Berikut Ini Beberapa Perawatan Rumah Sederhana Untuk Mengatasi Hidung Berair

Pilek adalah sebuah masalah penyakit yang sangat umum di alami oleh banyak orang. Hal ini terjadi ketika ada peningkatan lendir di bagian sinus dan hidung, membuat produksi lendir pun meningkat yang menjadi cara tubuh untuk mengeluarkan reaksi seperti pilek atau flu di karenakan adanya virus atau iritasi di bagian hidung kita.

Beberapa penyebab paling umum dari penyakit pilek adalah flu biasa, reaksi alergi, infeksi sinus dan di karenakan adanya perubahan mendadak dalam cuaca. Jika tidak diobati tepat waktu, dapat menyebabkan batuk, sakit telinga, sakit kepala dan permasalahan lainnya. Ada banyak penggunaan obat-obatan tertentu untuk pilek, tetapi penggunaan obat tersebut sering memiliki efek samping yang sangat tidak nyaman seperti mengantuk. Banyak pengobatan rumah sederhana yang dapat memberikan bantuan secara instan untuk mengurangi intensitas gejala tanpa efek samping. Berikut ini beberapa perawatan sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung meler/berair :

Air garam

Air garam merupakan cara yang terbaik sebagai obat rumahan untuk mengurangi iritasi di saat hidung meler. Air garam akan membantu mengencerkan lendir, sehingga lebih mudah dan lebih nyaman untuk keluar. Ini juga akan membantu membersihkan saluran hidung dari iritasi.

  • campurkan setengah sendok teh garam dalam dua cangkir air hangat.
  • gunakan pipet, untuk meneteskannya ke dalam setiap lubang hidung
  • tarik napas untuk menarik air tersebut masuk. Kemudian tiup hidung untuk membuang kembali air tersebut
  • lakukan ini beberapa kali sampai Anda merasa lega.

Uap

Uap air juga merupakan obat rumah yang sangat efektif untuk mengatasi pilek. Ini akan membantu membersihkan lendir yang berlebihan yang menjadi penyebab hidung meler dan bersin-bersin.

  • letakan wajah di atas mangkuk air panas dengan handuk di atas kepala untuk membuat uap, lalu hirup uap selama sekitar 10 menit
  • kita juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau mentol dalam air panas sebelum menghirup uap

Mustard oil

Minyak mustard memiliki sifat antibiotik, antiviral dan sifat antihistamin yang dapat memberikan bantuan secara instan untuk menangani berbagai gejala hidung yang meler.

  • gunakan pipet untuk memasukan satu atau dua tetes minyak di setiap lubang hidung. Ini akan membantu membersihkan saluran hidung
  • tambahkan dua atau tiga sendok makan minyak mustard dan satu sendok makan biji jintan ke dalam air mendidih. Menghirup aroma dari minyak mustard akan menghangatkan sistem pernapasan, sehingga memberikan bantuan untuk hidung meler

Kunyit

Kunyit bekerja sebagai penangkal untuk berbagai kondisi kesehatan, termasuk hidung yang meler. Ramuan ini memiliki sifat antioksidan yang kuat, anti-inflamasi, antibakteri dan antivirus yang membuatnya sangat efektif untuk mengobati pilek.

  • rendam satu setengah sendok teh kering dan kunyit dalam cangkir minyak biji rami
  • hirup asap melalui satu lubang hidung
  • hal ini akan membantu melonggarkan lendir di dalam tubuh

Jahe

Jahe memiliki berbagai kandungan antioksidan serta antivirus, antitoksik, dan sifat antijamur yang dapat membantu memberikan bantuan cepat dari permasalahan gejala hidung meler.

  • mengunyah jahe mentah dengan garam dapat meredakan hidung meler
  • bisa dengan menambahkan sedikit madu untuk menambahkan cita rasanya

Bawang putih

Bawang putih memiliki antibakteri yang kuat dan sifat antiseptik yang dapat menjadikannya sebagai pengobatan yang baik untuk pilek.

  • merebus tiga atau empat siung bawang putih dalam secangkir air
  • saring, kemudian tambahkan gula dan minum dalam dua kali sehari

Eucalyptus oil

Minyak kayu putih merupakan minyak yang bersifat dekongestan dan dapat memberikan bantuan secara instan untuk mengatasi hidung meler.

  • panaskan air lalu tambahkan tujuh tetes minyak kayu putih dan empat tetes minyak lavender dan minyak peppermint
  • tutup kepala dengan handuk dan menunduk di atas mangkuk untuk menghirup uapnya

Madu

Madu memiliki sifat antibakteri yang kuat dan antivirus yang dapat membantu mengurangi berbagai gejala hidung yang meler.

  • masukan dua sendok madu dalam cangkir
  • tambahkan bubuk kayu manis dan satu-setengah sendok makan jus lemon

Basil

Kemangi memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus serta mengandung sifat penyembuhan yang kuat yang akan menghangatkan bagian dalam tubuh kita dan mengobati pilek.

  • mengunyah tiga atau empat daun kemangi sebelum sarapan setiap pagi dan sebelum tidur di malam hari.
  • tambahkan gula kemudian meminumnya. Lakukan ini dua kali sehari

Cayenne lada

Cabai rawit bertindak sebagai antihistamin untuk membersihkan hidung yang tersumbat serta membantu mengobati penyakit pilek. Cabe rawit dapat meningkatkan kadar cairan di hidung sehingga tubuh kita dapat mengalirkan cairan tanpa adanya penyumbatan dan racun yang menyebabkan pilek.

  • hal ini juga akan membantu meningkatkan sirkulasi aliran darah supaya menjadi lancar. Jadi, ketika kita menderita pilek, cobalah untuk memasukkan lada pada setiap menu makanan yang akan kita makan.

Tentunya kita merasa aneh bukan di saat kita merasa pedas ataupun panas hidung kita akan mengeluarkan cairan, tentunya kita harus mengetahui alasan yang mendasari kenapa hidung kita selalu berair/meler saat merasakan pedas.

Bagikan kepada kawan dan kerabat...
Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0Digg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *