Berikut Ini Beberapa Manfaat Rambut Yang Anda Di Tubuh Kita

Rambut adalah organ di tubuh yang menyerupai benang yang tumbuh di kulit hewan dan manusia, terutama pada kelompok makhluk jenis mamalia. Rambut muncul dari epidermis (kulit luar), meskipun berasal dari salah satu folikel rambut yang terletak jauh di bawah bagian dermis.

Fungsi rambut adalah untuk melindungi kulit kepala kita dari matahari dandari udara dingin. Sementara rambut yang ada di kepala kita, jumlahnya tidak kurang dari 100.000 helai rambut dan setiap helai dapat tumbuh dalam kurun waktu 2 sampai 6 tahun. Tetapi rambut akan mengalami kerontokan setiap hari, namun tenang saja dalam waktu yang bersamaan rambut baru akan tumbuh dalam jumlah 50 sampai 100 helai. Rambut yang kita kenal tidak hanya tumbuh di bagian kepala, ketiak dan betis saja, tetapi bulu banyak tumbuh di banyak bagian tubuh lainnya, seperti di daerah dada, daerah kemaluan kita dll.

Kita mungkin hanya melihat dan menganggap rambut sebagai mahkota tersendiri terutama untuk perempuan, untuk menunjang penampilan agar supaya lebih terlihat tampil pede. Selain itu, kita tidak mengetahui bahwa banyak sekali manfaat yang tersembunyi dari tumbuhnya rambut-rambut tersebut.

Nah berikut ini merupakan manfaat dari rambut yang tumbuh di tubuh kita :

Di bagian mata

Fungsi alis selain untuk keindahan tersendiri, yaitu untuk menahan keringat dan hujan di daerah dahi yang kemudian akan mengalir ke mata. Alis juga dapat memperdalam dan memperlihatkan karakter kepribadian kita.

Di bagian hidung

Dengan adanya kumpulan rambut di bagian dalam hidung, bakteri, jamur, debu atau spora yang masuk ke hidung saat kita menghirup udara akan diblokir dan disaring. Tidak hanya itu, rambut di hidung juga dapat berfungsi untuk meningkatkan melembabkan setiap udara yang kita hirup. Hal ini sangat penting untuk proses respirasi.

Kumis dan jenggot

Fungsi rambut pada kumis dan jenggot merupakan keterkaitan tanda seks sekunder untuk orang yang sudah masuk usia dewasa atau dengan kata lain sebagai salah satu membedakan antara laki-laki dan perempuan.

Di ketiak

Seperti halnya rambut pada bagian lainnya, rambut ketiak biasanya mulai tumbuh di saat pubertas dan pertumbuhan biasanya sampai dengan akhir remaja berusia 18-20 tahun. Permeasi feromon dari ketiak ke tingkat perkembangan manusia dapat menunjukkan hubungan antara bulu ketiak dengan seks.

Respon positif terhadap penciuman stimulus pada mamalia dan dorongan seks yang kuat yang disebabkan oleh feromon dapat memberikan petunjuk yang berguna tentang tujuan dan pentingnya tumbuhnya rambut ketiak manusia. Lebih pentingnya lagi, rambut ketiak asli dapat menghilangkan kelembaban pada kulit yang membantu kulit agar tetap kering dalam mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat mengeluarkan aroma bau.

Di Dada dan Perut

Seperti kumis dan rambut di jenggot fungsi di dada dan perut (biasanya tumbuh di daerah bagian tubuh di pria) yang merupakan tanda seks sekunder bahwa seseorang itu merupakan sudah dewasa dalam tumbuh kembangnya

Di kemaluan

Rambut kemaluan adalah rambut yang terletak di bagian depan dan di sekitar alat kelamin kita. Meskipun rambut-rambut halus telah tumbuh sejak kecil, rambut kemaluan biasanya baru benar-benar tumbuh pada saat seseorang sudah dewasa, karena pengaruh dari efek hormon androgen yang sudah meningkat di kulit sekitar alat kelamin.

Berbagai teori menyatakan bahwa fungsi dari rambut kemaluan adalah :

  • memberikan kehangatan
  • indikasi visual sebagai tanda dari kematangan seksual
  • pengeluaran feromon
  • mengurangi gesekan eksternal selama hubungan seksual
  • rambut kemaluan ditumbuhi sebagai pelindung daerah yang sensitif

Di tangan dan kaki

Fungsi rambut kaki dan tangan adalah sebagai cara yang paling efektif dari sensor untuk kaki, misalkan kaki kita berjalan di semak-semak, lalu terdapat tanaman gatal yang melakukan gesekan (menyentuh) dengan kaki kita atau adanya ulat yang membuat kaki kita menjadi gatal, proses inilah yang membuat bulu kaki dan tangan secara cepat dapat merespon saat ada sesuatu yang mencoba melakukan kontak langsung dengan kulit kita.

Selain itu, rambut juga merupakan salah satu organ yang tidak mempunyai perasa, sehingga ketika kita memangkas rambut, kita tidak akan merasakan rasa sakit. Rambut juga terbuat dari multiseluler, struktur filamen, yang terdiri dari sel-sel keratin mati, yang merupakan produksi dari epidermis kulit mamalia. Rambut menjadi organ yang paling istimewa, bagaimana bisa ?, ya kebanyakan orang mengubah gaya rambut dan merawat rambut dengan sempurna agar bisa tampil lebih percaya diri untuk tampil di depan umum, selain itu sekarang rambut sudah mempunyai penggemarnya tersendiri dengan adanya hairstyle pada zaman modern ini.

Tidak ada yang tuhan ciptakan tanpa manfaat tersendiri, begitupun juga dengan rambut yang banyak tumbuh di tubuh kita, sudah seharusnya kita merawat dan menjaga rambut sebaik mungkin, terutama yang sering terjadi dengan rambut yang ada dikepala kita yang sering terdapat ketombe, dan seharusnya kita mengetahui secara pasti tentang bagaimana cara-cara menghilangkan ketombe secara alami dari kulit kepala kita dengan itu tentunya kesehatan pun akan dengan mudah kita dapatkan.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *