Berikut Ini Beberapa Manfaat Dari Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Mentimun adalah buah yang luar biasa yang hanya sedikit dari kita yang tahu akan sejuta manfaatnya. Manfaat yang terkandung dalam buah ini sangatlah berkhasiat untuk memenuhi asupan nutrisi yang di butuhkan tubuh kita.

Meskipun penggemar makanan manis mungkin tidak begitu menyukai buah ini karena kandungan gulanya yang rendah, tetapi jumlah kandungan rendah gula di dalamnya merupakan salah satu efek yang menguntungkan untuk tubuh. Nama khusus dalam ilmu tumbuh-tumbuhan yaitu Cucumis sativus dan diklasifikasikan dalam keluarga yang sama dalam botani seperti Semangka. Mentimun, buah-buahan dan sayuran-sayuran lainnya seperti semangka dapat tumbuh dalam jumlah besar di negara bagian Plateau, Nigeria dan dijual di pasaran dan membuat negara ini sebagai pemasok produsen mentimun dan semangka terbesar di Dunia.

Berikut ini beberapa manfaat yang terkandung dalam mentimun :

Mengurangi risiko terhadap penyakit kanker

Kanker payudara merupakan jenis penyakit kanker yang di bilang paling ganas di dunia, memakan buah ini bisa membantu mengurangi timbulnya penyakit kanker payudara, termasuk jenis kanker lainnya seperti kanker ovarium, kanker rahim, dan kanker prostat pada laki-laki. Ini adalah salah satu buah yang bermanfaat bagi pria dan wanita dalam mencegah tumbuhnya penyakit tumor.

Kandungan anti kanker ini juga dapat di hasilkan oleh anggota lain dari Cucurbitaceae keluarga seperti semangka dan labu. Mentimun dan beberapa jenis kelompoknya dapat menghambat jalur pertumbuhan kanker oleh nutrisi yang disebut cucurbitacin yang diklasifikasikan ke dalam Vitamin A, B, C, D, E yang semuanya ditemukan dalam buah ini. Tiga nutrisi lain yang ditemukan di dalamnya seperti Larici-resinol, pino-resinol, dan seco-iso-lariciresinol, dan tiga nutrisi lainnya ini disebut lignan, diketahui dapat mengurangi risiko pertumbuhan kanker payudara, prostat, rahim dan kanker ovarium.

Re-hidrasi

95% dari buah ini terdiri dari air. Kadar air ini membantu untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan tidak terkonsentrasi, maka kadar air isotonik (konsentrasi yang sama seperti darah) dapat masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu dianjurkan untuk orang-orang yang mengalami dehidrasi terutama pada orang tua dengan kulit yang kering.

Mentimun berisi vitamin B kompleks

Vitamin B ini sangat berkhasiat dan biasa dikenal untuk mengatasi keadaan yang stres dan kecemasan. Buah ini mengandung Vitamin B1 (Tiamin), vitamin B7 (Biotin/Vitamin H untuk memperbaiki fungsi pada rambut) dan Vitamin B5 (asam panthothenic/vitamin anti-stres). Vitamin ini juga membantu dalam pemeliharaan sistem pencernaan yang sehat, kuku, rambut dan juga metabolisme tubuh kita. Bukankah menakjubkan bahwa semua vitamin ini dan ditemukan dalam satu buah ? Bahwa buah hijau, kecil, lonjong ini harus masuk jajaran menu diet kita.

Menghambat proses inflamasi

Buah ini dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan di dalam tubuh dengan mencegah aktivitas enzim siklooksigenase yang bertanggung jawab terhadap rasa nyeri dan pembengkakan di dalam tubuh. Irisan mentimun juga dapat digunakan untuk mengurangi bengkak pagi mata dan untuk membantu mengobati serta mencegah dehidrasi yang disebabkan oleh luka bakar pada kulit dan juga dermatitis. Karena efeknya yang bagus, wanita juga banyak menggunakan irisan mentimun ini untuk di gosokan pada kulit bagian muka untuk menghilangkan noda-noda hitam bekas jerawat dan agar kulit wajah cerah dan sehat.

Memiliki Antioksidan

104 gram mentimun mengandung 4% vitamin C, beta karoten dan 4% dari mangan yang biasa kita sebut sebagai antioksidan. Antioksidan ini membantu untuk menetralisir radikal bebas dari tubuh. Radikal bebas biasanya menyebabkan mutasi pada sel-sel yang mengarah ke kanker dan mereka juga diketahui menyebabkan penyakit jantung, manfaat antioksidan dalam buah ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan juga kanker seperti disebutkan di atas.

Mengurangi serta mencegah penyakit obesitas

Mentimun ini rendah akan kandungan kalorinya dan dapat mencegah obesitas karena kadar seratnya dapat membantu kita merasakan rasa kenyang dengan cepat dan rendah kalori. Tidak hanya itu mentimun ini juga memiliki kandungan rendah gula dan karenanya baik untuk penderita diabetes.

Mengandung nutrisi lain

Terlepas dari berbagai macam kandungan baik yang terdapat dalam mentimun tersebut, ternyata si buah hijau ini mengandung banyak nutrisi lain dan sangat penting untuk asupan vitamin dalam tubuh kita serta meningkatkan secara baik untuk fungsi kerja pada organ tubuh. Berikut nutrisi lain yang terkandung dalam buah mentimun :

  • Molibdenum
  • Tembaga
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Besi
  • Folat
  • Kalsium
  • Vitamin B6 (piridoksin)

Semua nutrisi ini sudah disediakan dalam jumlah yang sangat luar biasa yang terkandung dalam mentimun. Janganlah kita hanya bisa menerapkan aspek yang baiknya saja, karena segala sesuatu tentunya memiliki sisi buruk tersendiri terutama ketika kita mengkonsumsi sesuatu dalam jumlah yang banyak. Yang jelasnya, segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik untuk kesehatan.

 

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *