Berikut 9 Cara Untuk Melindungi Dan Merawat Telinga

Meningkatkan kesadaran akan gangguan pendengaran diperlukan, terkait pentingnya diagnosis sedari dini dan mengambil tindakan secara tepat untuk menemukan solusi terbaik terhadap masalah pendengaran yang Anda alami jauh lebih baik dari pada menunggu sampai kondisi tersebut semakin parah, karena di khawatirkan akan rusak secara permanen.

Gangguan pada salah satu bagian telinga dapat membuat pendengaran terganggu. Bila gangguan terjadi di telinga bagian dalam, dapat mengakibatkan gangguan pada keseimbangan. Infeksi pada telinga biasanya terjadi pada telinga bagian tengah. Infeksi telinga tengah terjadi ketika saluran Eustachius telinga menjadi tertutup atau bengkak akibat penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh flu, alergi, merokok, infeksi sinus, dan lendir yang berlebihan.

Berikut sembilan cara mudah untuk melindungi telinga dan menjaga pendengaran Anda

Gunakan penyumbat telinga ketika di area yang bersuara keras

Sekitar 15% orang Amerika memiliki gangguan pendengaran suara yang diinduksi karena pekerjaan atau lingkungan yang mengeluarkan suara keras. Klub, konser, mesin pemotong rumput, gergaji, dan suara keras lainnya yang memaksa Anda untuk berteriak sehingga orang di sebelah Anda dapat mendengar suara. Alat yang biasa di gunakan untuk menutup telinga oleh orang-orang yang selalu berada di lingkungan bersuara keras yaitu dengan earplugs.

Mengecilkan volume

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, 1,1 milyar remaja dan dewasa muda di seluruh dunia beresiko terhadap masalah gangguan telinga yang disebabkan gangguan dari perangkat audio. Jika Anda ingin menikmati musik melalui headphone atau speaker mini, Anda dapat mendengarkan dengan headphone dengan volume yang lebih dari 60% selama tidak lebih dari 60 menit sehari.

Berikan pemulihan waktu pada telinga

Jika Anda mendengar suara keras dalam jangka waktu lama, seperti di konser atau bar, telinga Anda perlu waktu untuk pemulihan dari hal seperti semacam ini. Para peneliti menyebutkan bahwa telinga kita membutuhkan rata-rata waktu 16 jam untuk situasi yang membuat telinga tenang untuk memulihkannya.

Berhenti menggunakan cotton buds

Telinga adalah organ yang dapat membersihkan diri sendiri dari cairan seperti lilin, debu dan partikel berbahaya lainnya yang dapat memasuki lubang telinga. Karena benda yang dapat masuk akan melukai orang dalam telinga yang sensitif dan dapat merusak gendang telinga. Anda dapat membersihkan sekitar lubang telinga dengan handung basah.

Minum obat yang sesuai dengan resep dokter

Obat-obat tertentu, seperti anti inflamasi non steroid (OAINS) seperti aspirin dan naproxen, kadang-kadang ini dapat berkontribusi untuk menyembuhkan gangguan pada pendengaran. Konsultasikan obat dengan dokter jika Anda khawatir bahwa ini akan mempengaruhi kemampuan pendengaran Anda.

Jaga kondisi telinga agar tetap kering

Kelembaban yang berlebihan memungkinkan bakteri untuk masuk dan menyerang saluran dalam telinga. Hal ini dapat menyebabkan telinga menjadi sarang kuman dan mudah untuk terinfeksi yang dapat membahayakan bagi pendengaran. Anda juga dapat memastikan bahwa telinga Anda tetap kering dan sehat dengan menggunakan penyumbat telinga yang dapat memblokir air untuk memasuki saluran telinga.

Banyak bergerak/berolahraga

Apakah Anda tahu bahwa olahraga baik untuk telinga Anda ? Itu benar. Latihan kardio seperti berjalan, berlari, atau bersepeda dapat memompa darah ke seluruh bagian tubuh Anda, termasuk telinga. Ini membantu bagian internal telinga agar tetap sehat dan bekerja maksimal. Pastikan ketika bersepeda, selalu memakai helm, karena jika Anda terjatuh dan membentur kepala Anda akan menyebabkan geger otak dan membahayakan pendengaran Anda.

Mengatasi tingkat stres

Stres dan kecemasan telah dikaitkan dengan adanya tinnitus (telinga berdenging) dalam jangka waktu lama ataupun sementara. Proses ini menempatkan banyak tekanan pada saraf Anda, aliran darah, panas tubuh, dan banyak lagi. Ini biasanya di karenakan berpikir di bawah tekanan dan dalam keadaan stres dapat mempengaruhi perasaan Anda dan berkontribusi menimbulkan gejala tinnitus.

Memeriksakan diri secara rutin

Gangguan pendengaran berkembang secara bertahap, itu juga dianjurkan bahwa Anda memiliki konsultasi tahunan dengan profesional kesehatan pendengaran. Dengan begitu, Anda akan lebih mungkin untuk mengenali tanda-tanda gangguan pendengaran dan mengambil tindakan segera setelah Anda mengetahui penyebabnya. Mengambil tindakan ini penting karena gangguan pendengaran yang tidak diobati akan mengganggu kualitas hidup dan masalah kesehatan lainnya seperti depresi, demensia, dan penyakit jantung.

Dari cara-cara melindungi serta merawat telinga di atas tersebut, memang lebih baik di lakukan dari mulai kebiasaan hidup kita yang harus bersih dan rajin membersihkan bagian-bagian tubuh yang kecil dan tersembunyi seperti telinga ini, di karenakan jika kita tidak melakukan perawatan dengan baik tentunya akan memudahkan penyakit dan bakteri dengan mudah menginfeksi bagian tubuh kita yang sulit kita jangkau. Terlebih, telinga merupakan alat indera untuk mendengar dan letaknya yang sulit di jangkau, karena di bagian dalam dengan lubang yang sempit.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *