Beberapa Makanan Terbaik Untuk Mencegah Mabuk

Mungkin banyak sekali dari kita yang suka melakukan perjalanan seperti traveling keluar kota bahkan keluar negri tetapi masih ada masalah yang menyebabkan kita malas untuk melakukan kegiatan liburan semacam itu dikarenakan kita yang selalu mabuk ketika berkendara. Tetapi tenang saja, ternyata ada juga loh penelitian yang membuktikan bahwasanya ada beberapa makanan yang dapat mencegah kita mabuk saat berkendara.

Asparagus

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 dari Korea menyebutkan bahwa memakan asparagus sebelum kita bepergian ternyata dapat membantu mencegah atau meringankan kondisi mabuk. Para ilmuwan menemukan bahwa ekstrak yang diambil dari daun dan tunas asparagus dapat meningkatkan kadar enzim penting yang memecah alkohol dalam tubuh. Tentu saja hal ini dilakukan sebagai metode khusus yang dilakukan oleh orang dengan kondisi kesehatan yang aman, dan dosis yang digunakan untuk meengkonsumsi asparagus juga harus seimbang atau tidak boleh berlebihan. Dan ternyata asparagus juga menjadi kelompok makanan yang menyebabkan urin berbau, tapi tidak usah khawatir kita bisa mencegah kondisi tersebut tentunya dengan selalu meminum air putih yang cukup, agar makanan tersebut dapat larut dan diserap oleh tubuh melalui bantuan air putih tersebut.

Opuntia

Buah kaktus ini memiliki sumber tinggi anti-inflamasi yang dapat membantu mengimbangi kerusakan akibat minuman beralkohol. Para peneliti di Tulane University menemukan bahwa peminum yang menggunakan ekstrak kaktus pir lima jam sebelum minum ternyata hanya akan menderita gejala mabuk 50% lebih rendah dibandingkan dengan peminum yang tanpa memakan ekstrak kaktus pir.

Tidak meminum minuman beralkohol

Untuk mencegah terjadinya mabuk, kita harus lebih banyak meminum air putih yang cukup untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Kita harus menghindari minuman seperti brendi, sampanye, bourbon, konyak, wiski, anggur merah, dan tequila. Karena minuman beralkohol akan mencegah pelepasan vasopressin yaitu hormon yang memberikan sinyal ke ginjal untuk menghemat produksi air, sehingga tubuh pun akan lebih mudah untuk mengalami dehidrasi. Air putih ini sangat dibutuhkan untuk meredakan gejala atau kondisi mabuk, karena sangat berfungsi untuk membantu menggantikan garam dan kalium yang hilang saat mabuk terjadi. Perlu diingatya, kita harus bisa untuk mencegah dan menghindari minuman beralkohol tersebut, karena minuman beralkohol ini dapat merusak bagian-bagian terpenting dalam otak kita.

Minuman bervitamin

Minuman bermerek seperti gatorade telah lama menjadi obat mujarab untuk menyembuhkan mabuk, karena kandungan yang sangat kaya akan elektrolit yang akan menyeimbangkan kembali tubuh kita. Ini sangat aman dan cocok untuk digunakan sebagai cara untuk mencegah dan mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat mabuk, karena minuman seperti itu mengandung tinggi vitamin dan nutrisi untuk menyegarkan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita yang kuat.

Air kelapa

Air kelapa adalah cairan yang mengandung tinggi akan senyawa elektrolit yang menajdi pilihan baik untuk memulihkan kondisi tubuh yang lemah. Dalam beberapa penelitian pun sudah dilakukan mengenai khasiat dan kandungan dari air kelapa yang ternyata memang benar mengandung kadar elektrolit yang tingggi setara dengan Gatorade.

Telur

Telur tentunya menjadi makanan yang tinggi akan kandungan proteinnya yang berkhasiat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah yang juga dapat membantu memecah racun dalam tubuh. Telur sangat baik untuk menyehatkan dan menyegarkan kembali tubuh kita yang lemah akibat terkurasnya energi dalam tubuh setelah mengalami mabuk, yang karena telur juga mengandung vitamin B dan nutrisi tinggi lainnya.

Pisang

Kita bisa memakan pisang untuk membantu mengembalikan kadar kalium tubuh kita yang hilang dan untuk meningkatkan fungsi otot. Benar adanya loh, kalau pisang ini mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kita selain dapat mengatasi kondisi mabuk.

Madu

Madu sangat kaya akan kandungan antioksidan dan fruktosanya, yang akan membantu menghilangkan alkohol dengan cepat dari dalam tubuh kita.

Roti bakar

Dalam kondisi normal, jantung kita secara otomatis dapat menghasilkan lebih banyak glukosa dari karbohidrat yang tersimpan saat gula darah sedang rendah. Tapi ketika kita meminum minuman beralkohol, maka jantung kita akan berkerja lebih keras lagi untuk memetabolisme alkohol yang akhirnya tidak bisa mengontrol gula darah, yang membuat energi dalam tubuh kita menjadi lemah.

Tomat

Tomat organik mempunyai kemampuan dalam mengirimkan asupan vitamin dan mineral kedalam tubuh kita untuk menetralisirkan jumlah kadar alkohol dalam tubuh. Tomat juga sama halnya dengan madu yang mempunyai kandungan tinggi senyawa hidrat, yang berfungsi untuk menghilangkan kadar alkohol dalam tubuh kita.

Yang terpenting kita harus bisa memilih beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, hal inilah yang akan membantu tubuh kita terhindar dari masalah gangguan kesehatan yang tidak kita inginkan termasuk untuk mencegah kondisi mabuk yang berlebihan.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *