Beberapa Metode Ini Akan Membantu Anda Menyembuhkan Penyakit Kudis Secara Alami

Kudis merupakan kondisi kulit yang menular dan sering terlihat pada kulit anak-anak dan pada kulit orang dewasa muda. Penyakit ini dapat menyebar dengan cepat di antara orang-orang yang memiliki kontak langsung dengan orang satu ke orang yang lainnya. Penyakit ini disebabkan oleh tungau, yang dikenal sebagai Sarcoptes scabiei, yang dapat bertahan hingga satu bulan di kulit manusia.

Kudis umumnya muncul pada bagian tubuh seperti bahu, bokong, di bawah payudara, telapak kaki, sekitar pinggang, antara jari-jari, pada lutut, di sekitar area genital, dekat siku dan di ketiak. Gejala umum dari kudis ini termasuk rasa sakit, gatal, ruam dan kemerahan di sekitar daerah yang terinfeksi. Tungau menyebar ke orang lain melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, berbagi barang pribadi milik orang yang terinfeksi dan kontak seksual dengan orang yang memiliki tungau tersebut. Pengobatan yang tepat sangatlah penting untuk mengurangi gejala yang terjadi. Kita dapat memulai perawatan di rumah dengan mencoba beberapa solusi alami sederhana yang menggunakan bahan-bahan yang sudah tersedia.

Cara paling sederhana untuk menenangkan gejala gatal dan gejala lainnya dari kudis yaitu dengan cara merendam daerah yang terkena dalam air dingin selama 10 menit, keringkan kulit kita dengan handuk bersih dan kemudian oleskan calamine lotion pada kulit yang sudah terinfeksi.

Nah berikut ini solusi alami yang dapat dilakukan di rumah untuk menyembuhkan penyakit kudis

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh mengandung senyawa yang disebut terpinen 4 ol yang dapat membantu untuk membunuh parasit yang menyebabkan kudis dan juga sebagain anti inflamasi, disinfektan, antiseptik, antiparasit, antibakteri, antijamur, sehingga dapat membantu untuk mengobati kudis. Untuk wanita hamil dan ibu menyusui harus menghindari penggunaan minyak pohon teh, karena dapat mengiritasi kulit yang sensitif.

Minyak neem

Minyak Neem adalah minyak nabati alami yang digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit termasuk kudis. Mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang membantu menghilangkan bakteri dan jamur yang terperangkap di kulit. Bau minyak nimba ini dapat mencegah reproduksi tungau.

Daun neem

Daun nimba juga dapat digunakan untuk menyembuhkan kudis karena sifat antibakteri dan antijamurnya. Daun nimba dapat membantu mengurangi rasa gatal dan dapat menghilangkan tungau hanya dalam beberapa hari.

Cayenne lada

Cabe rawit dapat membakar dan membunuh tungau, sehingga dengah ampuh bisa menghilangkan masalah kudis.

  • campurkan satu cangkir cabai rawit dalam air panas untuk mandi
  • rendam dalam air mandi sampai air menjadi dingin. Pastikan air tersebut tidak terkena mata kita, karena akan menyebabkan rasa sensari terbakar
  • bilas tubuh kita yang sudah terkena cabai rawit dengan air dingin

Kita bisa mengulagi kebiasaan ini jika di perlukan, akan tetapi harus di ingatkan tidak boleh dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai kulit sensitif.

Zinc

Zinc tidak dapat langsung mengobati kudis, tapi akan sangat membantu untuk mencegah wabah jamur dan melawan infeksi kulit sekunder.

  • menggiling dua atau tiga tablet seng sampai halus, lalu tambahkan sedikit air untuk membuat pasta. Anda juga dapat menambahkan sedikit kunyit untuk membuatnya lebih terasa efektif
  • oleskan pasta pada kulit yang terkena. Biarkan selama setidaknya setengah jam atau sampai mengering secara alami
  • bilas dengan air hangat
  • pada saat yang sama, makan lebih banyak makanan kaya zinc seperti biji bunga matahari, produk gandum, dedak gandum, kedelai, dan lain-lain

Kunyit

Kunyit merupakan ramuan ajaib yang dapat menyembuhkan banyak penyakit dengan sifat antiseptik dan anti inflamasinya yang dapat sangat meringankan gejala kudis.

Cuka putih

Sifat asam dari cuka putih dapat mengubah tingkat pH pada kulit. Telah ditemukan bahwa setiap perubahan dalam tingkat pH akan menyebabkan tungau mati.

  • campurkan cuka putih dan air dalam dengan jumlah yang sama
  • menggunakan bola kapas, lalu oleskan pada kulit yang terkena
  • biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat

Aloe vera

Aloe vera memiliki sifat antimikroba dan sifat obat alami yang dapat mempercepat proses penyembuhan pada penyakit kudis, gigitan serangga dan banyak kondisi kulit lainnya.

Minyak murni lavender

Minyak murni dari lavender sangat ampuh untuk regenerasi sel kulit dan membunuh parasit seperti tungau yang menyebabkan kudis.

  • tambahkan lima tetes minyak murni lavender untuk di campurkan dengan air mandi. Rendam tubuh kita dalam air mandi ini selama minimal 15 menit. Lakukan ini sekali sehari selama beberapa minggu
  • campur jumlah yang sama dari minyak lavender murni dan alkohol, lalu oleskan pada daerah yang terkena dan pijatlah dengan lembut sehingga menembus pada bagian dalam kulit. Ini akan membantu membunuh tungau dan telur mereka. Lakukan ini dua kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan

Obat pemutih

Obat pemutih kulit adalah obat lain yang sangat populer untuk penyakit kudis karena dapat membantu membunuh tungau. Seiring dengan metode-metode obat alami seperti ini, sangat penting juga kita untuk menghindari kontak dengan orang yang terinfeksi serta selalu menjaga kebersihan untuk mencegah pertumbuhan tungau.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *