Berikut Ini 9 Cara Metode Untuk Menyingkirkan Ketombe Secara Alami

Ketombe adalah kelainan kulit yang mempengaruhi 50 persen dari populasi orang di dunia dan terkait dengan ploliferasi ragi lipofilik dari genus MalasseziaAmerican Osteopathic College of Dermatology mengatakan bahwa ketombe adalah kelainan yang berlebihan pada serpihan kulit mati yang berasal dari kulit kepala, yang menyebabkan rasa gatal.

Gejala & Penyebab Ketombe

Kulit kering

Penyebab paling populer ketombe yaitu keringnya kulit kepala. Biasanya, akan ada gejala dan tanda-tanda kulit yang kering pada bagian lain dari tubuh, seperti kaki dan tangan.

Kulit berminyak (seborrheic dermatitis)

Percaya atau tidak, kulit yang berminyak merupakan salah satu penyebab munculnya ketombe. Hal ini ditandai dengan adanya warna merah pada kulit, ditutupi dengan sisik putih atau bersisik kuning. Ini di sebut sebagai dermatitis seboroik, hal ini juga dapat mempengaruhi kulit kepala kita dan daerah lainnya yang kaya kelenjar minyak seperti alis, sisi hidung dan belakang telinga.

Kondisi kulit

Seseorang yang menderita penyakit eksim dan psoriasis sering diketahui memiliki sejumlah masalah ketombe juga, karena kedua kondisi ini memiliki karakteristik yang di sebabkan oleh kulit kering, sering kali dalam keadaan sudah parah dan sangat menyiksa.

Ragi/jamur (Malassezia)

Malassezia berada di bagian kulit kepala yang kebanyakan ada pada orang dewasa dan juga menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Iritasi ini bisa menyebabkan sel-sel kulit yang rusak akan dengan mudah cepat menyebar dan saat itu pulan sel-sel kulit yang mati mulai berjatuhan, menghasilkan kulit berwarna putih mengelupas dari kulit kepala.

Produk perawatan rambut

Karena sebagian besar produk perawatan rambut mengandung berbahan kimia, hal ini dapat menyebabkan kulit kepala kita menjadi merah, gatal dan bersisik. Keramas terlalu sering dengan menggunakan terlalu banyak produk styling juga dapat mengiritasi kulit kepala kita dan juga dapat menyebabkan ketombe.

Berikut ini beberapa metode alami untuk menyingkirkan ketombe

Minum Air

Seringkali kurangnya asupan air yang cukup dalam tubuh kita dapat menyebabkan kulit yang kering dan ini adalah salah satu dari banyak alasan mengapa ini sangat di anjurkan dalam mengkonsumsi air putih yang cukup. Hal ini sangat penting dalam mengkonsumsi banyak air minum setiap hari untuk membantu kesehatan kita secara keseluruhan dan untuk mencegah kekeringan pada kulit serta kulit kepala.

Minyak Kelapa

Karena minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah, termasuk asam laurat dan asam kaprat karena memiliki antivirus yang kuat, antimikroba dan antijamur.

Minyak Atsiri

Ada minyak esensial yang benar-benar dapat membuat perubahan pada kulit kepala, karena beberapa minyak ini mengandung antivirus, antibakteri dan antijamur, seperti minyak kelapa, minyak ini dapat mengurangi peradangan dan mengobati infeksi pada kulit.

Aloe Vera

Lidah buaya kaya akan manfaat yang telah dikenal untuk menenangkan/mendinginkan dan membantu menyembuhkan kulit yang teriritasi. New York dermatologist Michele Green, MD, mencatat bahwa dalam sebuah penelitian kecil, kulit yang gatal dan bersisik pada orang penderita dermatitis seboroik merupakan kondisi kulit yang lebih parah yang dapat menghasilkan ketombe.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat sangat berguna karena dapat menghilangkan serpihan ketombe untuk sementara. Hanya sedikit zaitun organik mentah atau minyak kelapa untuk kulit yang bersisik pada kulit kepala. Biarkan olesan minyak zaitun tersebut selama sekitar satu jam, kemudian gunakan sisir atau sikat untuk mengeluarkan sisik-sisik tersebut.

Bersantai

Keadaan kulit yang rusak sering disebabkan oleh tingkat depresi, kecemasan dan stres yang kita alami. Cobalah untuk memperhatikan perubahan yang terjadi pada kulit kita, cobalah untuk menghindari perasaan ini dengan selalu mengotrol diri dari masalah-masalah yang membuat beban pikiran kita menjadi stres.

Omega 3

Tambahkan makanan omega 3 ke dalam makanan diet kita seperti dari ikan salmon yang masih segar atau dari biji chia. Omega 3 dapat membantu memberikan hidrasi yang sangat dibutuhkan untuk kulit kita dari dalam. Oleh karena itu, mereka dapat mengurangi pembentukan ketombe.

Cuka dari sari apel

Tidak mengherankan lagi bahwa penggunaan cuka sari apel (ACV) dapat di gunakan untuk membunuh jamur yang menyebabkan ketombe. Hal ini diketahui untuk membantu secara cepat dari kulit yang gatal-gatal dan menjadi jawaban kita terkait bagaimana cara untuk menyingkirkan ketombe dengan hanya beberapa metode cepat.

Probiotik

Hal ini sangatlah umum bahwa apa yang kita makan bisa menjadi bagian dari timbulnya beberapa masalah kesehatan. Contohnya prebiotik yang dapat sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi ketombe dan juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan serta memberikan bakteri baik untuk usus kita.

Selain dari metode-metode di atas tersebut, alangkah baiknya jika kita menjaga kebersihan terlebih dahulu untuk mengurangi dampak timbulnya masalah ketombe yang akan membuat tidak nyamannya kulit kepala kita.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *