Berikut Ini Beberapa Makanan Yang Dapat Membuat Gigi Anda Menjadi Rusak

Meskipun permen keras begitu tampak tidak berbahaya, tetapi secara tidak langsung dengan secara terus-menerus mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dapat merusak gigi kita. Permen keras juga membuat gigi kita menjadi lebih risiko karena selain gigi menjadi penuh dengan gula, hal ini juga dapat memicu gigi menjadi mudah patah atau retak. Kita bisa beralih ke alternatif lain yaitu dengan menguyah permen karet yang lebih banyak mengandung seal. Nah berikut ini ada beberapa makanan yang dapat dengan mudah merusak gigi kita :

Air dingin/Es beku

Kita akan terkejut melihat banyak orang yang mengetahui bahwasanya es itu baik untuk gigi kita, dan sebenarnya itu adalah hal yang tidak benar. Kebiasaan mengunyah benda keras seperti es beku dapat membuat gigi kita menjadi rentan terhadap kerusakan yang akan mengikis bagian enamel pada gigi kita.

Jeruk

Kebiasaan mengkonsumsi asam dapat dengan mudah mengikis enamel pada permukaan gigi kita yang dari waktu ke waktu akan membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan. Buah sitrat dan jus juga bisa mengiritasi luka yang terdapat dibagian dalam mulut.

Kopi

Dalam kandungan alami mereka, kopi dan teh dapat menjadi pilihan minuman yang menyehatkan. Kopi dan teh mengandung sejumlah kafein yang dapat mengeringkan mulut kita. Terlalu sering meminum kopi dan teh juga dapat menodai gigi kita.

Minuman bersoda

Ketika kita mengkonsumsi makanan manis atau minum minuman manis dalam jangka waktu yang lama, mulut kita akan menjadi sarang banyak bakteri dan menumpuk plak dan rasa manis dari gula tersebut pun akan menghasilkan asam yang selanjutnya akan menyerang enamel gigi kita dan juga secara perlahan akan mengikis permukaan keras pada bagian luar gigi kita. Kebanyakan produk minuman ringan berkarbonasi tinggi, termasuk diet soda yang bersifat asam dan oleh karena itu, ini akan sangat buruk bagi gigi kita. Minuman lain yang mengandung kafein seperti cola juga dapat mengeringkan mulut kita.

Batasi mengkonsumsi minuman beralkohol

Alkohol menyebabkan dehidrasi dan membuat mulut menjadi kering. Orang yang meminum minuman beralkohol secara berlebihan dari waktu ke waktu akan membuat air liur di mulut menjadi berkurang, yang juga dapat menyebabkan kerusakan gigi dan infeksi mulut lainnya seperti penyakit gusi.

Buah kering

Ada benarnya juga di saat banyak orang menganggap buah-buahan kering merupakan camilan yang sehat dan dapat dikonsumsi dengan mudah, tetapi banyak buah-buahan kering seperti aprikot, plum, buah ara dan kismis ini dapat terjebak dan melekat pada celah-celah gigi kita, karena jenis makanan tersebut sangat lengket ketika dikunyah didalam mulut dan akan meninggalkan banyak kandungan manis gulanya.

Roti

Ketika kita mengunyah roti, air liur kita ini dapat memecah pati menjadi gula, sehingga sisa roti yang dikunyah pun menempel di celah-celah gigi dan menjadi penyebab gigi berlubang. Roti sendiri mengandung beberapa jenis karbohidrat dan salah satunya yaitu kandungan terbanyak dari gandum.

Saus pasta

Enamel gigi itu sangat rentan terhadap warna gelap, seperti merah yang terdapat di dalam saus pasta yang dapat membuat lubang pori pada permukaan enamel gigi dan dapat dengan mudah gigi untuk menyerap pewarna ini, yang akan membuat perubahan warna pada gigi. Ditambah lagi kandungan asam dari tomat akan membuat lubang pori-pori pada gigi.

Cuka

Cuka dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan, termasuk salad dressing, acar, dan produk saus lainnya. Tapi bahan beraroma ini juga dapat memicu kerusakan gigi. Dalam satu penelitian terbaru, remaja yang mengkonsumsi makanan yang mengandung cuka memiliki peningkatan risiko lebih tinggi 30 sampai 85% terhadap pengikisan enamel pada gigi.

Teh hitam

Ini merupakan pilihan yang terbaik daripada mengkonsumsi minuman lain seperti kopi, karena kopi lebih terkenal terhadap pembentukan noda pada gigi. Tetapi senyawa tanin yang terdapat dalam teh juga dapat menyebabkan noda dan satu studi terbaru telah menemukan bahwa teh yang mempunyai warna lebih gelap secara signifikan akan lebih mungkin menyebabkan kerusakan.

Kari

Makanan yang mengandung tinggi pigmen, seperti blueberry, bit, atau kecap, ternyata dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. Tapi bubuk kari merupakan jenis makanan utama yang dapat menyebabkan perubahan pada warna gigi, karena pigmen dalam bubuk kari dapat menodai gigi kuning dari waktu ke waktu. Lebih baik kita mencegahnya dengan selalu meminum air putih setelah mengkonsumsi makanan berpigmen tersebut.

Lebih baik kita menghindari sejenis makanan yang dapat merusak gigi, dengan selalu menjaga asupan makanan dengan baik. Untuk itu kita harus dapat mengetahui beberapa makanan yang dapat membuat perubahan pada gigi kita, agar dengan mudah kita menghindari makanan yang menjadi penyebabnya tersebut. Tentunya kita pun akan merasa tidak percaya diri di saat tersenyum di depan banyak orang ketika gigi kita berwarna kusam dan tidak cerah.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *