Berikut Ini Beberapa Metode Dalam Menangani Masalah Penyakit Kudis

Mandi menggunakan air dingin

Kita mandi menggunakan air panas justru cenderung akan membuat kulit menjadi gatal. Hal ini karena air panas terlalu cepat untuk mengering dan menyebabkan iritasi. Jika kita mandi menggunakan air dingin, kita akan menenangkan kulit serta menjaga keseimbangan minyak alami dalam tubuh kita (seperti sebum).

Mencoba memilih sabun dan detergen yang baik

Sabun juga dapat mengiritasi kulit kita dari minyak alami yang terdapat dalam tubuh. Sebagian besar sabun yang di jual ditoko kebanyakan memiliki bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan sering membuat peradangan serta seperti gejala pada penyakit eksim. Sabun yang memiliki bahan-bahan berbahaya tersebut yaitu termasuk, Dial, Irlandia Spring, Neutrogena, Axe, Old Spice, Bed Bath & Beyond.

Obat antihistamin

Antihistamin akan memblokir respon tubuh kita dari histamin terhadap alergen. Karena gatal pada kudis disebabkan oleh adanya reaksi alergi dalam kita terhadap tungau dan debu mereka dengan menggunakan obat antihistamin akan meringankan gejala gatal untuk sementara. Dan sangat baik ketika digunakan sebelum tidur, jika kita merasa terganggu oleh rasa gatal akibat penyakit ini.

Merendamkan area yang gatal di campuran koloid dan oatmeal

Oatmeal dan koloid ini memiliki sifat yang akan membuat nyaman pada penderita disaat terjadinya rasa gatal. Ketika campuran oatmeal dan koloid tersebut ditambahkan ke air mandi, akan menciptakan awan susu yang tetap di dalam air. Karena itu akan membuat kulit menjadi halus, dapat memberikan gizi dan nutrisi serta menjaga tubuh dari rasa gatal.

Mandi menggunakan air garam epsom

Pilihlah cara mandi terbaik untuk membantu menghilangkan gejala gatal-gatal di kulit dengan mandi menggunakan air garam epsom. Garam epsom biasa juga disebut sebagai magnesium sulfat yang sudah jelas mengandung banyak khasiat untuk mengurangi peradangan pada kulit, membantu menjaga kandungan mineral kita, serta penting untuk mendapatkan cukup akan kandungan magnesium, terutama jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium yang bisa mengurangi jumlah magnesium dalam tubuh.

Minum banyak air

80% tubuh manusia terdiri dari air, oleh karena itu kita harus menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan meminum air putih secukupnya. Hal ini terutama berlaku untuk kesehatan kulit kita, karena penelitian membuktikan, bahwa jika tubuh kita kekurangan cairan akan menyebabkan kulit kita menjadi kering dan lebih mudah gatal.

Diet sehat dan seimbang

Beberapa makanan akan membuat orang lebih rentan terhadap kulit gatal. Isu penyakit kulit seperti psoriasis dan dermatitis sering berhubungan dengan makanan dan apa yang kita makan bisa membuat perbedaan antara kulit yang rusak oleh gatal dengan kulit yang hampir sama sekali tidak bereaksi. Berikut ini adalah daftar makanan yang seharusnya kita hindari atau mengurangi jumlah asupannya selama kutu kudis masing bersarang di kulit kita :

  • anggur merah
  • keju
  • buah-buahan sitrus
  • makanan fermentasi (yoghurt dll)
  • bacon (dan olahan daging lainnya)
  • makanan laut
  • telur
  • pewarna makanan buatan atau pengawet buatan
  • bumbu-bumbu
  • alkohol
  • cuka

Makanan lain yang sering menyebabkan reaksi alergi :

  • kacang-kacangan
  • susu
  • kedelai
  • gandum
  • zat pewarna dan zat aditif

Kulit kepala yang gatal mungkin akan membuat kita untuk berpikir bahwa kita memiliki kutu atau memiliki penyakit kudis. Infeksi ini dipicu oleh tungau yang membuat rasa gatal pada manusia dan menyebabkan ruam kulit atau warna kulit yang menjadi putih keabu-abuan. Beberapa kebiasaan bisa kita ubah termasuk dalam gaya hidup kita, ini di maksudkan untuk mempercepat pemulihan serta mengurangi gejala-gejala yang ada. Kita bisa menggunakan bahan-bahan alami dan sederhana untuk membantu penyembuhan penyakit kudis tersebut, seperti bahan-bahan sederhana berikut ini :

Kenari

Kenari dari jenis apapun seperti kenari hitam juga sangat ampuh untuk menghilangkan kutu tungau dari kulit kita. Beberapa orang menggunakan kenari hitam sebagai obat rumah, mereka percaya kenari ini akan berfungsi sebagai penolak serangga. Tidak ada bukti ilmiah untuk mengkonfirmasi penggunaan kenari hitam ini, tetapi kenari hitam memang mengandung protein, sebuah makronutrien yang akan memberikan kontribusi terhadap fungsi kekebalan tubuh kita. Sementara kandungan protein akan mencegah timbulnya penyakit kudis dan akan sangat mungkin untuk membantu mencegah infeksi dari ruam pada kulit. Satu ons kenari hitam dapat memberikan kita nutrisi sebanyak 6,8 gram protein.

Bawang putih

Bawang putih sangat mungkin dapat membantu menyingkirkan parasit dari tubuh kita, beberapa orang percaya ini sangat efektif terhadap penyakit kudis karena dapat menyingkirkan sejumlah parasit yang bersarang di kulit manusia. Bawang putih mengandung nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kulit kita dan membuat sehat tubuh kita. Kandungan mangan dalam bawang putih dapat memberikan kontribusi untuk kesehatan saraf dan vitamin B6 dalam sayuran ini memberikan kontribusi untuk kulit yang sehat.

Beberapa metode alami untuk menyembuhkan penyakit kudis

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *