Berikut Ini Beberapa Kerusakan Sistem Pernafasan Yang Diakibatkan Oleh Polusi

Sistem pernafasan sangatlah penting untuk kehidupan manusia karena proses menghirup dan mnegeluarkan udara untuk kesehatan kita. Tetapi jika udara yang kita hirup kotor dan tidak sehat akan memperburuk keadaan paru-paru serta berdampak langsung terhadap kesehatan kita. Gunakan CLEAR LUNG TEA, yang merupakan solusi penyembuhan sistem pernafasan dengan cepat tanpa menimbulkan efek samping terhadap organ lainnya, karena terbuat dari 100% herbal alami.

Asap rokok

Menjadi perokok fasip merupakan keadaan yang paling sulit untuk dihindari. Asap tembakau mengandung lebih dari 40 bahan kimia berbeda termasuk sejenis zat kimia tar yang berbahaya dan menjadi penyebab utama kanker.

Tar dari satu batang rokok dapat melumpuhkan silia dari saluran atas dan bawah bagian tempat pernapasan dan tar juga dapat melumpuhkan makrofag di alveoli paru-paru, karena zat-zat ini akan menetap di lapisan lendir paru-paru. Sekitar 90 persen dari kasus penderita kanker paru-paru di kalangan pria dan lebih dari 70 persen di kalangan wanita telah dikaitkan dengan kebiasaan buruk dari merokok.

Polusi udara dalam ruangan

Ini adalah salah satu ancaman paling berbahaya yang sering diabaikan. Kantor dan pasar merupakan sebagian besar tempat yang mengandung polusi udara dalam ruangan. Banyak pembersih peralatan rumah tangga yang mengandung senyawa dan zat berbahaya tertentu untuk membersihkan barang-barang rumah, karpet, dan bahkan penyegar udara saja dapat memancarkan gas berbahaya.

Kelompok yang paling rentan terkena bahaya senyawa zat berbahaya ini adalah anak-anak dan mereka yang memiliki riwayat penyakit pernapasan. Orang-orang ini umumnya menghabiskan sebagian besar waktu mereka dalam ruangan. Polutan udara dalam ruangan tidak hanya dapat melemahkan paru-paru kita saja, tetapi juga mengundang berbagai infeksi.

Risiko pekerjaan

Banyak pekerja profesional yang setiap hari terkena kotoran yang dikeluarkan oleh pekerjaan mereka. Para pekerja ini menerima risiko tinggi akan menderita penyakit pernapasan. Sebutkan saja orang-orang yang dapat berisiko ini seperti pekerjaan memetik kapas, mereka yang bekerja dalam pekerjaan di peternakan atau galangan kapal, dan para pekerja mekanik yang selalu melakukan pasang memasang berbagai lapisan dan rem insulasi. Orang lain yang menderita risiko yang lebih berat lainnya yaitu penambang, pekerja konstruksi, pemotong batu, penyemprot pasir dan masih banyak lagi.

Setiap bagian dari saluran pernapasan ini dapat dipengaruhi oleh gangguan dan penyakit tertentu yang menyerang pada sistem pernapasan. Meskipun penyakit umum dari sistem pernafasan ini terbilang sepele, namun kadang-kadang hal ini justru akan mengancam kehidupan kita. Berikut ini beberapa contoh penyakit yang dapat menyerang sistem pernapasan :

Pilek & hidung tersumbat

Virus menyebabkan pilek dengan menargetkan bagian faring dan hidung. Pertama, virus memasuki tubuh melalui sistem pernapasan. Kemudian, mereka menargetkan sel-sel dalam membran bagian hidung. Sistem kekebalan tubuh meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut. Penguatan seperti sel darah putih menyebabkan pembengkakan pada membran. Hal ini menyebabkan hidung tersumbat.

Demam & asma

Ini adalah reaksi alergi dari sistem pernapasan. Kondisi ini disebabkan ketika sistem kekebalan tubuh teriritasi oleh debu atau serbuk sari. Gejala demam seperti bersin, mata berair, dan hidung meler. Seseorang yang menderita asma akan mengalami kesulitan bernafas. Hal ini terjadi karena adanya peradangan pada bronkus dan bronkiolus.

Radang tenggorokan

Laringitis adalah peradangan pada laring. Laringitis disebabkan oleh berbagai faktor yang beragam seperti mengeluarkan suara yang berlebihan, asap rokok atau infeksi virus. Laringitis meninggalkan efek yang berbeda pada suara, yang sering terjadi yaitu suara menjadi serak.

Bronkitis

Bronkitis mengacu pada kondisi peradangan pada memberan. Hal ini terjadi karena adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus, ataupun penggunaan barang tertentu yang mengandung kimia.

Pneumonia

Infeksi ini terjadi pada alveoli yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Pneumonia adalah penyakit yang berasal dari paru-paru. Dalam gejala pneumonia alveoli ini akan terjadinya peradangan setelah banyak cairan yang menumpuk. Dan peradangan ini akan menghambat aliran karbon dioksida dan oksigen antara alveoli dan kapiler.

Tuberkulosis

Penyakit ini juga dikenal sebagai TBC, penyakit ini disebabkan oleh bakteri tuberculosis. Pada kali, jaringan tubuh lainnya juga mendapatkan pengaruh dari penyakit ini, karena mneyerang paru-paru secara langsung yang menyebabkan infeksi paru-paru bahkan dapat merusak jaringan paru-paru. Sebelumnya, tuberkulosis dapat diobati oleh antibiotik.

Empisema

Penyakit tidak menular teteapi dapat mempengaruhi jaringan alveolar dan merusak sebagian ajringan tersebut. Dalam jangka panjang, emfisema akan mempengaruhi kemampuan pasien untuk bertukar oksigen dan karbon dioksida. Sistem peredaran darah juga akan gagal berfungsi yang menyebabkan masalah pernapasan.

Kanker paru-paru

Kanker ini di sebabkan oleh uranium, asbes, dan asap tembakau. Tumor kanker pernapasan terbentuk di jaringan paru-paru (alveolar), bronkiolus atau bronkus. Sayangnya, 85 persen dari kanker paru-paru didiagnosis pada tahap berikutnya ketika tumor telah menyebar. Dalam kasus ekstrim seperti prognosis yang buruk. Lihat juga beberapa cara yang harus dilakukan untuk meningkatkan sistem pernafasan!

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *