Beberapa Penyebab Dan Jenis Kerusakan Gigi

Pertumbuhan gigi yang kuat tentunya sangatlah penting untuk kemampuan kita dalam mengunyah makanan yang kita konsumsi, untuk itu kita harus lebih pandai lagi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Selain menjaga kebersihan, kita juga harus bisa untuk menjaga asupan makanan, karena ada beberapa penyebab terbesar gigi sensitif yang pada akhirnya dapat membuat gigi kita menjadi rusak. Apa sih penyebab gigi kita menjadi lebih mudah retak dan patah, padahal gigi kita cenderung terlihat sehat dan kuat??. Tentunya ada beberapa kemungkinan seperti:

  • menggigit sesuatu yang keras
  • adanya pukulan dibagian wajah
  • terjatuh
  • kondisi rongga gigi yang sudah lemah
  • mempunyai tambalan amalgam tua yang tidak mendukung enamel sisa gigi

Patah tulang gigi kecil biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi jika kondisi gigi yang patah tersebut besar kemungkinan akan menimbulkan rasa sakit, dikarenakan saraf didalam gigi tersebut rusak. Ketidaknyamanan juga bisa terjadi ketika ujung saraf di dentin mulai terkena udara atau dari makanan panas dan dingin. Ditambah lagi kondisi ini akan lebih menyakitkan ketika dalam kondisi mengunyah, karena adanya tekanan terhadap gigi tersebut.

Belum adanya cara pengobatan sederhana yang bisa kita lakukan dirumah, tetap saja kita harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan dokter yang dapat menangani kondisi masalah gigi kita. Jika gigi kita terasa sakit sepanjang waktu, kemungkinan besar kondisi ini terjadi karena adanya saraf atau pembuluh darah yang rusak.

Jika kita memiliki gigi yang patah, maka dokter akan mengamati dan mencari tahu apakah kondisi tersebut disebabkan oleh kondisi rongga yang berlubang dan rusak atau tidak, karena kondisi ini juga yang menjadi ancaman bagi bagian saraf gigi kita. Kondisi saraf yang mulai rusak biasanya akan membutuhkan perawatan sampai akar gigi secara menyeluruh. Kita juga bisa melakukan perawatan awal sendiri dengan:

  • berkumur dengan air hangat.
  • menggunakan sepotong kain kasa yang diterapkan pada setiap daerah dibagian gigi yang mengalami pendarahan selama sekitar 10 menit atau sampai pendarahan berhenti atau dengan menggunakan kantong teh.
  • mengompres bagian pipi yang letaknya dengan gigi yang patah menggunakan air dingin, yang akan membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.
  • menggunakan beberapa jenis obat-obatan tertentu sebagai penahan rasa sakit sementara.

Ada beberapa jenis patah tulang gigi, yang tentunya masing-masing memerlukan perawatan yang berbeda, seperti:

Lihat juga arang dapat memutihkan gigi!

  • kondisi patah gigi yang berada di bagian atas saja biasanya hanya memerlukan istirahat yang biasanya mempengaruhi permukaan mengunyah dari gigi. Mereka biasanya tidak mempengaruhi bagian pulp dan tidak menyebabkan rasa sakit. Dokter gigi biasanya hanya akan memperbaiki bentuk gigi seperti semenjak kala.
  • keretakan gigi termasuk jenis fraktur ini melibatkan seluruh bagian gigi yang dapat mempengaruhi perubahan cara mengunyah kita. Keretakan tersebut secara bertahap akan menyebar. Biasanya orang akan menggunakan sebuah tambalan pada gigi tersebut untuk mengurangi kerusakan yang akan semakin membesar.
  • kondisi keretakan kecil pada gigi ini terjadi dibagian permukaan yang hanya mempengaruhi permukaan putih terluar gigi, yang disebut enamel, kondisi ini biasanya jarang membutuhkan pengobatan.
  • patah gigi yang serius, kondisi ini sangat mempengaruhi kondisi saraf. Mereka hampir selalu menimbulkan rasa sakit dan perasaan gigi yang sensitif. Biasanya, bagian yang rusak dari gigi akan berdarah. Kita akan membutuhkan perawatan terhadap saluran akar secara menyeluruh untuk menghilangkan saraf yang terkena untuk mengembalikan gigi ke fungsi yang normal sehingga kita dapat makan dan mengunyah dengan benar.
  • gigi yang terpisah, ini berarti bahwa gigi telah dibagi secara vertikal menjadi dua bagian terpisah. Beberapa gigi, seperti gigi belakang (molar), memiliki lebih dari satu akar. Pertama, kita hanya perlu perawatan saluran akar. Kedua, dokter gigi akan menghilangkan akar yang tidak dapat disimpan. Ketiga, kita hanya perlu mahkota untuk menutupi akar dan menggantinya dengan gigi yang baru. Dalam beberapa kasus, ketika akar tidak dapat disimpan, ternyata keberadaan gigi tersebut harus dihilangkan.
  • patahan yang terjadi secara biasanya di mulai dari bagian akar gigi yang kemudian meluas menuju bagian atas menuju permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah. kondisi ini akan lebih menyakitkan karena daerah sekitar akar bisa menjadi meradang atau terinfeksi.
  • kerusakan gigi yang parah, gigi yang mulai rusak atau hancur karena melamahnya bagian rongga dari dalam menuju ke luar. Dokter gigi akan memperbaiki rongga dan memberikan cara serta rekomendasi untuk memperbaiki gigi agar seperti semula. Dalam beberapa kasus, jika terjadi pembusukan yang sudah menyebar luas dan mulai merambat kebagian tulang, kemungkinan gigi harus dihilangkan.

Jika kita masih ragu dengan makanan yang kita konsumsi yang dapat merusak gigi, tenang saja ya, karena ada beberapa makanan yang dapat memutihkan gigi kita secara alami loh, jadi kita tidak perlu melakukan sebuah perawatan medis untuk memutihkan gigi.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *