Berikut Ini Bagian Kerusakan Otak Oleh Minuman Beralkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol seperti bir secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama dapat merusak otak kita. Penggunaan minuman beralkohol dalam jangka pendek tidak hanya dapat mempengaruhi hubungan pribadi kita dengan pekerjaan saja, tetapi akan mengganggu kesehatan tubuh kita juga, termasuk bagian otak kita. Minuman seperti ini dapat mempengaruhi semua kalangan usia dan jenis kelamin. Tidak hanya minuman dan makanan saja yang berpengaruh terhadap otak, tetapi suara musik juga mempunyai pengaruh terhadap otak manusia.

Anak-anak dan remaja

Mayoritas terjadinya perkembangan otak itu pada masa kanak-kanak dan masa remaja yang menjalani proses perubahan paling sensasional. Setiap gangguan perkembangan pada otak selama masa pertumbuhan ini dapat mempertahankan efek secara kognitif dalam jangka panjang. Menurut American Medical Association, remaja yang rutin mengkonsumsi minuman beralkohol memiliki kemungkinan akan menderita kerusakan otak.

Dengan menimbulkan beberapa gejala seperti rendahnya fungsi memori yang menyebabkan berkurangnya konsentrasi, gangguan mood dan gangguan proses penyimpanan memori dalam otak serta menurunnya fungsi kerja dalam mengambil informasi oleh otak. Peneliti melihat scan otak pada remaja yang kecanduan alkohol, menemukan penurunan 10 persen dalam ukuran bagian otak dari hippocampus, wilayah otak yang memproses informasi, termasuk bagian korteks prefrontal yang mengalami perubahan.

Dewasa

Toksisitas dari alkohol masih dapat membahayakan bagian otak orang dewasa juga loh. Menurut Defeat Diabetes Foundation sudah membandingkan enam jaringan dari tubuh laki-laki dewasa pecandu alkohol kronis dengan enam jaringan tubuh laki-laki dewasa nonalkohol, dan menemukan bahwa laki-laki alkohol kronis memiliki kondisi resistensi terhadap insulin.

Jaringan tubuh dari alkohol kronis memiliki gen molekul yang sedikit dalam tugasnya untuk mengenali kadar insulin dan hormon yang terlibat dalam pengoperasian fungsi tubuh kita dan faktor pertumbuhan seperti insulin yang memainkan peranan penting dalam perkembangan dan fungsi otak. Studi ini menunjukkan hubungan antara resistensi insulin dan penurunan neurotransmitter. Neurotransmiter memainkan peranan penting dalam fungsi memori otak kita, karena ini merupakan bahan kimia yang bertanggung jawab untuk mentransmisi sinyal dari satu sel otak ke sel otak lainnya.

Gangguan janin

Wanita hamil yang gemar mengkonsumsi minuman beralkohol dapat mengirimkan senyawa kimia yang terdapat dalam minuman tersebut ke janin bayinya yang belum lahir. Karena tubuh anak yang belum lahir masih sangat rentan apalagi bagian otaknya, dengan minuman alkohol ini dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang akan menghancurkan janin bayi tersebut. Gangguan ini termasuk terjadi pada otak dengan gejala koordinasi yang buruk, hiperaktif, kesulitan perhatian, gangguan belajar, tertundanya kemampuan berbicara dan perkembangan bahasa, sulitnya penalaran dalam otak dan menurunya keterampilan penilaian serta terganggunya penglihatan atau adanya masalah pendengaran.

Bagian otak yang terkena alkohol

Efek sementara

Bahkan hanya dalam dosis kecil saja alkohol bisa menghambat kemampuan bagian-bagian tertentu dari otak untuk berfungsi. Efeknya yaitu termasuk bagian-bagian yang mengontrol kemampuan kognitif, seperti perhatian, penilaian, memori, dan koordinasi. Bagian fungsi keterampilan ini dimungkinkan oleh bagian dari otak depan. Otak adalah bagian paling bertanggung jawab untuk kemampuan dan fungsinya dalam berpikir. Selanjutnya, alkohol juga dapat mempengaruhi bagian otak lain yaitu hippocampus yang bertanggung jawab untuk mengingat memori dalam jangka panjang.

Efek jangka panjang

Otak kecil merupakan daerah yang sensitif terhadap minuman beralkohol dan dapat mengakibatkan kerusakan permanen jika mengkonsumsi alkohol tersebut dalam jumlah besar. Cerebellum adalah bagian dari otak belakang yang mengontrol fungsi tubuh vital seperti pernapasan dan detak jantung. Sampai 80 persen dari pecandu alkohol memiliki kekurangan tiamin, yang sangat penting untuk fungsi kerja otak kecil ini. Kekurangan tiamin dapat menyebabkan Wernicke-Korsakoff Sindrom (WKS), yang ditandai dengan koordinasi sulit di otot, kebingungan mental dan adanya suatu penyimpangan pada fungsi memori.

Generasi sel saraf

Otak terdiri dari sel-sel saraf yang mempunyai fungsi untuk mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh. Kebanyakan sel-sel saraf yang dihasilkan ketika seseorang telah tumbuh dan berkembang dari proses embrio. Namun, sel-sel saraf baru dapat diproduksi dalam otak dengan proses yang disebut neurogenesis. Studi tentang pengaruh alkohol pada hewan juga telah menunjukkan bahwa alkohol tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel saraf yang baru. Dengan demikian, kemampuan otak untuk memperbaiki dirinya sendiri dihentikan oleh efek dari alkohol. Efek menghambat alkohol pada generasi sel saraf dapat menjelaskan bagaimana janin sangat rentan pada masa pertumbuhannya.

Untuk itu, kita harus lebih berani untuk menghindari minuman dan makanan penyebab rusaknya otak. Otak sangat berfungsi sekali terhadap berbagai respon dan kondisi yang dirasakan oleh tubuh kita termasuk juga adanya bagian otak yang terlibat dalam pendengaran dan memori, ini merupakan tugas otak untuk merespon suara dan mempertahankan daya ingatnya dalam fungsi otak sebagai memori.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *