Benarkan Anggur Dapat Meningkatkan Sistem Pencernaan?

Anggur adalah jenis buah yang masuk kedalam kelompok berry. Buah anggur memiliki senyawa tinggi dari phytochemical dan senyawa fenolik yang mempunyai kandungan antioksidan untuk mendukung kesehatan jantung, tetapi malah sebaliknya yang dapat menimbulkan dampak negatif terhadap sistem pencernaan tubuh kita. Penelitian saat ini menemukan bahwasanya ternyata buah anggur ini dapat membantu proses pencernaan yang sehat untuk orang yang menderita gangguan usus, tetapi juga ada beberapa kandungan dari buah anggur yang dapat memperburuk kondisi pencernaan kita.

Sembelit

Kandungan serat buah anggur sebagian besar terdiri dari serat yang tidak mudah larut dalam sistem pencernaan kita yang membuat serat tidak larut dan tetap utuh ketika bergerak melalui usus. Hal ini yang akan mendukung dalam pembentukan yang menghasilkan tinja yang sehat. Jika kita menderita sembelit biasa atau usus impaksi, dengan cara meningkatkan asupan makanan yang mengandung serat tidak larut alami dapat meringankan ketidaknyamanan pencernaan dan membantu kita untuk buang air besar lebih teratur.

Tekstur kotoran yang cair

Diare dan mencret ini biasa terjadi ketika tubuh kita gagal dalam menyerap nutrisi dan air dari makanan yang menyebabkan mereka masuk dengan cepat melalui saluran pencernaan. Anggur memiliki kandungan air yang tinggi yaitu sekitar 70 persen dari berat buah anggur. Mengkonsumsi buah anggur merupakan salah satu pilihan yang baik untuk menggantikan cairan yang hilang yang dikeluarkan melalui buang air besar tersebut.

Gas dan perut kembung

Orang yang tidak menderita gangguan usus saja dapat mengalami gangguan lain pada perutnya, seperti menumpuknya gas pada perut sehingga menyebabkan perut menjadi kembung. Penyebab lain dari ketidaknyamanan yang terjadi di perut yang berhubungan dengan anggur adalah terjadinya intoleransi fruktosa. Sebagian besar kalori dalam buah anggur berasal dari fruktosa gula buah alami. Sebagian perut seseorang tidak dapat dengan mudah menyerap atau mencerna fruktosa dengan baik, yang mengakibatkan penumpukan gas di seluruh perut dan usus. Membatasi asupan buah anggur dan makanan tinggi fruktosa lain seperti buah-buahan dan permen manis untuk mengurangi efek kembung dari kondisi intoleransi fruktosa.

Efek antimikroba

Penelitian yang sedang berlangsung mengenai efek dari senyawa antimikroba dari buah anggur ternyata telah membuktikan bahwa anggur dapat digunakan dalam pengobatan penyakit tertentu yang mempengaruhi sistem pencernaan. Sebuah studi pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam International Journal of Science Molecular mengenai potensi ekstrak anggur untuk menghambat pertumbuhan mikroba tertentu yang terkait dengan penyakit yang dapat ditularkan melalui makanan. Para peneliti menemukan bahwa senyawa ekstrak fenolik dari anggur ternyata mempunyai efek untuk menghambat berbagai macam pertumbuhan mikroba yang menjadi penyebab timbulnya penyakit termasuk salmonella dan E. coli.

Memerangi berbagai macam penyakit

Penelitian yang dilakukan di University of Missouri-Columbia menemukan bahwa jika kita mengkonsumsi anggur merah utuh ataupun olahan lain yang berbahan dasar anggur dapat menghambat pertumbuhan berbagai macam bakteri berbahaya tertentu yang bertanggung jawab terhadap timbulnya penyakit. Peneliti percaya bahwa senyawa resveratrol ataupun zat fitokimia yang ditemukan dalam kulit anggur merah ternyata dapat bertanggung jawab untuk mencegah pertumbuhan patogen berbahaya dalam sistem pencernaan kita.

Fruktosa intoleransi

Jenis fruktosa ternyata mempunyai sifat intoleransi yang menyebabkan malabsorpsi, yang dapat menyebabkan sakit perut, menumpuknya gas disaluran pencernaan, kembung atau diare. Intoleransi fruktosa dari jenis herediter, biasanya ditandai dengan berbagai gejala yang lebih serius, termasuk gejala muntah-muntah dan mual, tetapi kita bisa mencegah kondisi ini dengan selalu menghindari makanan-makanan yang mengandung fruktosa tinggi.

Rendah kalori dan tinggi nutrisi

Anggur adalah makanan ringan yang bergizi tinggi dan lezat yang banyak orang bisa dinikmati. Karena buah anggur mengandung tinggi akan serat yang menyebabkan buah ini menjadi berkhasiat dalam meningkatkan kesehatan sistem pencernaan tubuh kita.

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang terkandung dalam buah anggur, hanya saja kita lebih baik untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh kita. Buah ini sangatlah mudah untuk disukai banyak orang tidak hanya rasanya yang manis tetapi teksturnya juga ya tidak mudah rusak serta bentuknya yang kecil sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi. Sudah banyak diketahui oleh banyak orang tentang manfaat yang terkandung dalam buah anggur ini, maka dari itu banyak orang yang sudah membuat terobosan baru dengan mengolah berbagai macam olahan dari buah anggur seperti yang diolah menjadi minuman. Tetapi anggur yang diolah menjadi minuman sudah bnayak dicampur dengan alkohol sehingga minuman ini sudah tergolong ke dalam minuman keras.

Jangan khawatir, kita masih bisa mengkonsumsi buah anggu ini dalam bentuk olahan makanan lainnya seperti jus anggur dan kismis. Yang harus diingat adalah tentang batasan tertentu dalam mengkonsumsi buah anggur, karena buah anggur sendiri ternyata mempunyai efek samping yang negatif terhadap kesehatan tubuh kita.

 

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *