Berikut Ini Beberapa Manfaat Untuk Kesehatan Serta Kecantikan Dari Kacang Mede

Kacang mete merupakan bahan populer di banyak jenis masakan khas di seluruh dunia dan juga merupakan camilan sehat untuk anak-anak dan orang dewasa. Menurut situs The George Mateljan Healthy Way of Eating, pohon jambu mete asli tumbuh di wilayah timur laut Brasil dan yang sebenarnya adalah benih yang diproduksi oleh pohon mete. Menurut informasi yang diberikan oleh University of Georgia, kacang mete tidak tumbuh di bagian Amerika Serikat, tetapi mereka kebanyakan tumbuh di bagian daratan Vietnam, India dan Nigeria.

Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat dalam kacang mete

Lemak sehat

Menurut situs World’s Healthiest Foods, kacang mete mengandung rendah lemak dibandingkan jenis kacang lain seperti kacang tanah dan kenari, serta mengandung rata-rata 16 gram lemak per 1/4 cangkir. Sebagian besar kandungan yang terdapat dalam kacang mete ialah asam lemak tak jenuh, dimana 75 persen adalah asam oleat, jenis yang sama dari lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam minyak zaitun. Menurut American Heart Association ketika kita memakan makanan yang mengandung lemak monunsaturated seperti kacang mete ini, ternyata sangat ampuh dalam membantu menurunkan kadar kolesterol buruk, atau LDL, dan mencegah risiko penyakit stroke atau serangan jantung.

Tembaga

Menurut University of Maryland Medical Center, tembaga merupakan zat yang mengandung senyawa antioksidan, yang berarti dapat menetralisir efek radikal bebas pada tubuh kita. Tembaga juga memainkan peranan penting dalam produksi hemoglobin, sehingga berpotensi dapat membantu untuk melawan kelainan pada darah seperti anemia. Ini juga memiliki peranan penting dalam dalam tubuh untuk memproduksi melanin, yang menentukan pigmen pada kulit dan rambut. Menurut situs World’s Healthiest Foods, 1/4 cangkir kacang mete mengandung 38 persen dari kandungan tembaga.

Magnesium

Kacang mete merupakan sumber nutrisi penting untuk tulang. Menurut National Institutes of Health Office of Dietary Supplements setengah dari tulang tubuh kita merupakan kandungan senyawa magnesium. Magnesium diperlukan untuk kesehatan tulang, fungsi dari otot, saraf dan sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga membantu mengatur tekanan darah. Menurut situs World’s Healthiest Foods, 1/4 cangkir kacang mete mengandung 22,3 persen dari kandungan magnesium.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari bagian pohon jambu mete untuk tubuh :

Pencahar

Air rebusan dari akar jambu mete sangat berkhasiat sebagai pencahar.

Mengobati eksim dan penyakit kulit yang kronis

Daun jambu yang sudah tua dapat digunakan untuk mengobati eksim dan penyakit kulit kronis yang sampai saat ini belum ada obatnya, serta dapat di gunakan untuk pengobatan luka bakar.

Perangsang nafsu

Daun muda jambu mete sering digunakan sebagai sayuran segar dari bahan nabati. Daun muda mete memiliki kemampuan seperti jamu dan juga berfungsi sebagai obat stimulan untuk nafsu makan.

Disentri

Rebus 1 genggam daun jambu mete dan 1 potong kulit mete yang di tambahkan dengan 1,5 liter air mendidih, kemudian disaring. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Radang mulut

Rebus kacang mete 1 genggam daun dan 1 potong kulit mete dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Lalu minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari jambu mete :

Menurunkan risiko serangan jantung

Vitamin C dalam buah mete dapat menyingkirkan aterosklerosis dalam hati. Aterosklerosis adalah keadaan di mana arteri jantung menebal yang dapat meningkatkan serangan jantung karena darah menjadi tidak lancar. Dengan mengkonsumsi buah mete tentunya dapat menyehatkan jantung kita.

Dapat mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi adalah penyakit yang berisiko dan dapat menyebabkan kematian mendadak pada orang yang menderita. Mengkonsumsi buah mete dengan cara teratur dapat menurunkan tekanan darah, serangan jantung serta kerusakan ginjal.

Mengurangi sesak nafas akibat asma

Sebuah penelitian menunjukkan terbaru yang penderita asma umumnya memiliki lebih sedikit vitamin C dalam tubuh mereka. Oleh karena itu, konsumsi buah mete setiap hari dapat mengurangi sesak napas.

Melawan kanker

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat melawan kanker pada langkah parsial. Tidak hanya itu, vitamin C dalam buah mete juga dapat meminimalkan efek kemoterapi seperti mual.

Menyehatkan mata

Vitamin A dalam buah mete dapat membantu penglihatan sempurna pada mata manusia. Vitamin ini dapat membantu mengubah tanda-tanda molekuler cahaya yang diterima oleh retina yang akan menjadi gambar proyeksi di otak kita. konsumsi secara teratur mete akan membantu untuk menyehatkan organ penglihatan.

Mencegah radikal bebas

Buah mete mengandung senyawa beta karoten, suatu bentuk vitamin A yang disebut dengan senyawa antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas. senyawa radikal bebas, banyak yang berasal dari reaksi oksidasi dalam tubuh atau pencemaran lingkungan yang masuk ke dalam tubuh.

Mengatasi anemia

Jambu mete memiliki kandungan zat besi yang sangat berguna untuk menghindari penyakit anemia.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *