Beberapa Manfaat Meminum Air Hangat

Air merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan 80% komponen tubuh manusia ialah cairan dan juga ada anjuran yang mengharuskan kita untuk meminum minimal 8 gelas dalam sehari untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh.

Tentunya hal ini bukanlah tidak memiliki manfaat untuk tubuh kita, justru dengan minum air putih yang cukup memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita loh. Namun, apa yang kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwasanya air hangat juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan yang tidak bisa kita dapatkan dari air dingin. Berikut ini adalah beberapa manfaat minum air hangat:

Berat badan

Air hangat sangat bagus untuk menjaga metabolisme yang sehat dan sangat baik untuk menurunkan berat badan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan perasan lemon kedalam air hangat untuk di minum, karena air panas akan membantu tubuh untuk memecah jaringan adiposa (alias lemak tubuh) dalam tubuh kita.

Meredakan hidung yang tersumbat

Meminum air hangat adalah obat alami yang sangat baik untuk menangani pilek, batuk dan sakit tenggorokan, karena air hangat dapat melarutkan dan menghilangkan dahak dari saluran pernapasan kita. Dengan demikian, air hangat sangat membantu kita untuk menangani masalah sakit tenggorokan dan hidung yang tersumbat.

Kram menstruasi

Air hangat juga dapat membantu dalam mengurangi rasa nyeri kram saat menstruasi. Rasa hangat dari air tersebut memiliki efek yang dapat menenangkan bagian otot-otot di perut, yang akhirnya dapat membantu untuk menyembuhkan kram dan rasa nyeri pada perut.

Detoksifikasi tubuh

Air hangat juga dipercaya untuk mendetokksifikasi tubuh secara alami. Ketika kita minum air hangat, maka suhu tubuh kita akan mulai naik dan menghasilkan keringat. Hal inilah yang akan membantu tubuh kita untuk mengeluarkan dan membersihkan racun dari dalam tubuh kita.

Mencegah penuaan dini

Dengan meminum air hangat maka kita akan membantu tubuh untuk memperbaiki sel-sel kulit yang sudah rusak atau mati dan membuat peningkatan terhadap elastisitas kulit kita dari pengaruh radikal bebas yang berbahaya. Jadi air hangat juga akan membuat kulit menjadi bersih dan sehat.

Mencegah Jerawat

Selain untuk mencegah penuaan kulit, air hangat juga dapat membersihkan tubuh dan menghilangkan akar penyebab infeksi terkait jerawat tau pertumbuhan bakteri lainnya yang menjadi penyebab jerawat.

Kesehatan rambut

Minum air hangat juga sangat baik untuk membuat rambut menjadi sehat dan berkilau, karena akan memberikan sejumlah energi pada ujung saraf yang akan mengaktifkan bagian akar rambut. Hal ini bermanfaat untuk mendapatkan kembali vitalitas alami rambut dan menjaganya agar tetap sehat dan kuat.

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Mengaktifkan sel akar rambut dengan menambahkan manfaat pertumbuhan yang baik dan kuat, karena air hangat dapat memperkuat kulit akar yang akan mempercepat pertumbuhan rambut kita.

Mencegah ketombe

Air hangat akan membuat kulit kepala kita agar tetap terhidrasi dan untuk membantu memerangi kulit kepala kering dan untuk mencegah timbulnya ketombe.

Meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan sistem saraf

Manfaat lain yang sangat penting dari meminum air hangat adalah bahwasanya air hangat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah kita, yang menjadi sangat penting untuk kekuatan otot dan aktivitas fungsi saraf tubuh kita. Selain itu, menjaga sistem saraf agar tetap sehat dengan memecah timbunan lemak di bagian tubuh tertentu.

Pencernaan

Air panas sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan kita. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa meminum air dingin selama atau setelah makan dapat mengeraskan minyak yang terdapat dalam makanan yang kita konsumsi. Hal ini dapat menghasilkan penumpukan lemak pada dinding dalam usus, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker usus. Namun, jika kita mengganti segelas air dingin dengan air hangat, tentu saja kita dapat mencegah masalah seperti ini.

Gerakan usus

Air hangat juga dapat membantu untuk membuat gerakan usus kita semakin sehat dan terhindari dari rasa sakit. Dehidrasi dapat mengakibatkan masalah kronis dengan gejala seperti sembelit. Akan timbul penumpukan tinja didalam usus yang menyebabkan pergerakan usus menjadi lebih lambat. Dan inilah menjadin alasan kenapa kita dianjurkan untuk meminum segelas air hangat setiap pagi saat perut kosong.

Memang air merupakan hal yang sangat penting dan bermanfaat untuk kesehatan kita, tak ayal banyak sekali organ tubuh kita yang dipengaruhi oleh air, termasuk dari manfaat air hangat. Tetapi tidak hanya air hangat saja yang mempunyai manfaat, ternyata air dingin juga mempunyai beribu manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Bukan berarti kita bebas mengkonsumsi makanan apa saja karena adanya air putih yang dapat mendetoksifiksi racun dalam tubuh kita, tetap saja kita harus menjaga gaya hidup dan pola makan yang sehat dan seimbang.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *