Berikut Ini 8 Manfaat Air Dingin Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Di tahun 2014 kemarin begitu buming sekali tantangan menyiramkan air es ke kepala atau yang kita kenal sebagai Ice Bucket Challenge yang di peruntukan untuk donasi sumbangan terhadap penyakit Sklerosis Lateral Amiotrofik (ALS), tetapi tidak sedikit juga orang yang menolak untuk melakukan tantangan ini, karena rasa dingin yang di siramkan ke kepala seseorang tersebut menjadi sebuah ketakutan tersendiri. Terlepas dari hal tersebut, kita belum mengetahui betapa bermanfaatnya air dingin untuk kecantikan dan kesehatan tubuh kita, nah berikut ini kita akan membahas tentang 8 Manfaat Air Dingin Untuk Kesehatan Tubuh Kita :

Air dingin dapat membakar kalori

Jika kita mandi dengan menggunakan air dingin, otomatis tubuh kita akan langsung bekerja untuk mendapatkan kembali ke temperatur tubuh yang normal, karena metabolisme kita bisa meningkat hingga 550% dari tingkat normalnya nya dalam proses pembakaran kalori. Minum air dingin diperkirakan akan memiliki efek yang sama terhadap tubuh.

Air dingin akan membuat kulit kita menjadi bersinar

Air panas dapat membuat kulit wajah kita menjadi mengelupas, berbeda dengan jika kita mencuci wajah kita dengan air dingin. Hal ini juga dapat membuat kulit pada wajah kita menjadi bersinar dengan cara membuat aliran darah di permukaan kulit menjadi lancar. Tetapi pendapat ini tidak begitu dapat kita sadari, karena hal ini tidak benar-benar dapat mengecilkan pori-pori pada kulit wajah kita, karena perubahan ini akan terjadi tergantung dengan gen tubuh kita sendiri.

Air dingin dapat menggugah tubuh kita

Air dingin dapat mengaktifkan bagian saraf sensor yang terletak di bagian bawah kulit kita, yang kemudian meningkatkan denyut jantung dan membuat lonjakan adrenalin untuk memberikan perasaan gelisah, tetapi bagus untuk mengubah perasaan hati.

Air dapat membuat perasaan bahagia

Ahli saraf dari Institute of Psychiatry di London, es krim telah terbukti secara ilmiah bisa membuat orang bahagia karena dapat merangsang korteks orbitofrontal dari otak. Tidak hanya dari produk konsumsi seperti es krim saja yang dapat membuat perasaan kita menjadi bahagia, tetapi hal lain seperti air dingin juga dapat membuat kita menjadi bahagia, kita bisa menggunakannya ketika akan mandi.

Air dingin dapat meredakan nyeri

Melonjaknya perasaan adrenalin di dalam tubuh kita tidak hanya akan membuat fungsi saraf kita bekerja dengan bagus, tetapi itu juga akan membuat kita merasa lebih terbebas dari rasa sakit, karena secara otomatis otak akan mengalihkan perasaan sakit yang kita rasakan.

Air dingin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Beberapa tahun yang lalu, sebuah penelitian di Jerman mengungkapkan, orang-orang yang mandi selama dua menit menggunakan air dingin akan lebih sedikit menderita filek dari pada mereka orang-orang yang selalu mandi menggunakan air hangat, mengapa ?, karena perasaan stres yang ringan dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi menurun dan mudah sekali terserang penyakit ringan seperti bersin-bersin ataupun demam.

Teori ini didukung oleh para ilmuwan dari negara Ceko yang menemukan bahwa mereka yang mandi menggunakan air dingin tiga kali seminggu ternyata dapat meningkatkan kandungan sel darah putih menjadi lebih banyak yang akan membuat orang tersebut terhindar dari berbagai serangan radikal bebas, sehingga tidak mudah sakit dari pada orang-orang yang selalu mandi menggunakan air hangat.

Air dingin dapat meningkatkan gairah seks kita

Menggunakan air dingin atau sesuatu yang dingin lainnya, seperti mandi menggunakan air dingin dapat membuat gairah seks kita lebih meningkat dan membuat perasaan saat berhubungan intim menjadi lebih nyaman. Karena berada di suhu yang dingin atau selalu mandi mengunakan air dingin diperkirakan dapat meningkatkan kadar hormon seks yaitu testosteron dan estrogen.

Mandi menggunakan air dingin memanglah sangat banyak di takuti oleh banyak orang terutama orang dengan alergi yang berlebihan terhadap rasa dingin, karena banyak orang menderita alergi terhadap hawa dingin seperti seseorang akan bersin-bersin atau flu ketika orang tersebut berada di dalam ruangan atau suhu yang dingin. Selain itu orang yang menderita penyakit tertentu yang dalam masa pemulihan ketika mandi menggunakan air dingin secara langsung, otomatis dia akan kembali menderita penyakit tersebut, karena urat saraf dan organ tubuh lainnya akan melonjak dengan kaget yang di akibatkan sentuhan rasa dingin ke tubuh kita secara tiba-tiba.

Di luar hal tersebut, banyak sekali manfaat dari air dingin yang tentunya akan membuat sel-sel saraf dalam tubuh kita agar tetap terjaga dan tergugah selalu, seperti halnya saat kita pulang kerja dengan perasaan lelah, letih dan badan berkeringat serta akan membuat badan kita menjadi lemas, kita seharusnya mandi langsung menggunakan air dingin yang akan membuat tubuh kita menjadi segar kembali dan terbebas dari rasa lelah.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *