Berikut Ini Beberapa Penyebab Kerusakan Gigi

Kerusakan gigi biasanya akan membentuk rongga-rongga kecil pada bagian lapisan gigi, hal ini terjadi ketika bakteri yang hidup di mulut kita memproduksi zat asam yang kemudian tanpa kita sadari asam ini akan mulai menggerogoti gigi kita. Kerusakan gigi yang tidak diobati dapat menyebabkan infeksi, rasa sakit yang hebat dan secara perlahan-lahan dapat merontokan gigi. Proses pembusukan dimulai dengan rusaknya bagian enamel pada gigi dan kemudian terus berkembang serta menyeluruh kebagian lapisan dalam pada gigi yang akhirnya mengarah ke bagian pulpa. Pulpa merupakan letak pembuluh darah dan saraf yang sangat sensitif yang terdapat dibagian dalam gigi.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab kerusakan gigi :

Tidak melakukan Oral Hygiene

Kita harus menyikat gigi minimal dua kali sehari, pagi dan malam, tetapi sangat ideal untuk menyikat gigi setiap habis makan. Mengatur sedikit waktu ketika sedang menyikat gigi untuk memastikan bahwa kita menyikat gigi dalam dua menit penuh ini dimaksudkan untuk kebersihan mulut, karena kebersihan mulut yang tidak tepat pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan gigi.

Gigi berlubang dan kerusakan pada lapisan enamel

Seseorang dengan masalah enamel dan memiliki gigi berlubang akan sangat cenderung memiliki masalah terhadap kerusakan gigi. Hal ini karena gigi yang berlubang memungkinkan bakteri dan plak mempunyai jalan masuk dan tumbuh dengan sempurna di dalam lubang gigi tersebut. Sealant gigi biasanya digunakan untuk mencegah kerusakan gigi pada pasien dengan lubang gigi yang dalam. Sealant gigi hanya aman untuk mencegah gigi agar tidak mudah terinfeksi dan mencegah kerusakan pada gigi.

Nutrisi yang tidak tepat

Menghindari makanan yang tinggi kandungan gula, tinggi karbohidrat dan tinggi asam merupakan cara terbaik untuk menghindari kerusakan gigi karena kandungan gizinya yang tidak tepat. Makan makanan yang sehat, termasuk mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari minuman asam serta manis merupakan cara yang efektif untuk menjaga kesehatan gigi kita.

Makanan tinggi kandungan gula

Bakteri di mulut secara harfiah merupakan hasil dari makanan manis dan kemudian melapisi gigi kita dengan kandungan asamnya yang akan merusak lapisan enamel gigi kita. Itulah sebabnya kenapa kita dianjurkan untuk menyikat gigi setelah makan karena untuk menghilangkan asam yang terkandungan dari makanan yang kita konsumsi. Berhati-hatilah dan selalu waspada terhadap kandungan gula yang tersembunyi seperti yang terdapat dalam permen, jus buah, minuman bersoda dll.

Makanan dan minuman asam

Banyak makanan dan minuman yang orang mengkonsumsi setiap hari ternyata mengandung asam, seperti halnya makanan seperti ikan dan roti yang ternyata juga mengandung asam. Tentu saja, minuman berkarbonasi seperti soda, serta jus buah semuanya merupakan sumber tinggi dari asam yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Berbeda dengan cara bakteri dari makanan manis, karena mereka dapat melapisi gigi dengan asam saja, tetapi makanan dan minuman asam dapat dengan cepat merusak enamel gigi dengan asam mereka.

Mulut kering

Karena faktanya bahwa air liur ini dapat membantu menghambat pertumbuhan plak pada gigi, orang dengan kondisi mulut kering akan lebih mungkin mendeirta masalah gigi yang menyebabkan kerusakan gigi. Mulut kering dapat disebabkan oleh obat, genetik, atau dapat disebabkan oleh kondisi medis seperti diabetes.

Gigi grinding

Gigi grinding biasanya terjadi ketika orang sedang tidur atau ketika mereka sedang stres besar. Gigi grinding menyebabkan kerusakan gigi karena faktanya bahwa hal itu dapat menggunduli lapisan luar email gigi. Gigi grinding dapat dicegah dengan penggunaan penjaga gigitan.

Genetik

Sering kali, banyak orang memiliki masalah dengan kerusakan gigi yang disebabkan oleh genetik. Sama seperti kita mewarisi warna mata dan rambut dari keluarga kita, kita juga dapat mewarisi bentuk gigi dalam dan lapisan enamel yang berbeda yang diwariskan dari anggota keluarga juga, tentunya hal ini juga jadi penyebab gigi berlubang.

Umur

Ada banyak alasan yang menjadi penyebab gigi berlubang dan biasanya di pengaruhi secara umum oleh faktor usia, tetapi dari penggunaan beberapa obat tertentu juga menjadi penyebab umum dari mulut kering, resesi gusi dengan usia, dan kebersihan mulut yang tidak tepat akhirnya penangkapan dengan usia.

Sudah kita ketahui beberapa penyebab umum yang menjadikan gigi kita mudah rusak dan berlubang ternyata sebagian besarnya yaitu dari beberapa makanan yang kita konsumsi sehari-hari yang dapat membuat gigi kita menjadi rusak akibat kandungan gula yang tinggi serta sifat asam yang terkandung dalam makanan tersebutlah yang menjadi penyebab utama penipisan dari lapisan email dan enamel pada gigi kita. Untuk itu kita sudah seharusnya mengkonsumsi makanan yang sehat dan menghindari makanan dan minuman dingin, panas, serta makanan lain yang mempunyai kandungan tinggi kadar gula dan sifat asamnya.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *