Berikut Ini Bagian Otak Yang Terlibat Dalam Pendengaran Dan Memori

Ketika seseorang mendengarkan musik atau mendengar seseorang berbicara, otak akan memproses apa yang telah didengarnya. Suara terlebih dahulu harus diubah melalui getaran di telinga tengah dan kemudian di impuls melalui listrik menuju telinga bagian dalam. Impuls listrik kemudian diteruskan kebagian yang berbeda di otak untuk diproses.

Memori adalah fungsi kompleks yang melibatkan beberapa jalan yang dimulai dengan memasukan stimulus ke otak dan berakhir dengan pengambilan memori independen. Memori manusia terdiri dari tiga tahap dasar yaitu memori sensorik, di mana informasi berasal dari sentuhan, visual atau aural yaitu memori jangka pendek dan memori jangka panjang.

Berikut ini ada beberapa bagian otak yang terlibat dalam pendengaran

Saraf akustik

Saraf akustik juga dikenal sebagai saraf koklea yang bertindak sebagai jaringan sel yang sibuk yang berfungsi untuk mentransmisi data listrik dari telinga bagian dalam menuju batang otak, di mana sinyal ini diteruskan ke bagian lain dari otak. Saraf akustik juga mengirimkan informasi dari batang otak kembali ke telinga bagian dalam. Kondisi ini akan membantu menyaring kebisingan dan melindungi telinga bagian dalam dari kerusakan akibat suara keras. Selain itu ternyata suara musik juga mempunyai efek yang akan berpengaruh terhadap otak kita.

Pangkal koklea

Tempat menumpuknya penyampaian suara dari telinga bagian dalam ke otak adalah inti koklea, yang terletak di batang otak. Ada satu pangkal koklea untuk setiap telinga. Inti koklea akan mengambil bundel sinyal listrik dari saraf akustik dan memisahkan mereka satu sama lain. Ini akan mengatur sinyal berdasarkan nada suara dan mengirimkan informasi ke bagian lain dari otak untuk diproses. Hal ini juga akan mengirimkan informasi umpan balik ke telinga bagian dalam.

Cortex auditory

Pendengaran korteks terletak di lobus temporal otak yang terletak di atas telinga yang akan memberikan hasil terhadap sejumlah besar informasi yang sudah dikirim oleh telinga bagian dalam dan inti koklea. Ini adalah pusat bahasa otak dan perannya adalah untuk memproses suara sehingga mereka bisa mengerti. Misalnya, korteks pendengaran akan membantu seseorang untuk mengidentifikasi dan mengenali suara tertentu seperti suara orang, suara anjing atau alat musik tertentu. Hal ini juga dapat bertanggung jawab untuk menentukan dari mana suara itu berasal dan seberapa keras suara tersebut terdengar.

Cortex prefrontal

Area otak yang disebut sebagai korteks prefrontal memiliki peran fungsi yang rumit dalam memproses apa yang kita dengar. Menerima informasi dari korteks pendengaran serta bagian lain di otak dan menempatkan semua informasi ini dalam satu waktu bersamaan. Misalnya, selama percakapan, tidak hanya korteks prefrontal saja yang menerima informasi dari apa saja yang sudah didengar, tetapi juga dapat memproses ekspresi wajah orang lain bersama dengan cerita masalalu dan emosi yang berhubungan dengan pembicaraan.

Berikut ini ada beberapa bagian otak yang terlibat dalam memori

Cortex prefrontal

Korteks prefrontal yang merupakan bagian dari lobus frontal otak yaitu daerah yang bertanggung jawab untuk memori jangka pendek. The Canadian Institutes of Health Research menyatakan bahwa korteks prefrontal pada otak manusia sangat mudah berkembang, sehingga mempunyai fungsi yang rumit untuk manipulasi memori. Korteks prefrontal disebut sebagai “koordinator” dalam mengatur memori jangka pendek.

Hippocampus

Tugas otak untuk memperkuat fungsi ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang dilakukan oleh hippocampus ini yang terletak di lobus temporal otak. The Canadian Institutes of Health Research mencatat bahwa untuk memori yang akan ditingkatkan daya ingatnya ternyata harus melewati jalur hippocampal terlebih dahulu dalam beberapa kali. Jalur hippocampus ini akan menuju ke bagian tubuh mammillary yang paling kecil dengan inti thalamic anterior yang akan menuju ke korteks cingulate, korteks entorhinal dan kembali ke hippocampus.

Korteks serebral

Setelah daya ingat diperkuat, selanjutnya akan disimpan dibagian korteks serebral. Nemours Foundation menyatakan bahwa korteks serebral tersebut merupakan lapisan terluar dari otak yang terbuat dari materi abu-abu. Peneliti dari Georgia Institute of Technology menambahkan bahwa memori yang bertugas untuk mengingat kenangan jangka panjang biasanya akan berkurang dalam hal kerusakan atau kehilangan informasi, dari pada ingatan dalam jangka pendek.

Dari semua bagian tersebut, tentunya semuanya sangat bermanfaat dan banyak sekali fungsinya dalam menerima berbagai macam reaksi dari tubuh yang akan diterima oleh otak dengan mengeluarkan berbagai respon yang berbeda-beda. Kita harus bisa menjaga serta merawat kesehatan otak kita, agar otak kita pun dapat melakukan fungsinya dengan baik dan maksimal. Dan perlu kalian ketahui ternyata ada juga loh kebiasaan sehari-hari yang dapat meningkatkan kesehatan otak kita, jadi dengan beberapa kebiasaan tersebut akan membuat otak kita menjadi terlatih dalam hal mengingat ataupun berpikir.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *