setiap 3 sampai 4 jam, walaupun merek produksi pembalut tersebut memberikan anjuran penggunaan pembalut tersebut selama 8 jam. Hal ini membatasi ketidaknyamanan dan mencegah perkembangan bakteri, yang menjadi penyebab bau tidak sedap dari bagian organ sensitif kita.

Menghindari makanan yang mengandung tinggi garam

Para ahli menyarankan kita untuk menghindari beberapa makanan yang mengandung tinggi natrium. Peningkatan jumlah asupan natrium dalam tubuh akan menyebabkan retensi cairan, menyebabkan kembung dan lebih mudah menderita kram perut.

Menghindari penggunaan sabun dan pembersih vagina

Vagina memiliki mekanisme menjaga dan membersihkan sendiri, sehingga tidak dianjurkan sama sekali ketika kita ingin membersihkan bagian sensitif tersebut menggunakan sabun dan produk lainnya. Kita bisa menggunakan sabun untuk bagian luar saja dan untuk bagian dalam vagina kita dapat menggunakan air hangat.

Tidak nafsunya mengkonsumsi makanan apapun

Selama proses menstruasi tubuh kita tentunya kehilangan banyak darah yang dikeluarkan, untuk itu dianjurkan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan teratur tanpa khawatir bertambahnya berat badan, karena ini bertujuan untuk memulihkan kembali energi tubuh kita.

Mengkonsumsi makanan cepat saji

Sudah banyak kita ketahui bahwasanya makanan cepat saji atau junkfood tersebut mengandung tinggi akan kandungan kalori dan lemak jahatnya, dan selama kita dalam proses menstruasi tubuh akan terasa lemas dan tidak bergairah maka membutuhkan asupan makanan yang dapat membangun energi tubuh kembali. Tidak sama halnya dengan makanan cepat saji ini yang dapat memperburuk kondisi tubuh kita.

Sebenarnya banyak sekali hal-hal yang seharusnya tidak kita lakukan selama dalam siklus menstruasi, seperti halnya dengan kebiasaan yang tidak selalu mengganti celana dalam secara teratur (efek tidak mengganti celana secara teratur) dan kebiasaan buruk lainnya yang justru mendatangkan kondisi buruk terhadap kenyamanan dan kesehatan organ sensitif kita tersebut.

Tahukah kalian, bahwasanya jenis makanan tertentu yang kita konsumsi dapat menyebabkan terhambat dan membekunya aliran darah menstruasi kita untuk keluar, sehingga menyebabkan tidak teraturnya keadaan waktu keluar dan habisnya proses menstruasi tersebut.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *