Beginilah Waktu Tidur Yang Baik Untuk Tubuh Anda

Ketika kita kekurang waktu tidur terutama dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan beberapa gangguan pada tubuh kita seperti berubahnya suasana hati, energi, ketajaman mental, dan menurunnya kemampuan untuk menangani stres serta kesehatan yang semakin memburuk. Kualitas tidur kita juga langsung mempengaruhi kualitas hidup kita, termasuk produktivitas kita, keseimbangan emosional, kreativitas, vitalitas fisik, dan bahkan dengan perubahan pada berat badan. Tidur bukan berarti semua kerja organ terhenti akan tetapi hanya melakukan istirahat pada bagian tubuh yang lainnya sementara otak kita tetap sibuk dalam memproses sesuatu. Tanpa cukup jam tidur restoratif, tubuh kita tidak akan bisa mendukung proses bekerja, dan belajar karena terganggunya kualitas mental. Ketika kita mulai mendapatkan tidur baik yang kita butuhkan, energi dan fungsi tubuh kita pun akan naik. Berikut ini beberapa jadwal tidur yang baik untuk semua kalangan dari mulai bayi sampai orang yang sudah lanjut usia.

  • bayi baru lahir sampai umur 2 bulan, tidur dalam waktu 12-18 jam
  • 3 bulan sampai 1 tahun, tidur dalam waktu 14 – 15 jam
  • 1 sampai 3 tahun, tidur dalam waktu 12 – 14 jam
  • berusia 3 sampai 5, tahun tidur dalam waktu 11 – 13 jam
  • berusia 5 sampai 12, tahun tidur dalam waktu 10 – 11 jam
  • berusia 12 sampai 18, tahun tidur dalam waktu 8,5-10 jam
  • dewasa (18+), tidur dalam waktu 7,5-9 jam

Ada perbedaan besar antara jumlah tidur kita denga usia, karena ini di maksudkan untuk memperoleh hasil yang maksimal untuk proses fungsi kerja tubuh kita. Sementara kebutuhan tidur sedikit berbeda dari orang ke orang, orang dewasa yang paling sehat membutuhkan antara 7,5-9 jam tidur per malam untuk memperoleh kesehatan fungsi yang mereka butuhkan, yang berbeda dengan anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak. Dan meskipun banyaknya beberapa pendapat bahwa kebutuhan tidur kita akan berkurang dengan bertambahnya usia, tetapi orang tua masih perlu setidaknya 7,5 sampai 8 jam tidur, karena orang dewasa yang lebih tua sering mengalami kesulitan tidur panjang di malam hari. Walaupun mungkin tampak seperti tidak mempunyai sedikit untuk jadwal tidur, hal ini masih bisa di anggap tidak bermasalah bagi kebanyakan orang, justru ketika kita kurang tidur akan berdampak secara langsung terhadap tubuh kita. Kurang tidur memiliki berbagai efek negatif selain keabiasaan yang selalu mengantuk pada siang hari. Kurang tidur juga dapat mempengaruhi tubuh kita dengan menimbulkan beberapa reaksi seperti keadaan tubuh kita yang seperti orang mabuk, mata merah dan sayu, lemas dan tidak bergairah.

Berikut ini beberapa efek lainnya :

  • kelelahan, kelesuan, dan kurangnya motivasi
  • kemurungan dan mudah tersinggung
  • mengurangi kreativitas dan kemampuan dalam memecahkan masalah
  • ketidakmampuan untuk mengatasi stres
  • berkurangnya sistem kekebalan tubuh seperti gejala sering pilek dan mudah infeksi
  • masalah konsentrasi dan memori
  • berat badan
  • keterampilan motorik dan peningkatan risiko kecelakaan
  • kesulitan membuat keputusan
  • Peningkatan risiko diabetes, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya

Tips untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik

  • tidur dengan jadwal teratur setidaknya tujuh jam setengah setiap malam, pastikan untuk tidak merubah kebiasaan tersebut dengan selalu mengurangi waktu tidur
  • selalu menggantikan kembali waktu tidur yang sudah terpotong
  • membiasakan jadwal seperti pergi tidur dan waktu bangun tidur tanpa merubah kebiasaan tersebut dalam jangka waktu yang lama, selanjutnya kita dapat mengeetahui bagaimana perubahan yang terjadi dalam tubuh kita
  • selalu memprioritaskan jadwal tidur, sama seperti kita menjadwalkan waktu untuk bekerja dan aktivitas lainnya, kita juga harus menjadwalkan waktu yang cukup untuk tidur.

Dalam menangani kualitas tidur, tidur yang baik bukan berarti tidur malam dengan waktu yang lama, akan tetapi waktu tidur tersebut terasa cukup dan membuat segar kembali tubuh kita. Hal ini banyak orang yang mempunyai tidur yang lama pada malam hari dengan jadwal waktu bangun yang susah dilakukan atau kondisi yang memungkinkan kita untuk susah sekali terhadap waktu bangun pada saat jadwal waktu yang sudah di tentukan. Efek yang paling merusak tubuh dari kondisi tidur adalah kondisi tidur nyenyak tetapi tidak memadai atau tidak berkualitas. Tidur nyenyak adalah saat ketika tubuh dapat memperbaiki ketika tidur dengan membangun energi untuk hari selanjutnya. Hal ini sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan kita dengan merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel-sel pada jaringan tubuh seperti memperbaiki otot dan jaringannya serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Tidur nyenyak dengan kualitas yang baik merupakan suatu kondisi yang sangat berperan untuk memperbaiki serta menjaga kesehatan tubuh kita, merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel-sel jaringan pada bagian tubuh, memperbaiki otot dan jaringannya serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita yang akan membuat tubuh lebih berenergi dan segar. Selain itu tubuh pun akan tetap terjaga, jarang mengantuk serta dapat mendukung berbagai aktivitas yang akan kita lakukan. Karena itulah, tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *