Berikut Ini Beberapa Fakta Sekilas Tentang Hidung

Hidung merupakan jalur utama untuk bernafas

Hidung dan mulut dapat berfungsi sebagai jalur masuk dan keluar udara melalui paru-paru. Bernafas dengan normal melalui hidung adalah jalur utama. Bahkan dengan latihan bernafas di mana pernapasan mulut menjadi dominan, tetapi udara tetap saja melewati hidung. Terlepas dari kenyataan bahwa mulut merupakan tabung yang lebih besar, orang merasa sangat tidak nyaman jika hidung mereka terasa tersumbat atau tertutup.

Peranan hidung untuk pernapasan ini sangatlah penting pada bayi yang baru lahir, yang kebanyakan harus bernapas melalui hidung mereka hampir sepanjang waktu. Ini adalah keadaan unik yang berkaitan dengan tenggorokan mereka yang memungkinkan mereka untuk bernapas dan menyusu pada waktu yang sama tanpa tersedak. Hal ini tidak dapat terjadi pada anak-anak maupun orang yang lebih tua atau orang dewasa yang harus berhenti bernapas ketika saaat menelan.

Hidung dapat melembabkan udara yang anda hirup

Hidung memproses udara yang kita hirup untuk mempersiapkan udara untuk masuk ke tenggorokan dan paru-paru, yang tidak bisa mentolerir udara kering dengan baik. Ketika udara terhirup melewati hidung, ini akan membaut udara akan menjadi lembab, berkat beberapa struktur lapisan  yang rumit yang disebut turbinates di bagian dalam hidung. Sekarang kita tahu mengapa tenggorokan kita terasa kering ketika kita sudah bernapas terlalu lama melalui mulut, karena udara yang dihirup tidak dapat di lembabkan melalui mulut.

Hidup dapat membersihkan udara yang kita hirup

Udara yang kita hirup terdapat berbagai macam di dalamnya dari oksigen dan nitrogen yang berisi debu, polusi, alergen, asap, bakteri, virus, hama kecil dan tak terhitung hal-hal lainnya lagi. Hidung membantu membersihkan udara, karena pada permukaan jaringan hidung, terutama turbinat terdapat sejumlah sel dengan pelengkap seperti rambut kecil yang disebut silia yang dapat menangkap banyak hal-hal buruk. Setelah ditangkap, hal-hal buruk tersebut di simpan di mukosa dan secara bertahap didorong ke dalam tenggorokan. Perut kita memiliki fungsi yang dapat mentolerir hal-hal buruk yang jauh lebih baik dari pada paru-paru kita.

Hidung mengatur suhu udara saat bernafas

Sama seperti tenggorokan dan paru-paru kita tidak bisa menerima udara kotor, mereka tidak menerima udara yang terlalu dingin atau terlalu panas. Udara yang melalui hidung memungkinkan udara untuk mengubah keadaan suhunya agar sama seperti suhu tubuh kita, yang akan jauh lebih baik ditoleransi oleh jaringan dalam tubuh kita.

Pemanasan untuk suhu pada udara dingin lebih umum dari pada pendingin udara yang hangat, karena sebagai manusia tentunya akan menghabiskan lebih banyak waktu mereka di sekitar lingkungan di bawah suhu tubuh 98,6 derajat daripada di atas suhu tersebut. Salah satu efek manifestasi yang jelas dari pemanasan dan pelembab adalah pilek yang kita dapatkan dalam cuaca dingin, yang terkait dengan kondensasi uap air di hidung saat terkena udara dingin.

Hidung dapat melindungi tubuh kita

Hidung memiliki sejumlah besar sel-sel saraf yang dapat mendeteksi bau. Bau, udara yang kita hirup yang harus dihirup melalui hidung sehingga bisa datang dan melakukan kontak dengan sel-sel saraf tersebut. Ketika kita menderita dingin atau alergi, sulit bagi udara untuk sampai ke bagian reseptor ini, sehingga orang akan mengalami penurunan kemampuan dalam mencium. Kita memiliki empat rasa utama yaitu pahit, asam, manis dan asin. Semua perbaikan dalam rasa sebenarnya terkait dengan bau, sehingga orang merasa bahwa makanan hambar ketika kemampuan mencium mereka menjadi menurun.

Hidung membantu pembentukan suara kita

Apa yang kita dengar ketika orang berbicara dan bernyanyi adalah sebagian besar terkait dengan struktur beresonansi dari tenggorokan dan hidung. Suara yang dihasilkan dalam laring itu  benar-benar suara berdengung.

Kenyaringan suara ditentukan oleh bagaimana suara itu diproses di atas laring, yang terjadi pada hidung dan tenggorokan. Ini prinsip yang sama yang memisahkan sebuah grand piano dari piano mainan anak. Suara hidung kita masih bisa terdengar oleh seseorang dalam keadaan dingin dan alergi yang disebabkan hilangnya resonansi hidung  karenanya itu udara tidak dapat melewati hidung.

Hidung membantu mendapatkan pasangan

Sungguh menakjubkan betapa banyak fungsi tubuh kita yang bisa mengarahkan aktivitas seksual dan reproduksi. Hidung memainkan peran penting dalam persepsi kita tentang seks melalui sistem penciuman. Indera penciuman adalah komponen penting dari cara bagaimana kita mengidentifikasi orang-orang ketika kita dekat dengan mereka.

Bau khas parfum seseorang atau cologne dari aroma sampo atau sabun mereka mungkin menjadi petunjuk untuk mendapatkan gairah seksual yang sempurna. Bau keringat manusia memiliki efek langsung pada reseptor seksual di otak. Anosmia berkorelasi dengan dorongan seksual. Nah seperti itulah banyaknya manfaat dan pengaruh hidung untuk tubuh kita apalagi untuk keseharian dalam beraktivitas kita yang turut berperan penting dalam kehidupan.

 

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *