Beberapa Penyebab Mati Rasa Pada Bagian Kiri Tubuh

Sebagian besar individu cenderung mengalami semacam mati rasa sementara di antara bagian tubuhnya, bahkan setiap kali disaat kaki atau lengan terjatuh saat tidur kita pun akan mengalami mati rasa kecil di satu bagian tubuh tertentu. Sayangnya ada juga kasus yang lebih berat di mana mati rasa dapat terjadi pada sisi kiri tubuh dan dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Mati rasa tersebut biasanya disebabkan oleh adanya kerusakan atau iritasi pada saraf dari tubuh. Ada banyak kondisi medis yang berbeda yang dapat mempengaruhi saraf perifer dan menyebabkan mati rasa. Setiap orang yang mengalami mati rasa berkepanjangan tentunya memiliki salah satu dari kondisi medis yang mendasari yang menjadi penyebab timbulnya kondisi tersebut. Untuk itu, ada baiknya jika kita melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi kondisi mati rasa tersebut.

Stroke

Setiap setengah dari otak manusia berfungsi untuk mengendalikan sisi berlawanan dari tubuh. Misalnya, otak kiri mengontrol bagian kanan tubuh dan begitupun sebaliknya dengan otak kanan yang mengontrol bagian kiri dari tubuh. Jika kondisi seperti stroke yang mempengaruhi sisi kiri tubuh, itu berarti bahwa stroke telah terjadi dibagian area komunikasi dari sisi kanan. Ini adalah penyebab yang paling umum dari kondisi mati rasa pada sisi kiri tubuh. Untuk itu, kita harus mengetahui beberapa cara ampuh pencegahan penyakit stroke, agar kita bisa terhindar dari kondisi yang dapat menimbulkan kondisi mati rasa pada tubuh kita tersebut.

Tumor otak

Tumor dalam otak di sisi kanan juga dapat menyebabkan mati rasa. Biasanya ini terjadi jika seorang individu menderita tumor otak, maka mati rasa akan perlahan-lahan berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan karena saraf menjadi lebih terbatas oleh adanya pertumbuhan tumor tersebut. Kita bisa kok menghindari masalah gangguan otak, asalkan kita bisa untuk mengubah gaya hidup kita dengan selalu memilih jenis makanan dan minuman yang tentunya sehat untuk pertumbuhan otak kita. Karena jenis minuman seperti alkohol tersebut dapat menyebabkan kerusakan beberapa bagian otak kita.

Kejang & migren

Kejang dan migrain adalah penyebab utama yang dapat menunjukan bahwa tubuh kita sedang mengalami kondisi kesehatan yang menurun. Seringkali bagi seorang individu hanya akan mengalami kondisi mati rasa dalam waktu 60 menit yang disebabkan oleh migrain yang intens atau kejang. Gejala biasanya tidak berlangsung lama tetapi gejala ini juga yang merupakan indikasi bahwa pengobatan medis harus memang benar-benar harus dilakukan.

Diabetes

Penyakit diabetes yang tidak diobati dengan cepat juga bisa menjadi penyebab lain dari timbulnya kondisi mati rasa. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan sistem saraf pusat jika tidak diobati jika sudah dalam jangka waktu yang lama. Hasil kerusakan memungkinkan si penderita diabetes untuk mengalami kondisi mati rasa. Menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal sangat penting untuk memerangi efek samping dari diabetes. Setiap individu yang menderita penyakit tersebut, ada baiknya untuk mencari perawatan medis terbaik untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagimana cara mengatasi kondisi tersebut untuk menghindari jenis efek samping yang kemungkinan dapat timbul dilain waktu.

Lihat juga cara mencegah diabetes secara alami dan ampuh!

Multiple Sclerosis

Penyakit kronis terkenal dari sistem kekebalan tubuh adalah multiple sclerosis. Bagi individu dengan kondisi ini medis, myelin, substansi yang melindungi saraf, diserang oleh sistem kekebalan tubuh mereka yang menyebabkan kerusakan saraf, sakit parah, dan mati rasa. Gejala untuk multiple sclerosis ini dapat sangat bervariasi dari pasien ke pasien dan tidak semua individu akan mengalami mati rasa secara bersamaan dengan rasa sakit yang mereka derita. Nah jika sistem kekebalan tubuh kita menurun, ada baiknya jika kita langsung mempunyai tindakan atau cara untuk meningkatkan kembali sistem kekebalan tubuh kita dengan cepat, agar tubuh kita pun menjadi kuat terhadap serangan radikal bebas yang sewaktu-waktu dapat menginfeksi tubuh kita. Kita bisa menggunakan buah kiwi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita kok.

Kita akan lebih paham lagi ketika kita ingin mengetahui apakah mati rasa di sisi kiri tubuh tersebut merupakan indikasi dari suatu kondisi medis yang lebih serius pada tubuh mereka serta juga dapat mengetahui setiap jenis kesemutan atau mati rasa yang tampaknya selalu terjadi berulang atau berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Penyebab yang biasa menjadi paling umum dari kondisi mati rasa adalah penyakit stroke, ada beberapa tanda-tanda terlebih dahulu yang sering muncul sebelum kondisi tersebut terjadi, seperti:

  • mati rasa di wajah, kaki atau dibagian lengan pada satu sisi tubuh
  • kebingungan, kurangnya pemahaman atau kesulitan berbicara
  • ketidakmampuan untuk melihat dengan kedua mata
  • kehilangan keseimbangan atau koordinasi, kesulitan berjalan atau berdiri
  • sakit kepala parah yang tidak hilang
  • penglihatan menjadi ganda, kelelahan ekstrim, muntah
Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *