Beberapa Tips untuk Meningkatkan Nafsu Makan Dengan Pemenuhan Nutrisinya

Nafsu makan yang rendah dapat menjadi masalah frustasi bagi orang-orang yang kekurangan berat badan. Ini bisa sangat sulit untuk menjaga berat badan ketika kita tidak merasa lapar, makanan tidak enak, atau sulit untuk memasak menu makanan tertentu yang kita inginkan. Dengan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup setiap hari dapat membuat fungsi kerja tubuh kita akan semakin maksimal. Mengkonsumsi akan asupan cukup kalori, protein, lemak, vitamin dan mineral dapat membantu untuk menjaga otot-otot yang kuat dan sehat serta akan membuat otak kita bekerja pada tingkat yang lebih optimal. Berikut ini adalah sepuluh cara untuk meningkatkan nafsu makan dengan memastikan terpenuhinya asupan nutrisi :

Memilih makanan yang kaya akan nutrisi

Semakin sedikit kita memakan sesuatu, semakin padat juga kebutuhan nutrisi yang tubuh kita perlukan. Ini berarti seperti berfokus pada protein, lemak sehat, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran dengan membatasi jumlah asupan kalori seperti keripik, makanan yang melalui proses pemanggangan, minuman manis dan permen, karena makanan tersebut tidak menyediakan kandunagn nutrisi untuk tubuh kita.

Batasi minuman saat sedang makan

Hindari kebiasaan minum terlalu banyak sebelum makanan yang sedang kita makan belum habis. Selalu terfokus pada makanan pertama setelah menu makanan tersebut selesai kemudian barulah kita boleh meminum air, kopi, teh, dll. Tentunya kita ingin memastikan untuk mendapatkan semua kandungan nutrisi dari menu makanan kita terlebih dahulu bukan sebelum mengisi penuh perut kita dengan cairan yang kurang gizinya.

Menjaga kalori/protein makanan

Memiliki sejumlah menu makanan ringan untuk sehari-hari dapat membantu kita untuk lebih mudah mengatasi rasa lapar yang datang dengan tiba-tiba. Mencoba makanan yang tinggi kalori atau makanan ringan yang tinggi akan kandungan proteinnya seperti keripik pisang, kacang-kacangan, selai kacang pada biskuit, keju cottage, yoghurt, atau kerupuk kulit tertentu.

Menggunakan suplemen

Seperti resep obat lainnya, suplemen juga dapat mempengaruhi orang-orang dengan cara yang berbeda tergantung bagaimana reaksi yang di timbulkan oleh tubuhnya. Beberapa suplemen makanan tertentu dan penggunaan obat vitamin yang mudah kita dapatkan di toko obat-obatan tertentu telah terbukti dapat meningkatkan nafsu makan pada beberapa orang.

Obat antidepresan

Resep obat tertentu, terutama obat seperti anti-depresan ternyata bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. Tentu saja, semua orang dapat mengeluarkan reaksi terhadap obat yang berbeda, tapi secara umum obat anti-depresan telah dikaitkan dengan peningkatan nafsu makan. Tetapi kita harus memastikan dengan berkonsultasi ke dokter tentang semua efek samping dari penggunaan obat tersebut, sehingga kita lebih mengetahui persis bagaimana cara kerja dari obat anti-depresan ini.

Gunakan sayuran sebagai pembuka makanan

Beberapa sayuran diketahui mengandung bahan-bahan tertentu yang dapat memiliki kemampuan untuk memperlancar proses pencernaan, dengan demikian hal ini dapat membantu untuk meningkatkan nafsu makan. Misalnya, lobak mentah dicampur dengan dadih kecil merupakan makanan pembuka yang sangat kuat. Bawang putih mentah dan mentimun mentah juga memiliki sifat tinggi akan selera makan yang kuat. Mengkonsumsi secara teratur makanan pahit seperti bayam, kelabat dan labu pahit juga akan membantu untuk meningkatkan sekresi cairan pencernaan dan tentunya ini akan membantu meningkatkan nafsu makan. Tomat juga memiliki kemampuan untuk menangani gangguan pencernaan dan dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Tambahkan jus tomat ke menu makanan kita atau membuat sup dengan campuran tomat dan rempah-rempah lainnya akan membantu menambahkan selera makan kita.

Menggunakan rempah-rempah karminatif

Gas yang dihasilkan selama proses pencernaan dalam usus ini bertanggung jawab untuk kenaikan berat badan yang terjadi pada tubuh kita. Selain itu juga dapat mengganggu kemampuan usus untuk mencerna makanan yang masuk dan orang yang memproduksi gas yang berlebih dalam perut akan menderita kurang nafsu makan. Dalam kasus tersebut, hal ini sangat baik untuk meningkatkan konsumsi rempah-rempah tertentu yang memiliki sifat yang dapat menghilangkan gas, zat ini disebut sebagai karminatif dan mereka dapat melakukan pencernaan dengan baik. Beberapa tumbuhan karminatif ini termasuk adas, ketumbar, mint, lada hitam dan kayu manis. Peppermint adalah ramuan yang bekerja secara ajaib untuk meningkatkan nafsu makan.

Buah-buahan untuk meningkatkan nafsu makan

Buah-buahan tertentu yang dikenal untuk merangsang rasa lapar ini seperti anggur, apel dan berry hitam. Sebagian besar buah ini mengandung unsur yang membantu untuk meningkatkan proses pencernaan dan dengan demikian dapat juga untuk membantu meningkatkan nafsu makan. Seringkali, nafsu makan yang buruk merupakan hasil dari gaya hidup yang tidak sehat, karena terjadi akibat pengaruh buruk yang berdampak terhadap kesehatan tubuh kita. Orang-orang yang menjalani kehidupan tidak sehat seperti perokok berat cenderung memiliki masalah nafsu makan. Pada beberapa orang yang suka mengkonsumsi obat-obatan tertentu secara teratur dapat memungkin menjadi penyebab menurunnya nafsu makan.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *