Berikut Beberapa Pencegahan Untuk Menghindari Terjadinya Bau Mulut

Bau mulut atau halitosis biasanya terjadi pada semua orang di setiap waktu. Bau mulut ini  disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk mulut kering, makanan tinggi protein, gula, atau asam dan kebiasaan yang selalu merokok. Penyakit dan kerusakan pada gigi juga dapat menjadi faktor dalam yang menyebabkan bau mulut. Tentunya anda dapat mencegah bau mulut dengan melakukan kebiasaan untuk kesehatan mulut yang baik dan membuat perubahan dalam pola diet dan gaya hidup. Berikut Beberapa pencegahannya :

  • Coba gunakan baking soda. Menyikat gigi dengan baking soda seminggu sekali akan membantu menetralkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Gunakan sikat gigi biasa, dan taburkan pada bulu sikat kemudian sikat seperti biasa. Baking soda juga bisa digunakan sebagai obat kumur karena baking soda dapat menetralkan asam yang berada di punggung gigi, dan di bawah lidah anda.
  • Membersihkan bagian gigi dengan benang. Kegiatan ini di sebut dengan flossing yaitu menghilangkan plak dan bakteri yang tumbuh di bagian sela sela sempit di antara bagian gigi, Flossing juga dapat membersihkan bagian mulut dari partikel sisa makanan yang tertinggal. Jika ini dibiarkan berada di antara bagian sela sela gigi, tentunya mereka akan membusuk dan menjadi bau.
  • Sikat gigi Anda dengan benar. Menyikat gigi dengan benar adalah salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan dalam mencegah terjadinya melawan bau mulut. Sikatlah gigi setidaknya dua kali sehari, selama dua menit dan pastikan dengan bersih keseluruhan di bagian mulut. Gunakan sikat dengan bulu yang lembut dan di anjurkan untuk menggantinya dalam 3-4 bulan sekali. Kebiasaan baik lainnya yaitu dengan menggosok gigi sebelum makan atau 1 jam sesudah makan. Bagian dari mulut lainnya yaitu pada permukaan lidah karena di sana banyak sekali terdapat bakteri penyebab bau mulut sehingga di anjurkan untuk menyikat secara perlahan bagian permukaan lidah tersebut.
  • Membiasakan untuk melakukan check up. Pergi ke dokter adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan mulut anda, yang menjadi faktor utama dalam bau mulut. Seorang dokter gigi akan melakukan pembersihan menyeluruh dari gigi, gusi, dan mulut.
  • Gunakan permen karet bebas gula. Seperti air, permen karet bebas gula atau permen biasa dapat membantu mempercepat produksi air liur dalam mulut anda dan membantu menyiram bakteri jahat. Gusi yang mengandung Xylitol, pemanis bebas gula yang terbuat dari kulit pohon birch, dapat sangat berguna untuk mencegah bau mulut. Ini membantu mengurangi kerusakan gigi dan dapat membantu mengembalikan hilangnya enamel gigi dengan mengganti mineral untuk gigi.

Dari beberapa cara yang di lakukan untuk mencegah terjadinya bau mulut seperti yang sudah kita ketahui di atas, tentunya pola makan pun akan mempengaruhi keadaan mulut kita. Jadi seharusnya kita mengubah pola gaya hidup kita dengan beberapa makanan yang sehat bagi tubuh maupun bagi mulut.

  • Minum banyak air. Satu masalah yang dapat menyebabkan bau mulut adalah memiliki mulut kering. Hal ini juga akan membantu air liur yang akan membersihkan mulut dan menghilangkan zat bau penyebab bau mulut. Jangan menggunakan kopi, soda, atau alkohol untuk membersihkan mulut anda. Dehidrasi sering merupakan faktor dalam halitosis. Minum lebih banyak air untuk tetap terpenuhinya cairan tubuh kita juga akan membantu mencegah bau mulut.
  • Makan makanan tinggi serat. Tidak hanya makanan yang segar dan gurih saja untuk membersihkan gigi. Makanan ini dapat meningkatkan pencernaan dan membantu melepaskan racun tubuh.
  • Hindari makanan dan minuman yang manis. Jika anda membutuhkan camilan, ambil apel atau beberapa protein dari pada permen yang memiliki rasa manis terlalu tinggi.
  • Hindari minuman asam. Ini sangat buruk baik untuk napas atau untuk kesehatan gigi, minuman asam bisa melukai enamel pada gigi Anda.
  • Hindari kopi dan alkohol. Kedua minuman ini akan membuat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.
  • Hindari merokok atau tembakau. Meskipun ada banyak alasan untuk menghindari atau berhenti merokok. Merokok menyebabkan nafas perokok menjadi bau asap tembakau basi.
  • Makan makanan tinggi vitamin D. Vitamin D membantu untuk menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut. Vitamin D dapat dikonsumsi dalam bentuk makanan dan minuman yang diperkaya oleh Vitamin D.
  • Cobalah makan yogurt bebas gula sekali sehari. Yogurt dengan bakteri baik (probiotik) mencegah bau mulut dengan mengurangi kadar bau mulut yang menyebabkan senyawa sulfida.
  • Gunakan bumbu dan rempah-rempah. Mengunyah peterseli baku membantu membersihkan gigi dan mulut, dan dapat membantu mencegah bau mulut. Kapulaga, baik untuk membantu menjaga nafas tetap segar.
  • Mengunyah daun mint juga dapat membantu membersihkan napas Anda. Anda juga bisa minum teh yang dibuat oleh seduhan daun mint dalam air mendidih.
  • Minum teh hijau atau hitam. Teh mengandung polifenol yang membantu menghilangkan senyawa sulfur dan mengurangi bakteri mulut.
Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *