Beberapa Penyebab Sering Kentut Dan Cara Mengatasinya

Bagi kebanyakan orang kentut merupakan hal yang sangat memalukan apalagi terjadi di tempat umum, karena selain bersuara kentut juga mengeluarkan bau yang tidak sedap. Namun, kalian mengetahui bahwa kentut tersebut merupakan gas beracun yang dikeluarkan oleh tubuh kita, jadinya kentut ini merupakan sesuatu yang menyehatkan. Lihat juga cara terbaik untuk menangani kondisi sembelit!

Menelan udara

Menelan udara berlebihan juga merupakan penyebab mengapa kita sering kentut, karena sekitar 50% dari gas yang berlebihan di perut kita tersebut disebabkan oleh menelan terlalu banyak udara.

Udara dapat tertelan dengan cara seperti ketika kita mengunyah permen karet, merokok, memiliki gigi palsu yang longgar, atau tidak mengunyah makanan secara perlahan dan menyeluruh. Kentut berlebihan juga dapat disebabkan oleh minum minuman panas dan minuman bersoda. Minuman ini dapat menyebabkan karbon dioksida yang berlebihan di perut, yang dapat menyebabkan berlebihannya bersendawa dan perut kembung.

Makanan dan minuman tertentu

Banyak makanan yang terdiri dari karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan diserap oleh usus. Beberapa dari karbohidrat yang dapat dicerna disebut sebagai karbohidrat unabsorbable, kemudian diturunkan ke dalam usus besar. Usus besar berisi lebih dari 500 jenis bakteri yang memecah karbohidrat dan menghasilkan gas yang dilepaskan sebagai kentut.

Hal ini membuat makanan tertentu menjadi salah satu penyebab berlebihannya gas dalam perut. Makanan tersebut seperti kacang-kacangan, kubis, bawang, prem, apel dan kubis. Penyebab lain dari perut kembung bisa disebabkan oleh pamanis yang dikenal sebagai sorbitol yang sangat umum ditemukan dalam permen karet bebas gula dan fruktosa, gula alami umumnya ditemukan dalam jus buah.

Kondisi kesehatan

Dalam banyak kasus, tentu saja ada beberapa penyebab lain dari timbulnya kondisi tersebut, seperti halnya:

  • sembelit
  • irritable bowel syndrome adalah penyakit umum sistem pencernaan yang mengarah ke kondisi kram perut, kembung dan diare dan sebagainya
  • penyakit celiac menyebabkan intoleransi terhadap gluten yang biasanya ditemukan dalam gandum
  • intoleransi laktosa adalah kondisi di mana tubuh tidak mampu untuk memecah laktosa dan menyerapnya ke dalam darah
  • gastroenteritis adalah infeksi lambung atau usus
  • malabsorpsi membuat usus tidak mampu menyerap nutrisi dengan baik

Kegelisahan

Kondisi ini terjadi karena kecemasan membuat seseorang menjadi terlalu waspada yang menyebabkan kita selalu memperhatikan kondisi tubuh secara berlebihan. Ketika dalam kondisi cemas, maka kita juga akan menelan lebih banyak udara, dan perasaan waspada kita menjadi lebih aktif karena meningkatnya kadar adrenalin. Lihat juga cara ampuh menangani kondisi kecemasan!

Persalinan

Setelah melahirkan, otot-otot di sekitar anus dan saraf kemungkinan menjadi rusak. Hal ini dapat menyebabkan masalah dengan kondisi kembung di perut. Sebuah studi di Swedia menyebutkan bahwa sampai dengan 25% wanita memiliki masalah ketegangan di perut kembung mereka sampai dalam jangka waktu 5 bulan setelah melahirkan.

Penuaan

Kondisi penuaan juga dapat menyebabkan kondisi penumpukan gas dalam perut menjadi lebih parah. Hal ini terjadi karena seiring bertambahnya usia, tubuh kita tidak bisa menghasilkan sejumlah besar air liur dan cairan pencernaan lainnya dengan mudah. Hal inilah yang menyebabkan lebih banyak kandungan karbohidrat yang tercerna dalam usus menjadi lebih rendah di mana mereka akan difermentasi oleh bakteri.

Merokok

Merokok dapat menyebabkan kita menelan udara lebih banyak dari biasanya. Gas atau udara yang kita hirup kemudian dapat terjebak dalam kerongkongan atau lambung. Jika ada terlalu banyak gas terkumpul di bagian usus, maka kondisi itulah yang menyebabkan kita menjadi bersendawa atau kentut lebih sering. Lihat juga cara terbaik untuk berhenti merokok!

Cara mengetasi kentut

  • menghindari gula

Gula dipecah dalam usus oleh bakteri yang berarti ada lebih banyak gas yang di produksi saat gula sudah mulai dicerna. Dengan mengurangi jumlah gula yang kita makan, yang meliputi fruktosa, laktosa dan sorbitol, kita akan dapat mengurangi gas yang tubuh kita produksi.

  • mengurangi karbonasi

Soda akan mengisi lebih banyak udara dibagian usus dari biasanya. Minuman bersoda itu juga akan menyebabkan perut menjadi kembuh, karena penuh dengan karbohidrat glisemik tinggi yang dapat sangat mempengaruhi sistem pencernaan.

  • mengurangi pati

Pati yang dicerna juga akan menyebabkan penumpukan gas di usus menjadi lebih banyak loh. Beras adalah makanan terbaik yang bisa kita konsumsi selain karena mudah dicerna dibandikan dengan gandum yang sangat sulit dicerna oleh usus.

  • gunakan probiotik

Probiotik adalah suplemen diet yang mengandung bakteri dan ragi sehat yang dapat digunakan untuk mengembalikan keseimbangan alami dari bakteri usus. Probiotik tidak hanya membantu memulihkan keseimbangan alam, tetapi juga menghilangkan gas, kondisi perut kembung dan gangguan pencernaan.

Jika kalian mempunyai masalah pencernaan seperti halnya perut kembung, sulit bersendawa, sembelit, sering bersendawa bahkan sering kentut atau yang lainnya yang bermasalah dengan sistem pencernaan, tidak usah khawatir lagi karena ada pengobatan yang menawarkan penyembuhan sistem pencernaan dengan cepat tanpa efek samping yang merugikan yaitu dengan PRO CLEANSING TEA. Obat ini merupakan teh sehat yang akan menyembuhkan permasalahan sistem pencernaan kita yang tentunya membuat tubuh kita menjadi tidak nyaman.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *