Benar Gak Sih Wortel Itu Menyehatkan Mata Kita?

Sudah banyak kita ketahui bahwasanya jenis sayuran terbaik yang mempunyai kelebihan manfaat untuk kesehatan mata adalah wortel, karena kandungan vitamin A nya yang sangat tinggi sehingga akan membantu menjaga kesehatan mata kita dan jenis vitamin itu juga yang diperlukan untuk kesehatan mata kita. Meskipun benar bahwa wortel sangat baik untuk penglihatan kita, tetapi bukan berarti wortel tersebut dapat meningkatkan ketajaman penglihatan kita loh.

Wortel dan penglihatan

Sebenarnya wortel ini tidak dapat memperbaiki penglihatan kita, mereka hanya merupakan sumber terbaik dari kandungan nutrisi beta karoten, yang merupakan bentuk lain dari vitamin A. Kekurangan asupan jenis vitamin ini dapat menyebabkan masalah penglihatan loh yang akhirnya dapat menyebabkan kebutaan.

Ketika seseorang tidak cukup mengonsumsi asupan vitamin A dalam jangka waktu yang lama, maka akan membuat fotoreseptor dibagian mata kita menjadi rusak, yang kemudian akan mengganggu proses penglihatan kita. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A melalui makan-makanan yang sehat dan menggunakan suplemen herbal alami untuk mata, diharapkan akan membantu fungsi penglihatan kita kembali normal dan sehat.

Vitamin lain

Selain mengandung tinggi vitamin A, ternyata wortel juga mengandung banyak nutrisi lain yang juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata kita. Vitamin A, C dan E merupakan jenis nutrisi yang berperan sebagai pendukung untuk kesehatan mata untuk mengurangi resiko timbulnya penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak. Lihat juga kebiasaan yang menyebabkan mata menjadi iritasi!

Degenerasi makula adalah suatu kondisi di mana pusat retina yang disebut makula mulai rusak, yang kemudian akan menyebabkan penglihatan menjadi kabur atau titik buda dibagian tengah penglihatan. Katarak terjadi karena adanya kekeruhan dari lensa mata, yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur dan penampilan mata pun menjadi terlihat seperti berkabut.

Meningkatkan penglihatan

Sudah kita ketahui bahwasanya mata merupakan jenis indera tubuh yang sangat vital dan sensitif, sehingga kita sangat perlu sekali untuk merawat dan menjaga kesehatannya, nah kita juga dapat mengambil langkah-langkah untuk membantu menjaga agar penglihatan mata kita tetap sehat dan tetap tajam, yaitu termasuk dengan memilih jenis asupan makanan yang benar-benar mempunyai kandungan yang kaya akan gizi dan nutrisinya.

Tidak hanya wortel dan sayuran yang berwarna orange saja yang mempunyai kandungan tinggi vitamin A, sayuran hijau juga mempunyai kandungan penuh antioksidan yang disebut zeaxanthin, dan jenis buah jeruk yang penuh dengan kandungan vitamin C. Kedua kandungan zeaxanthin dan vitamin C inilah yang telah terbukti dapat memperlambat timbulnya kondisi degenerasi makula dan katarak. Telur juga dan almond juga sangat kaya akan kandungan zinc dan vitamin E nya, yang merupakan sejenis nutrisi yang dapat mencegah kondisi degenerasi makula.

Adakah bukti umum bahwa wortel ternyata baik untuk mata?

Vitamin yang ditemukan dalam sayuran ini dapat membantu meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Wortel mengandung sejenis nutrisi seperti beta karoten yaitu suatu zat yang akan diubah tubuh menjadi vitamin A, yang merupakan nutrisi paling penting untuk kesehatan mata.

Wortel kaya akan beta-karoten yaitu pigmen karotenoid yang ditemukan dalam banyak buah-buahan dan sayuran berwarna oranye. Beta-karoten merupakan prekursor penting untuk vitamin A. Kondisi tubuh yang mengalami kekurangan asupan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan. Bahkan, di negara berkembang, kekurangan vitamin A adalah penyebab utama kebutaan.

Kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan kondisi xerophthalmia yaitu suatu kondisi di mana mata tidak bisa lagi memproduksi air mata yang kemudian akan menyebabkan kondisi kekeringan pada bagian mata, kelopak mata dan ulkus kornea pun menjadi bengkak. Vitamin A dapat mencegah timbulnya penyakit katarak dan degenerasi makula yang merupakan penyebab utama dari kondisi parah kebutaan. Lihat juga makanan yang sehat untuk penglihatan kita!

Wortel bukan sayuran yang hanya mengandung nutrisi penting beta-karoten saja yang dapat membantu menjaga kesehatan mata kita. Tetapi ada sejenis makanan berwarna oranye lainnya yang mempunyai manfaat dan khasiat penting untuk mata kita karena kandungan tinggi dari nutrisi beta karotennya seperti ubi jalar, mangga, labu, aprikot dan melon. Nutrisi ini juga dapat ditemukan dalam produk olahan susu seperti halnya dengan keju serta kuning telur dan hati.

Beta karoten juga merupakan senyawa yang mengontrol jenis warna atau pigmen orange pada setiap buah-buahan dan sayuran. Selain beta karoten, wortel juga mengandung lutein dan antioksidan. Makanan yang mempunyai kandungan kaya lutein telah terbukti dapat meningkatkan kepadatan pigmen dalam kondisi seseorang yang menderita kondisi makula, yang menyebabkan timbulnya daerah kuning berbentuk oval di dekat retina mata. Semakin besar kepadatan pigmen dalam bagian mata yang menderita makula, maka akan lebih terlindungi juga bagian retina kita dan menurunkan risiko terhadap timbulnya kondisi degenerasi makula. Selain wortel, ada jenis sayuran lainnya yang mengandung lutein yaitu seperti bayam, kale dll.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *