Berikut 7 Manfaat Tersenyum Dan Tertawa Bagi Kesehatan

Tersenyum dan tertawa ternyata memiliki efek positif untuk kesehatan tubuh kita. Kita sering enggan untuk melakukan kebiasaan baik seperti ini, karena tidak hanya sebagai perkataan biasa saja jikalau tersenyum merupakan ibadah, tetapi tersenyum dan tertawa pun dapat mengeluarkan efek yang baik bagi tubuh kita. Sebuah contoh yang baik dari kebiasaan ini adalah taman bermain anak-anak. Kita sering melihat anak-anak berlarian, terus tertawa dan tersenyum saat mereka menikmati kesenangan dalam setiap permainnya, sementara orang tua duduk di tepi sekitar.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tersenyum dan tertawa dapat memberikan sejumlah kontribusi terhadap sejumlah manfaat kesehatan. Selain meningkatkan kesehatan, ekspresi wajah yang sederhana dan perilaku manusia yang biasa dapat memiliki fek positif yang dapat mempengaruhi faktor-faktor lain di semua bidang kehidupan kita. Ketika kita tersenyum dan tertawa, sejumlah perubahan fisiologis terjadi pada tubuh kita, sebagian besar tanpa kita menyadari bahwa itu akan terjadi.

Berikut 7 manfaat tersenyum dan tertawa untuk kesehatan tubuh kita

Neurotransmitter (endorfin) yang dilepaskan ketika kita tersenyum

Ini dipicu oleh gerakan otot-otot di wajah kita, yang diartikan oleh otak kitaa, yang selanjutnya melepaskan zat kimia tersebut. Endorfin merupakan senyawa yang bertanggung jawab untuk membuat kita merasa bahagia dan mereka juga membantu menurunkan tingkat stres. Otak tidak bisa membedakan antara objek yang nyata atau palsu karena posisi otot-otot wajah mengartikannya dengan cara yang sama. Hal ini dikenal sebagai hipotesis umpan balik wajah, karena semakin kita merangsang otak kita untuk melepaskan bahan kimia, justru kita akan semakin sering merasa lebih bahagia dan santai.

Sponsored link : Brain Care Capsule (suplemen otak)

Endorfin membuat kita merasa lebih bahagia dan tidak stres

Mereka juga bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami tubuh. Untuk penderita sakit kronis, tertawa dan tersenyum dapat sangat efektif dalam merangsang rasa nyeri.

Pelepasan endorfin meningkat dan hormon stres kortisol berkurang

Kortisol lebih aktif ketika kita merasa stres atau cemas dan berkontribusi terhadap perasaan menyenangkan yang kita alami, dan dengan menurunnya hormon tersebut itu, kita dapat mengurangi perasaan negatif tersebut.

Tertawa memperluas paru-paru, meregangkan otot-otot dalam tubuh dan merangsang homeostasis

Ini bisa kita lakukan dengan latihan tubuh, pengisian sel dari lungful oksigen dan tubuh mendapatkan semua manfaat dari kegiatan berolahraga.

Tertawa menjadi cara yang efektif untuk melepaskan emosi

Tertawa dapat membantu kita untuk melepaskan emosi, terutama emosi-emosi yang mungkin dapat kita jumpai ketika kita sedang kesal terhadap seseorang. Semuanya tampak sedikit lebih baik setelah tertawa dan kehidupan pun dapat dilihat dari sisi perspektif yang lebih positif.

Tersenyum adalah ekspresi yang menarik orang dan membuat nyaman orang

Tersenyum membuat hidup kita lebih didekati oleh orang lain. Berinteraksi dengan orang lain lebih mudah dan lebih menyenangkan ketika tersenyum dan tertawa bersamaan dan perilaku ini lebih mudah menular tentunya dapat membuat orang lain merasa lebih baik juga. Dan efek yang lebih penting yaitu banyaknya kawan dari pada lawan yang dekat dengan kita hanya dengan melalui senyuman saja.

Tersenyum merupakan ekspresi wajah yang positif

Hal ini terutama berlaku untuk situasi yang penuh tantangan seperti sedang menjalani wawancara dalam pekerjaan, karena tersenyum. Pesona dari tubuh dapat menunjukkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk mengatasi dengan baik dalam situasi stres. Ini juga akan bermanfaat dalam karir pekerjaan kita, karena lebih mudah untuk membangun hubungan yang baik dengan rekan-rekan dan terlihat lebih menarik oleh atasan kita.

Seringlah tertawa dan tersenyum

Seperti yang disebutkan sebelumnya, otak kita tidak mengetahui perbedaan antara senyum palsu atau nyata dan dengan demikian kita lebih sering merasakan keadaan yang lebih baik ketika kita spontan untuk tertawa atau tersenyum.

Menonton film lucu, TV, dan pertunjukan teater atau komedi

Ini adalah cara yang baik untuk memancing beberapa selera humor instan ke dalam hidup kita. Dengan menghindari program negatif dan siaran berita, kita juga dapat menyeimbangkan untuk membuat tampilan kita lebih positif.

Menghabiskan waktu dengan teman-teman dan keluarga yang membuat kita merasa senang

Kita bisa melalui hari-hari dengan nyaman, bersenang-senang, dan tertawa bebas dengan teman-teman itu yang justru kan membuat hidup kita bertambah bahagia tanpa ada pikiran yang buruk yang akan menimbulkan stres.

Menemukan sesuatu untuk membuat tersenyum dan tertawa

Setelah kita mulai sadar ketika melihat semua hal-hal yang lucu dan menggembirakan, kita akan lebih sadar bahwa kesehatan pun bisa kita dapatkan hanya dengan tertawa lepas, karena pikiran kita pun akan menjadi lebih tenang tanpa memikirkan beban hidup yang sedang terjadi, tentunya akan memudahkan kita untuk lebih mengotrol kesehatan karena dengan tertawa kita bisa melakukan terapi terhadap diri sendiri di bandingkan dengan pengobatan kimia lainnya.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *