Berikut Ini Beberapa Cara Alami Untuk Mendapatkan Gigi Dan Gusi Kuat

Gigi dan gusi yang sehat tidak hanya akan memberikan senyum yang indah, tetapi juga akan menunjukkan kesehatan dan kebersihan mulut yang baik. Menjaga kebersihan mulut tentunya akan membantu mencegah gigi berlubang, bernoda, menguning, serta bau mulut. Secara keseluruhan juga hal ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Studi menunjukkan, selain masalah penyakit dimulut, bakteri mulut dan peradangan yang terjadi didalam mulut juga dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung, stroke, sindrom iritasi usus, penyakit ginjal, diabetes dan kanker mulut. Selain itu, penyakit gusi, sakit gigi atau masalah mulut lainnya dapat mempengaruhi orang secara psikologis. Merawat gigi dengan cara mudah dapat membuat kita lebih dapat menghemat uang terhadap biaya perawatan gigi yang mahal. Untungnya, ada cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk menjaga gigi dan gusi kita agar tetap kuat. Untuk mendapatkan kesehatan mulut yang baik, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menjaga kebersihan mulut terlebih dahulu dengan tepat.

Berikut ini ada beberapa bahan sederhana untuk merawat gigi dan gusi kita

Minyak penarik

Minyak penarik juga dikenal sebagai minyak mendesir merupakan bahan yang digunakan dalam praktek kuno dalam Ayurveda yang membantu memperkuat gigi, gusi dan rahang serta mencegah kerusakan gigi. Minyak ini akan membantu menarik bakteri keluar dari mulut, menjaga gusi kita agar tetap sehat dan membuat gigi menjadi cerah.

Kunyit

Kunyit mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan gusi dan gigi agar terbebas dari berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Sebuah studi yang telah dilakukan pada tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of India Society of Periodontology, ditemukan bahwasanya kunyit bisa digunakan sebagai obat kumur yang tentunya sangat efektif dalam menangani masalah plak dan mencegah peradangan pada gusi.

Kemangi

Daun kemangi merupakan jenis tumbuhan yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mulut kita. Kemangi ini berfungsi sebagai penyegar mulut yang sangat baik dan desinfektan mulut. Hal ini dapat membantu menghancurkan kuman dan bakteri di dalam mulut yang menjadi penyebab dari gigi berlubang, plak, bau mulut dan banyak lagi permasalahan mulut lainnya.

Gooseberry India

Gooseberry India juga dikenal sebagai amla atau malaka yang juga sangat berperan penting terhadap kesehatan mulut kita. Vitamin C dan nutrisi lain yang terkandung dalam buah amla ini ternyata dapat membantu memperkuat gusi, mendukung kesehatan jaringan ikat, melawan bakteri di mulut, mencegah terjadinya bau mulut, kerusakan gigi serta mencegah gigi berlubang.

Lilac India

Lilac India juga dikenal sebagai mimba yang ternyata memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menjaga kesehatan mulut dengan mudah yang akan menghancurkan bakteri yang menjadi penyebab gigi berlubang, plak, gingivitis dan penyakit gusi. Dalam sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Journal of India Society of Periodontology, peneliti menemukan tumbuhan mimba ini sangat efektif untuk mengobati kondisi gingivitis.

Akar manis

Menurut sebuah studi pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam American Chemical Society Journal of Natural Products, akar licorice atau akar manis ini ternyata dapat membantu menjaga gigi dan gusi agar tetap sehat. Para ilmuwan melaporkan bahwa ada dua kandungan senyawa yang terdapat dalam akar manis ini yaitu licoricidin dan licorisoflavan yang dapat membantu membunuh bakteri utama yang menajdi penyebab kerusakan gigi dan penyakit gusi serta yang menjadi penyebab utama kehilangan gigi pada anak-anak dan orang dewasa.

Garam

Garam juga dapat membantu memperkuat bagian gusi dan gigi kita, karena kandungan antiseptik dan antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut.

Daun pepermin

Sifat antibakteri dan antiseptik dalam daun peppermin juga dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan menjaga gusi serta gigi kita agar tetap sehat selama bertahun-tahun. Sebuah studi pada tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of International Society of Preventive and Community Dentistry menemukan, bahwa menggunakan daun pepermin sebagai obat kumur dapat menghasilkan efek yang secara signifikan dapat menghilangkan halitosis (bau mulut).

Teh hijau

Sebuah studi pada tahun 2012 yang diterbitkan dalam Archives of Biology Oral ditemukan, bahwa teh hijau merupakan produk alami yang menjanjikan terhadap kesehatan mulut. Fluorida alami, polifenol dan senyawa katekin dalam teh hijau dapat menghancurkan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi, gigi berlubang dan penyakit gusi.

Daun jambu

Menurut salah satu penelitian terhadap pembahasan mengenai manfaat daun jambu biji yang sangat efektif terhadap pengobatan penyakit periodontal, karena daun jambu ini mengandung sifat antimikroba, anti-inflamasi dan antioksidan, daun jambu biji ini juga membantu menjaga gigi dan gusi agar tetap kuat.

Memang banyak sekali cara perawatan terhadap gigi kita termasuk dengan menggunakan arang yang dapat memutihkan gigi secara alami, akan tetapi lebih baik kita terlebih dahulu menghindari beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya kerusakan pada gigi.

 

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *